Prospek Kerja Perbankan Syariah

Daftar Isi

    LancangKuning -  Zaman sekarang ini, perbankan sayriah disebut juga dengan program studi yang sedang terkenal. Perbankan syariah, yaitu merupakan sebuah perbankan yang menggunakan pekerjaan perbankan nya sesuai menurut syariah islam. Jadi, cara kerja operasional perbankan syariah tidak sama atau berbeda dengan perbankan konvensional, dimana bank syariah memakai prinsip bagi hasil di dalam keseluruhan barang perbankan nya.

    Sumber dana, penyaluran dana, serta biaya yang disediakan oleh perbankan syariah juga mempunyai perbedaan-perbedaan yang akurat. Di dalam pembiayaan bank syariah, juga terdapat di sana menerapkan zakat serta wakaf.

    Selain dalam bidang produknya, hubungan antara mitra serta pelayanan yang ramah dan sopan merupakan aturan yang paling utama yang terdapat di dalam perbankan syariah.

    Jadi dengan adanya cara kerja yang demikian, dibutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mempunyai kemampuan dengan bisanya memahami aturan yang ada di dalam bank syariah, memahami tentang ekonomi islam secara umum/keseluruhan, dan juga diharapkan dapat merawat stabilitas perekonomian nasional. Jadi, dengan adanya perbankan syariah tersebut dapat menciptakan sebuah program belajar perbankan syariah.

    Perbankan syariah belajar tentang apa sih?

    Jika kalian ingin tahu tentang apa-apa saja yang di ketahui di dalam program belajar perbankan syariah selama kuliah, berikut ini beberapa macam mata kuliah yang  ada di perbankan syariah:

    • Pengantar Ekonomi Mikro Islam
    • Pengantar Ekonomi Makro Islam
    • Ekonomi Islam
    • Studi Kelayakan Bisnis
    • Pelaporan Keuangan
    • Layanan Produk dan Jasa Bank Syariah
    • Manajemen Pemasaran dan Pembiayaan Bank Syariah
    • Laboratorium Perbankan Syariah
    • Menganalisis Laporan Keuangan
    • Manajemen Aset serta Liability Bank Syariah
    • Manajemen keuangan Islami
    • Etika Bisnis Islami
    • Pengantar Akuntansi (konvensional dan syariah)
    • Manajemen Perbankan Syariah
    • Akuntansi Perbankan Syariah
    • Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) Islami

    Prospek karier lulusan program studi perbankan syariah

    Sama juga seperti yang dibahas di atas tadi, perbankan syariah yaitu merupakan sebuah segmen keuangan syariah yang dimana dalam proses pertumbuhan. Dengan demikian, prospek kerja lulusan program studi perbankan syariah lumayan besar.

    Berikut ini beberapa macam profesi yang bisa dipilih oleh lulusan program studi perbankan syariah.

    1. Peneliti

    Tamatan program studi perbankan syariah dapat mengambil peluang supaya bisa menjadi peneliti-peneliti yang hebat di dalam bidang kajian perbankan syariah, ekonomi islam, serta bidang kajian keuangan islam yang lainnya.

    2. Menjadi tenaga professional di dalam perbankan

    Prospek kerja bidang studi perbankan syariah termasuk menjanjikan antara menjadi tenaga profesional perbankan. Banyak jabatan yang ada di dalam perbankan yang berbasis syariah untuk tamatan yang berkompeten.

    Jadi, tenaga professional perbankan memiliki Teller, Customer Service, serta Audit. Selain itu juga, perbankan syariah bisa juga bekerja di bagian sentral perusahaan, yaitu merupakan di bagian staff, Admin pembiayaan Mikro, Kepala Bagian, Manajer, serta Direktur.

    3. Akuntan

    Prospek kerja program studi perbankan yang berikutnya yaitu Akuntan. Akuntansi perbankan syariah memiliki perbedaan antara perbankan konvensional. Jabatan sebagai akuntan di dalam perbankan syariah, yaitu pada posisi Audit.

    Pengauditan cara kerja keuangan perbankan syariah diperlukan ketelitian/kecermatan serta kepandaian di dalam menghitung akuntansi. Posisi tersebut memiliki fungsi yang sangat penting untuk bertahannya operasional perbankan syariah.

    Oleh sebab itu fungsi pentingnya, kompensasi gaji yang diterima oleh akuntan perbankan syariah itu lumayan tinggi.

    4. Akademisi/ Tenaga Pengajar/ Dosen

    Akademisi yaitu merupakan sebuah kesempatan yang bisa digunakan untuk lulusan program perbankan syariah. Karena dimana saat ini banyak yang membuka/ menyediakan program studi yang menggunakan keuangan islam di dalam perguruan tinggi, salah satunya perbankan syariah serta ekonomi islam.

    5. Praktisi

    Praktisi yaitu suatu penghubung supaya menambah market share secara kuantitas serta kualitas di dalam perbankan syariah. Prospek cara kerja program studi perbankan syariah ini merupakan suatu kesempatan emas, menambah pertumbuhan perbankan syariah. Praktisi sendiri berguna untuk meneliti prospek perbankan syariah, mengerjakan inovasi, mengerjakan sosialisasi, dan menjadi konsultan di dalam bidangnya. Dan jumlah praktisi perbankan syariah termasuk cukup banyak.

    6. Entrepreneur

    Diantara profesi yang tadi, lulusan program studi perbankan syariah juga dapat memiliki kesempatan untuk menjadi entrepreneur atau wirausahawan. (Akbar)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Prospek Kerja Perbankan Syariah
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar