Usai MoU, Gubernur Syamsuar Paparkan Potensi Riau

Daftar Isi

    Foto: Gubernur Riau. 

    Lancang Kuning, PEKANBARU - Provinsi Riau memiliki beragam potensi yang bisa dikembangkan untuk investasi serta dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. 

    Hal itu disampaikan Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar usai Penandatanganan MoU antara Pemerintah Provinsi Riau dengan PT Brilliant Ecommerce Berjaya di Kediaman Gubernur Riau, Rabu (28/4/2021). 

    Dengan dilakukannya MoU, Gubernur Syamsuar berharap itu menjadi langkah awal untuk melakukan banyak hal antar kedua belah pihak. Bahkan ia berharap hal ini bisa membuka jalan untuk kerjasama lainnya di masa depan. 

    Dalam kesempatan itu, pihaknya memaparkan produk unggulan yang ada di Bumi Melayu Riau yang dapat dikembangkan dan berpotensi untuk investasi, di antaranya potensi sawit. 

    Sebagai daerah penghasil sawit terbesar di Indonesia, Gubri mengatakan potensi ini memiliki banyak produk turunan sehingga memungkinkan jika menerima investasi dari daerah luar. 

    "Riau termasuk penghasil sawit terbesar di Indonesia, kami sangat menyambut baik jika PT Brilliant Ecommerce Berjaya ingin berinvestasi dengan kami, terutama berkaitan dengan usaha-usaha turunan sawit apalagi turunannya belum ada di tanah air," harapnya, dikutip dari mediacenterriau.  

    Selain itu, negeri Melayu ini juga mempunyai potensi kelapa terbesar di Indonesia. Yang mana lebih kurang 500 ribu hektare produk kelapa berada di Kabupaten Indragiri Hilir.

    Labih jauh Gubernur Syamsuar menyampaikan bahwa sagu juga merupakan potensi yang menjanjikan serta mempunyai berbagai macam olahan yang dapat dikembangkan dari industri ini. 

    "Kami (Provinsi Riau, red) juga termasuk penghasil migas berbesar, lalu ada juga batu bara dan produk lainnya yang memungkinkan untuk investasi," pungkasnya. 

    Tak hanya produk unggulan, negeri Melayu Riau juga memiliki keindahan wisata yang tak kalah menjanjikan untuk berinvestasi.

    Bahkan, sektor yang satu ini juga dinilai dapat meningkatkan perekonomian masyarakat daerah Riau karena memiliki pasar-pasar potensial.

    Salah satunya wisata pulau Rupat di Kabupaten Bengkalis yang memiliki keunggulan pariwisata bahari dengan bentang pantai sepanjang 17 km dan juga memiliki potensi pendukung lainnya. Pulau Rupat juga memiliki pasar-pasar potensial seperti Malaysia dan Singapura. (LK)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Usai MoU, Gubernur Syamsuar Paparkan Potensi Riau
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar