Alat dan bahan membuat selimut dari kain perca

Daftar Isi

    LancangKuning - Kain perca merupakan salah satu kain sisa yang sudah tidak digunakan oleh para penjahit karena termasuk kain sisa dari pembuatan berbagai produk mulai dari pakaian dan sebagainya.

    Kain ini digunakan untuk membuat sebuah karya yang ternyata bisa membuat berbagai produk yang bagus dan juga bernilai tinggi. Kain ini bisa disulap menjadi sebuah karya yang indah bahkan bisa memiliki nilai seni yang cukup tinggi.
    Salah satu hal yang bisa anda lakukan adalah membuat sebuah selimut dari kain perca ini. Dimana selimut umumnya menjadi produk atau kebutuhan umum yang banyak digunakan oleh masyarakat termasuk anda yang tinggal di area dataran tinggi.

    Dimana selimut memiliki harga yang tinggi dimana, selimut memiliki ketebalan yang bagus dengan kualitas bahan yang nyaman.
    Bagi anda yang ingin membuat kerajinan tangan ataupun kreasi selimut ini dengan bahan dan alat yang ada, sangat mudah. Dalam artikel berikut ini, anda bisa membuat selimut dari kain perca yang ada dari bahan sisa ataupun bahan yang tidak digunakan setelah membuat pakaian

    1. Sediakan peralatannya
    Pertama hal yang biasa dilakukan adalah mengumpulkan peralatan atau bahan yang akan digunakan .
    Kamu bisa menggunakan quilt pertama, kamu harus mempersiapkan guna memudahkan kamu untuk membuat produk, hal ini juga membantu kamu membuat selimut dari kain perca agar tidak mengeluarkan uang atau biaya yang besar untuk sebuah selimut .
    Alat dan bahan:
    - Pisau pemotong berputar
    - Gunting
    - Penggaris
    - Alas pemotong kain
    - Benang jahit
    - Pendedel kain
    - Jarum pentul
    - jenis kain

    Selanjutnya kamu lakukan adalah memilih kain yang bagus dengan berbagai motif.

    2. Pemilihan warna kain
    Walaupun menggunakan kain perca yang ada, namun kamu harus memilih motif yang jelas sesuai ide yang anda pikirkan. Coba lah kamu memilih warna dan kelembutan yang sama, namun jangan menggunakan warna yang percis karena akan tidak terlihat dan motif nya pun jadi cenderung membosankan

    3. Campurkan warna
    Selanjutnya jangan  memilih kain yang motif dengan keseluruhan besar maupun kecil. Kamu coba campurkan antara motif besar dan kecil sehingga hasilnya lebih dinamis, kamu pasti bisa memilih salah satu kain dan menyesuaikan kain lain, hal ini dapat mempertimbangkan kan antara kain dan ide kamu agar lebih menyenangkan

    4. Gunakan kain katun
    katun itu adalah bahan yang paling banyak diminati karena pakaiannya nyaman dan juga harganya murah. Selain itu hindari warna  yang luntur dan kualitas yang rendah, jika perlu kamu mencucinya terlebih dulu sebelum kamu memotongnya

    5. Jahit selimut
    Ambillah selembar kotak yang kamu miliki dan letakkan dengan sisi muka menghadap ke atas. Ambillah lembar kedua dan letakkan sisi muka menghadap ke bawah, letakkan tepat diatas selembar kotak tadi, lalu berikan jarum pentul pada sisi kanan.
    Dengan mesin jahit kamu, jahit lah kotak -kotak tersebut dengan jarak 0,7cm. Anda akan perlu mensejajarkan tepian kain kamu kepada sepatu mesin anda, sesuaikan jarumnya jika diperlukan. Ketahuilah bahkan sedikit kurang dari 0,7cm lebih baik dari pada kelebihan 0,7 cm.

    Sekarang bukanlah sepasang kain tadi dengan sisi muka menghadap kamu. Ambillah kotak ketiga dan berikan jarum pentul dengan sisi menghadap ke sisi kotak kedua, jahit lah dengan jarak 0,7cm seperti yang kamu buat. Ulangi hingga barisan ini dan baris -baris tersebut dahulu.
    Itulah deretan cara yang bisa anda lakukan, dimana anda yang inginkan membuat selimut perca. Dimana anda bisa membuat selimut yang bisa membuat selimut yang bisa mengurangi bahan atau pengeluaran yang berupa uang, di sisi lain bahkan anda bisa menjual produk ataupun selimut yang sudah dibuat dengan kain perca anda tadi.  (husni)


     

    .


     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Alat dan bahan membuat selimut dari kain perca
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar