Mata Kuliah Ilmu Komunikasi

Daftar Isi

    LancangKuning - Komunikasi merupakan sesuatu kajian ilmu yang sangat luas serta intens, alasannya dalam kehidupan tiap hari kita tidak sempat lepas dari komunikasi. Tetapi jangan kira jika ilmu komunikasi itu hanya pelajaran ngomong saja, komunikasi itu terdapat banyak berbagai nya, mulai dari komunikasi intrapersonal (dengan diri sendiri), komunikasi interpersonal (dengan orang lain), komunikasi kelompok, komunikasi organisasi, sampai komunikasi massa. Ilmu Komunikasi ini merupakan induk dari ilmu turunannya yang lain semacam Jurnalistik, Penyiaran, Ikatan Warga (Public Relation), Komunikasi Pemasaran, Desain Komunikasi Visual, Periklanan (Advertising), Performing Arts Communication, serta lain- lain. Pada program riset Ilmu Komunikasi kita diajarkan tentang bagaimana proses penyampaian pesan supaya jadi efisien serta bisa menggapai target yang dituju. Lulusan program riset Ilmu Komunikasi hendak memperoleh gelar Sarjana Ilmu Komunikasi ( S. I. Kom)

    Mengapa Kalian Memilah Jurusan Ini?

    Di program riset Ilmu Komunikasi, yang dipelajari bukan cuma metode mengobrol dengan orang lain. Ilmu komunikasi tidak cuma diperuntukkan buat orang yang suka ngomong ataupun ekstrovert saja, sebab Ilmu Komunikasi sangat luas cakupannya. Kalian yang suka menulis, desain grafis, serta fotografi pula sesuai jadi mahasiswa Ilmu Komunikasi. Pelajaran yang di suguhkan di program riset ini pula sangat seru- seru, semacam public speaking, menulis kabar, fotografi, desain serta animasi, membuat iklan, film, serta masih banyak lagi. Dalam jurusan Ilmu Komunikasi, kalian hendak belajar secara lebih dalam menimpa aspek- aspek komunikasi, baik secara teori serta aplikasi. Kita dapat pula bilang jika Ilmu Komunikasi itu merupakan gabungan antara ilmu serta seni dalam mencerna pesan. Dengan belajar Ilmu Komunikasi, kalian hendak belajar menguasai apa saja yang terjalin sepanjang komunikasi itu berlangsung.

    Sangat banyak keuntungan yang diperoleh dari seseorang lulusan Jurusan Ilmu Komunikasi.

    1. Ilmu Komunikasi tidak hendak lekang oleh waktu, sebab dimana pun seorang terletak, tiap di kala komunikasi senantiasa diperlukan.
    2. Lulus dari jurusan Ilmu Komunikasi dipastikan kalian bakal memiliki keahlian menulis, berdialog, serta mencermati yang mumpuni. Paket komplit banget kan?
    3. Prospek kerja di dunia media terbuka lebar buat lulusan Ilmu Komunikasi, mulai dari media tv, radio, koran sampai digital memerlukan Sarjana Komunikasi.
    4. Lulusan Ilmu Komunikasi pula diperlukan oleh industri, spesial nya pada divisi public relations. Sebab PR di industri mempunyai peranan yang lumayan vital selaku ujung tombak industri dalam berbicara dengan pihak lain. Tidak hanya itu, divisi marketing pula memerlukan lulusan Ilmu Komunikasi, lho.
    5. Peluang buat melanjutkan riset ke jenjang pascasarjana yang sangat besar dengan bermacam- macam opsi bidang atensi di bermacam kampus bergengsi kelas dunia.

    Prospek Kerja Jurusan Ilmu Komunikasi

    Komunikasi diperlukan dalam seluruh perihal yang kita jalani. Sebab pada dasarnya ilmu komunikasi itu lahir dari bermacam disiplin ilmu sosial semacam sosiologi, ilmu politik, antropologi, serta ikatan internasional, jangan heran jika prospek lulusan Ilmu Komunikasi pula sangat luas. Lulusan Ilmu Komunikasi tidak cuma dapat berkecimpung di industri media, tetapi di bermacam berbagai organisasi. Selaku humas ataupun PR di industri ataupun di pemerintahan, pengamat komunikasi politik, pengamat media, masih banyak lagi.

    Pengetahuan serta keahlian

    • Kemampuan berdialog di depan umum
    • Kemampuan dasar desain
    • Kemampuan dasar fotografi
    • Kemampuan berpikir secara out of the box
    • Kemampuan menulis kreatif
    • Teamwork

    Dunia Perkuliahan

    Secara universal sepanjang 4 tahun ataupun 8 semester kuliah di jurusan Ilmu Komunikasi kalian hendak menekuni seluruh wujud komunikasi, mulai dari komunikasi personal, komunikasi publik, komunikasi organisasi, serta komunikasi massa. Tidak hanya itu, kita pula hendak belajar strategi komunikasi serta melaksanakan bermacam praktek yang berhubungan dengan media. Sebagian mata kuliah yang hendak kalian temui di jurusan ini antara lain Komunikasi Antar individu, Komunikasi Massa, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Politik, Komunikasi Lintas Budaya, Media serta Kajian Budaya, Metode Lobi serta Perundingan, Periklanan, Reportase Kabar Penyiaran, Jurnalistik Kontemporer, dll.

    Perkuliahan di jurusan Ilmu Komunikasi hendak mengasah keahlian berpikir kita secara out of the box sehingga tidak sering kalian hendak menelurkan gagasan- gagasan brilian serta ide- ide kreatif yang tidak pernah terpikirkan orang lain. Perihal ini setelah itu jadi salah satu nilai lebih untuk mahasiswa Ilmu Komunikasi. Sepanjang kuliah, umumnya kalian hendak banyak ditugaskan dalam bermacam tipe penciptaan, salah satunya penciptaan iklan. Di mari, kemampuanmu bekerja dalam regu hendak dilatih, semacam bagaimana kalian jadi seseorang pemimpin dan bagaimana metode kalian mengatakan ilham serta mengantarkan gagasan.(Arif)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Mata Kuliah Ilmu Komunikasi
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar