Langkah Kerja Teknik Jahit Tindas Efek Bayangan

Daftar Isi

    LancangKuning - Jahit tindas atau biasa dikenali quilting merupakan satu teknik penghias permukaan kain melalui cara melapisi pengisi, setelah itu dijahit tindas pada suatu permukaan kain sama dengan langkah-langkah. Alat alat pelapis yang digunakan antara lain yaitu dakron, coldore, kapas, kapuk.

    Jenis-jenis jahit tindas Jahit tindas pengisi lembaran

    Jahit tindas pengisi lembaran wadded quilting, merupakan cara menjahit dengan cara mengisi dan melapisi antara kedua kain dengan alat pelapis yang seperti lembaran, dan kemudian di jahit pada permukaan kain sama dengan pola gambar dengan mempergunakan mesin jahit atau jahit menggunakan tangan.

    Bahan yang biasa digunakan untuk alat pelapis pengisi merupakan, busa tipis, dakron, coldore, lembar-lembar busa yang sudah di lapis kain di salah satu permukaannya jahit tindas mengisi selanjutnya merupakan cara menjahit tindas datar, tetapi suatu bagian tertentu ditambah isian selanjutnya serupa busa atau dakron dengan mendapatkan suatu kesan yang lebih tertonjolkan.

    Teknik jahit aplikasi

    Jahit aplikasi merupakan cara menghias permukaan kain melalui cara menempelkan gunting kain pada kain yang lain di beri warna dengan dasar kain, setelah itu disudahi dengan jahit menggunakan tangan cara. Cara sulam sudah biasa dipergunakan untuk tusuk hias feston atau cara menggunakan mesin border macam-macam aplikasi

    Teknik tenun

    Tenun adalah hasil karya yang kainnya dibuat dengan dan dimasukkan ke dalam pakan dengan alat yang biasa dipanggil lungsin. Dan tenun juga dibagi menjadi singket, yaitu tenun menggunakan emas atau perak, dan juga ada ikat, dobel ikat, dan juga pakan.

    Tenun merupakan cara dalam membuat kain yang dibuat seperti azas (prinsip)

    Yang sederhana merupakan menggabungkan gumpalan benang dengan memanjangkan dan melintang. Atau bersilangnya dengan benang lusi dan juga pakan yang bergantian. Kain tenun kebanyakan dibuat di Indonesia. Di daerah jawa dan Sumatra sangat banyak. Biasanya pembuatan kain tenun di dalam skala rumah tangga. Ada beberapa daerah yang popular dengan penghasil kain tenunnya adalah Sumatra barat, Palembang, dan jawa barat. Pemerintah merencanakan untuk mengeluarkan ketentuan dalam memberi nama Indonesia untuk para label internasional yang pasti bekerja dama dengan pengrajin lainnya, seperti yang juga diungkapkan MS Hidayat, menteri perindustrian. Ada beberapa brand yang jua membuat para pengrajin tenun menjadi perbincangan dunia yg model nya : Gucci, ETRO dan Dries van Noten.

    Teknik tapestry

    Tapestry merupakan suatu seni tekstil yang berupa tenun yang tradisional dan biasa dilakukan pada bahan tenun vertical. Tetapi juga bisa dilakukan pada lantai. Cara melakukan tenun ini terdiri atas dua arah benang bersilang, sejajar dengan panjang warp/ gulungan benang yang berlusin dan sama rata dengan lebar adalah weft/ benang pecan.

    Teknik tapestry banyak digunakan dengan benang lusin yang alami contoh nya benang lien atau benang katun. Benang pakan dipakai berupa benang wol dan benang katun, tetapi bisa juga benang sutra, benang emas, benang perak, dan alternative lainnya.

    Teknik tapestry telah digunakan sejak zaman helenis. Contoh kerajinan tapestry yunani dan ditemukan yang dari aad ke-3 SM dengan kondisi yang masih diawetkan di Gurun Tarim Basin. Kerajinan tapestry juga mencapai tahap baru pengolahan yang berasal dari jerman dan swiss. Dan waktu yang diperlukan untuk kerajinan diperluas sampai ke prancis dan belanda memakan waktu yang cukup lama.

    Teknik makrame

    Seni kerajinan makrame merupakan seni kerajinan yang menggunakan tali dan benang agar menciptakan berbagai aksesoris dan produk. Seni makrame ini adalah salah satu contoh seni rupa terapan. Sebagian para pengrajin yang menganggap serius menggunakan makrame bukan sekedar pekerjaan yang di kerjakan tetapi juga dilakukan sebagai untuk mengisi waktu yang luang.(Angga)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Langkah Kerja Teknik Jahit Tindas Efek Bayangan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar