Macam-Macam Jurusan Pariwisata

Daftar Isi

    LancangKuning - Pendidikan pariwisata memang tergolong masih sangat baru di Indonesia. mengingat ilmu pariwisata baru di akui secara remi sebagai ilmu mandiri pada tahun 2008, bahkan lulusan dari pendidikan pariwisata ini masih terbilang sedikit.

    Pada artikel kali ini, kita akan membahas mengenai informasi dari beberapa program study yang ada di dalam pendidikan pariwisata beserta peluang kerja apa saja yang sesuai dengan keilmuan program studi tersebut.

    Pengetahuan ini sangat penting untuk mahasiswa pariwisata ataupun calon mahasiswa yang sedang memilih jurusan yang akan menjadi tempat belajar mereka beberapa tahun yang akan datang.

    Jurusan Hospitality/ Pengelolaan pariwisata

    Jurusan ini menggunakan program pendidikan pariwisata yang berbasis keilmuan sehingga pengambilan keputusan mengenai kebijakan pariwisata. Bagian keilmuan yang dipelajari pada jurusan hospitality adalah pendidikan ataupun pengetahuan dalam hal manajemen pariwisata serta keakomodasian pada umumnya karena sifatnya keilmuan, oleh karena itu lulusannya berhak menyandang gelar Sarjana Pariwisata (S.Par).

    Sedangkan di dalam hal prospek kerja, lulusan dari jurusan hospitality bisa bekerja di bidang industry pariwisata, peneliti, pemerintahan, konsultan pariwisata, dan dosen/ guru yang professional dalam bidang pariwisata.

    Jurusan Usaha Perjalanan Wisata

    Beda halnya dengan jurusan hospitality yang berbasis keilmuan, jurusan ini mempunyai basis vokasional dengan jenjang ahli madya. Pendidikan yang diberikan pada jurusan ini adalah pendidikan keterampilan di dalam bidang pengelolaan usaha perjalanan wisata yang khususnya di bidang produk jasa perjalanan wisata, ticketing, cargo, guiding dan produk lainnya. Sehingga prospek kerja lulusan ini juga pada bidang yang di sebutkan di atas. Lulusan dari jurusan ini akan mendapatkan gelar ahli madya pariwisata (A.Md.Par).

    Jurusan Manajemen Bisnis Perjalanan Pariwisata

    Perbedaan antara jurusan ini dengan jurusan yang di atas adalah pada jurusan ini pendidikan vokasional yang di terapkan setara dengan jenjang sarjana sastra sati (S1) atau yang  disebut dengan diploma 4 (D4). Oleh karena itu gelar lulusannya pun berbeda, yaitu Sarjana Terapan Pariwisata (S.ST.Par).

    Keterampilan yang diajarkan di jurusan ini melibatkan manajemen/pengelolaan bidang usaha wisata baik manajemen travel biro serta pariwisata secara keseluruhan ataupun di bidang produk jasa wisata perjalanan wisata, cargo/kurir, guiding, ticketing serta produk lainnya.

    Untuk bagian prospek kerjanya, lulusan manajemen perjalanan wisata bisa bekerja di bidang industry tour serta travel. Di lain sisi juga untuk memenuhi kebutuhan Dosen/Guru praktisi di bidang pariwisata, serta bidang pemerintahan- pariwisata.

    Jurusan Perhotelan & Administrasi Hotel

    Jurusan perhotelan merupakan jurusan dengan jenjang pendidikan diploma 3 (D3) sehingga gelar lulusannya merupakan ahli madya pariwisata (A.Md.Par), sementara itu jurusan administrasi hotel mempunyai program pendidikan jenjang diploma 4 (D4) sehingga gelar lulusannya sendiri adalah Sarjana Sain Terapan Pariwisata (S.ST.Par).

    Di dalam hal prospek kerja, kedua jurusan ini sama seperti namanya tentu akan lebih professional bekerja pada bidang industry perhotelan. Tetapi, tidak menutup kemungkinan bahwa lulusan dari jurusan perhotelan ataupun administrasi hotel bida dengan professional bekerja pada bidang usaha restaurant & bar, catering, café, laundry dan sebagainya. Di sisi lain juga untuk memenuhi kebutuhan tenaga pengajar Dosen/Guru praktisi di bidang pariwisata serta bidang pemerintahan pariwisata.

    Kenapa Harus Memilih Jurusan Pariwisata?

    Ada banyak keuntungan yang dihasilkan dari seorang lulusan pariwisata, berikut adalah beberapa keuntungan yang bisa didapatkan :

    • Lulusan pariwisata mempunyai prospek yang cerah dengan seiring berkembangnya industry pariwisata. Jadi tidak perlu dikhawatirkan soal pekerjaan.
    • Kamu berkesempatan untuk mendatangi berbagai destinasi wisata yang ada di dunia
    • Terjun ke dunia pariwisata akan membuat kamu semakin kaya akan pengalaman. Bekerja di industry pariwisata memungkinkan kamu untuk bertemu orang-orang dari berbagai Negara/wilayah.
    • Bidang pekerjaan yang ditawarkan oleh industry pariwisata tidak terbatas sebagai pemandu wisata. Kamu bisa bergabung dalam bidang perhotelan, culinary, event management, kapal pesiar dan lain-lain.
    • Lulusan dari pariwisata juga diperlukan di instansi pemerintahan seperti kementerian pariwisata. (tina)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Macam-Macam Jurusan Pariwisata
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar