Kelebihan Dan Kekurangan Water Heater Tenaga Surya

Daftar Isi

    LancangKuning - kelebihan dan kekurangan water heater tenaga surya ini dapat dianalogikan seperti kita membeli produk rumah tangga, otomotif atau elektronik lainnya, tentunya semua produk memiliki kelebihan baik dari segi kualitas, fungsi, harga dan lain sebagainya serta memiliki kekurangannya. Selain itu, dengan jenis produk water heater selain jenis yang beragam, kapasitas dan cara penanganannya juga berbeda-beda.

    Secara garis besar water heater ini bisa kita kelompokkan pada jenis sumber energi yang digunakan untuk memanaskan air tersebut. Dimana energi ini disalurkan sehingga dapat memberikan kualitas air panas yang kita inginkan. Water heater merek ariston ini dapat diklasifikasikan menjadi 4 macam:

    1. Solar Water Heater adalah salah satu jenis heater yang menggunakan energi matahari untuk memanaskan elemen mesin sehingga elemen panas tersebut akan mentransfer energi panas matahari untuk diteruskan ke air yang kemudian dikumpulkan di dalam tabung. Heater jenis ini sama sekali tidak menggunakan listrik sehingga elemen seperti kaca penyerap panas harus berkualitas tinggi agar penyerapan panasnya maksimal.

    2. Water Heater Listrik adalah salah satu jenis heater yang menggunakan energi listrik untuk memanaskan elemen mesin sehingga elemen panas tersebut akan mentransfer atau menyalurkan panas tersebut ke air yang tersedia yang kemudian dialirkan melalui pipa ke kran keluaran.

    3. Gas Water Heater adalah salah satu jenis heater yang menggunakan energi gas (LPG) untuk menyalakan api yang digunakan untuk memanaskan air yang melewati pipa yang terdapat air yang mengalir di dalamnya. Prinsip kerjanya hampir sama dengan kompor gas yaitu memanaskan air dengan energi api.

    4. Water heater Heat Pump menggunakan teknologi yang berhubungan dengan AC (Air Conditioner) dimana apabila AC untuk indoor adalah udara dingin dan untuk udara panas outdoor maka Heat Pump dalam ruangan adalah udara panas yang kemudian dilanjutkan dengan memanaskan air, dan luar ruangan udaranya dingin.

     

    Kelebihan

    1. Hemat energi

    Ini yang menjadi pertimbangan utama untuk kelistrikan, apalagi seiring berjalannya waktu harga per kwh nya meningkat. Heater jenis ini dapat menjadi solusi untuk menghemat listrik karena tidak adanya listrik dalam penggunaannya.

    2. Ramah lingkungan

    Karena menggunakan energi matahari maka dapat dipastikan sangat kecil kemungkinan terjadinya pencemaran atau risiko dari kelistrikan seperti korsleting (untuk semua jenis pemanas listrik ariston dilengkapi dengan pengaman). Sehingga sangat aman untuk digunakan.

    3. Kapasitas Banyak

    Rata-rata heater tipe ini memiliki kapasitas besar mulai 100 liter ke atas sehingga sangat awet untuk keperluan mandi sehari-hari. Sedangkan untuk kapasitas tangki ini, jika akan membelinya tetap akan dihitung berdasarkan jumlah penghuni di dalam rumah tersebut, karena jika salah menghitung bisa saja water heater habis sebelum anggota keluarga lain menggunakannya.

    4. Garansi Panjang

    Untuk garansi, Ariston sendiri berani menjamin produk solar water ini selama 10 tahun untuk thermo kairos jenis tidak langsung. Sedangkan untuk jenis water heater tenaga surya lainnya, ada yang 7 tahun 5 tahun. Menurut pengalaman, jika pemanas ariston bertenaga surya ini dipasang dan tidak ada servis rutin sama sekali dengan kualitas air yang sangat rendah (seperti di tepi pantai, dll), baru di tahun ke-5 baru mengalami kebocoran. karena skala menempel pada elemen. Bagaimana jika kualitas airnya bagus? pasti lebih lama lagi.

     

    Kekurangan

    1. Dimensi Besar

    Karena kapasitas tangki yang besar, maka membutuhkan banyak space atau space untuk pemasangannya.

     

    2. Penempatan Harus Sesuai

    Tidak sembarang tempat di mana heater jenis ini dapat dipasang. Penempatan nya harus terkena sinar matahari penuh agar kolektor kaca bisa bekerja maksimal menyerap panas matahari untuk memanaskan air.

     

    3. Keahlian khusus

    Tidak untuk sembarang orang yang bisa memasang water heater jenis ini, sebab dengan memasang water heater ini membutuhkan suatu keahlian khusus untuk dapat menanganinya.

    4. Survei Lokasi

    Untuk setiap proses pemesanan harus terlebih dahulu mengecek dan men-survei lokasi pemasangannya, apakah ingin dipasang di atap atau genteng. Harus dihitung

    Untuk menentukan jenis kapasitas dan tipe heater yang akan dibeli, calon pelanggan harus menghitung detail jumlah keluarga yang akan menggunakannya untuk mandi.

    Demikian sekilas mengenai kelebihan dan kekurangan water heater tenaga surya, adapun jenis heater lainnya seperti pemanas air listrik, pemanas air gas, dan pemanas air pompa kalor akan kita bahas pada artikel di bab lain.(Aini)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Kelebihan Dan Kekurangan Water Heater Tenaga Surya
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    100%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar

    Berita Terkait