Program Kredit Riau Melawan Rentenir Diharapkan Kurangi Pelaku Rentenir di Riau

Daftar Isi

    Foto: Gubernur Riau

     

    Lancang Kuning, PEKANBARU - Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar menyampaikan bahwa saat ini masih banyak rentenir memanfaatkan potensi yang ada di Riau untuk memberikan pinjaman kepada masyarakat Riau, baik itu kepada masyarakat yang bergerak di bidang pertanian, nelayan, pedagang kecil, dan lainnya.

    Padahal rentenir justru akan membuat usaha masyarakat tidak berkembang karena bunga yang ditawarkan cukup tinggi.

    Untuk itu menurut Gubri, melalui program Kredit Riau Melawan Rentenir ini digagas bersama dan gotong royong bersama dari semua bank yang ada di Riau maka diharapkan akan mengurangi pelaku rentenir di Riau.

    "Kalau kita bersama, saya pikir itu rentenir hilang atau pun akan mengurangi kegiatan-kegiatannya di lokasi-lokasi yang saya sampaikan tadi (petani, nelayan, pedagang kecil)," katanya di Gedung Daerah Balai Serindit, Rabu (28/4/2021), dikutip dari mediacenterriau. 

    Gubri menerangkan, untuk mengatasi masalah rentenir ini perlu adanya sosialisasi kepada masyarakat karena tidak semua masyarakat Riau paham dan mengerti bahaya rentenir.

    Kemudian, ia juga mengharapkankan adanya sosialisasi lebih lanjut terkait program Kredit Riau Melawan Rentenir kepada masyarakat, agar masyarakat bisa meminjam dengan cepat, mudah dan bunga rendah melalui program ini.

    Syamsuar menuturkan, Kredit Riau Melawan Rentenir perlu diberikan penyuluhan dan penjelasan agar mereka bisa memanfaatkan program-program pemerintah untuk menggerakkan ekonomi daerah, ekonomi nasional bahkan juga bisa dapat mengatasi masalah kemiskinan yang ada di daerah.

    "Saya yakin kalau masyarakat tau program ini cepat sekali, karena mereka mau menggunakan kredit yang mudah dan murah itu, makanya perlu diinformasikan kepada masyarakat," ungkapnya. (LK)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Program Kredit Riau Melawan Rentenir Diharapkan Kurangi Pelaku Rentenir di Riau
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar