Prospek Kerja Manajemen Pendidikan Islam

Daftar Isi

    LancangKuning Manajemen pendidikan Agama Islam akan menjadi pilihan di fakultas Agama islam. Tentu saja ada banyak sekali manfaat yang bisa kita diperoleh jika memilih opsi dari jurusan yang satu ini ialah pendidikan agama islam. Ketika memutuskan untuk kuliah kamu harus benar-benar selektif dalam memilih ke arah yang tepat.

    Program manajemen pendidikan agama islam akan memberikan materi kuliah yang berkaitan dalam merencanakan, mengawasi, dan mengelola proses pendidikan sesuai dengan nila-nilai dalam islam. Berikut ini ada beberapa rangkuman mengenai sebuah lowongan pekerjaan lulusan dari manajemen pendidikan islam yang biasa kamu pertimbangkan yaitu sebagai berikut:

    • Tenaga administrasi pendidikan

    Biasanya tenaga dari administrasi pendidikan yang bekerja hanya untuk mengelola segala sesuatu yang akan berkaitan dengan sebuah administrasi sekolah atau yang sering dikenal dengan nama staf atau tata usaha.

    • Konsultasi pendidikan

    Lulusan dari manajemen pendidikan agama islam bisa bekerja sebagai konsultan pendidikan di lembaga sekolah agama islam. Biasanya konsultan akan memberikan sebuah masukan atau saran yang terkait dengan pengelolaan sekolah, dari sistem pendidikan agama islam dan sebuah program pendidikan yang menciptakan sebuah karakter anak akan lebih baik dan lain sebagainya.

    • Peneliti

    Kamu bisa memilih karier sebagai akademisi yang bisa mejadi peneliti pendidikan di lingkungan tertentu. Sesuai dengan sistem dari penelitian akan fokus pada pendidikan yang berbasis agama islam ini.

    Gaji seorang peneliti untuk mengembangkan hasil dari seorang penelitian tersebut berkisar mulai dari 3 juta rupiah saja tergantung dari penelitiannya.

    • Pegawai kementerian pendidikan

    Kamu juga bisa memilih karier sebagai seorang pegawai kementerian pendidikan alias ASN. Demi menjadi seorang ASN kamu juga harus melewati tahapan seleksi yang cukup ketat seperti tes CPNS. Jadi ANS di kementerian pendidikan bisa mencapai angka jutaan rupiah minimal 3 juta rupiah belum termasuk tunjangan dan lain-lain.

    • Garu pendidikan Agama Islam

    Lulusan PAI dari manajemen pendidikan islam punya peluang karier sebagai guru PAI di sekolah mulai dari tingkatan SD, SMP, DAN SMA. Akan menjadi seorang yang pendidikannya tidak hanya mengejar gaji sementara akan tetapi memanfaatkan ilmu yang didapatkan untuk kebaikan umat. Gaji guru honorer memang masih menjadi hal yang perlu mendapatkan apresiasi yang lebih baik di indonesia.

    • Dosen

    Pastikan saja kamu menempuh sebuah pendidikan jenjang S2 agar bisa memiliki sebuah pekerjaan sebagai dosen di kampus swasta atau negeri. Gaji seorang dosen di indonesia sangat cukup memuaskan dengan kisaran 4 juta rupiah ke atas.

    • Pengelola Yayasan Pendidikan Islam

    Karier lulusan manajemen dari pendidikan islam tidak lepas sebagai pengelola atau pengaturan program pendidikan di lembaga sekolah tertentu. Kamu juga harus bisa memutuskan karier yang ada sebagai suatu pengelola dari yayasan yang akan melakukan suatu pekerjaan dengan tujuan berkah di dunia dan di akhirat.

    • Lembaga Swadaya Masyarakat

    Prospek karier yang bisa kamu pilih setelah lulus kuliah adalah bekerja di lembaga Swadaya masyarakat atau LMS yang fokus pada pendidikan yang berbasis islam. Biasanya LMS juga memperjuangkan hak anak-anak yang ingin mendapatkan keahlian di bidang pendidikan.

    • Supervisor Pendidikan

    Tugas dari supervisor pendidikan adalah mengembangkan kemampuan dan keahlian dari sistem pendidikan di sekolah dalam memaksimalkan program pendidikan termasuk pelayanan kepada seluruh siswa di sekolah tersebut.

    Gaji seorang yang sedang menjabat pekerjaan sebagai supervisor pendidikan sekitar 4 juta rupiah. Biasanya supervisor dari pendidikan di sekolah swasta yang bonafide akan menawarkan bayaran yang lebih besar di atas Rp 5 juta per bulan.

    • Manajer lembaga pendidikan

    Tugas kamu dalam lembaga pendidikan adalah merencanakan dan menciptakan suatu strategi pendidikan yang lebih jituuntuk para siswa.​ (lisdayani)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Prospek Kerja Manajemen Pendidikan Islam
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar