Ruang Lingkup Survei Dan Pemetaan

Daftar Isi

    LancangKuning - Survei mempunyai fungsi yang cukup penting dari awal perubahan manusia. Dimulai dengan melakukan pengukuran dan memberi tanda pada batas-batas untuk tanah milik sendiri.

    Dengan seiring berjalannya waktu pentingnya akan bidang survei terus bertambah dengan bertambahnya keinginan untuk memberi.

    Pekerjaan mengukur tanah dan pemetaan (Survei dan pemetaan) diantaranya mengambil/memindahkan data-data dalam lapangan ke peta atau sebaliknya.

    Mengukur yang harus diketahui antara lain yaitu mengukur mendatar dari titik-titik yang terdapat diatas permukaan  bumi , dan mengukur berdiri berguna mendapatkan perbedaan tinggi antara titik-titik yang diukur diatas permukaan bumi yang tidak beraturan atau berurutan ,yang pada hasil akhirnya bisa digambar diatas bidang datar (Peta).

    peta dan jenis spasial merupakan informasi lain yang ada dan akan menambah keperluan untuk menentukan garis yang tepat dan supaya menolong pekerjaan proyek konstruksi.

    pengetahuan mengukur tanah merupakan pengetahuan utama sebagai dasar untuk melakukan pekerjaan survey atau mengukur-mengukur tanah. Dalam lingkungan teknik sipil, diantaranya pekerjaan-pekerjaan untuk seluruh proyek pembangunan, contohnya merencanakan dalam hal ingin melakukan pembuatan gedung, jembatan, jalan, saluran irigasi. Sedangkan dalam bidang pertanian untuk merencanakan proyek contohnya: membuka lahan baru, saluran irigasi dan lain sebagainya.

    TUJUAN PEKERJAAN SURVEI

    Secara keseluruhan tujuan pekerjaan survey adalah untuk:

    • Mengetahui tata letak bentuk yang berbeda diatas permukaan bumi
    • Mengetahui letak ketinggian (elevasi) seluruh yang berbeda diatas maupun dibawah sesuatu bidang yang berpedoman pada bidang permukaan air laut tenang
    • Mengetahui bentuk maupun relief permukaan tanah serta mengetahui luasnya
    • Mengetahui panjang, arah dan posisi antara suatu garis yang terdapat diatas permukaan bumi dan merupakan batas antara suatu tempat tertentu.

    Kegunaan Pekerjaan Survei                   

    Mengukur supaya mengetahui luas tanah

    1. Luas tanah sangat dibutuhkan demi untuk kebutuhan jual beli, penentuan pajak, dan sebagainya
    2. Merencanakan memperluas wilayah, rencana jalan, rencana pengairan dan rencana lain sebagainya
    3. transmigrasi.

    Mengukur supaya mengetahui perbedaan tinggi tanah

    Sebelum sebuah bangunan dibangun , maka sebaiknya terlebih dahulu harus mengetahui tinggi permukaan tanah dan berencana mendatarkan tanahnya sehingga bisa dihitung berapa tanah yang digali dan berapa banyak urung an yang dibutuhkan  dan serta untuk menentukan peil sebuah bangunan yang akan dibangun untuk petunjuk ketinggian lantai dan sebagainya.

    Pengukuran untuk pembuatan peta

    Supaya memberikan tanda seberapa jauh antara lokasi A ke lokasi B hendak nya kita perlu membuat sketsa jalan dari lokasi A ke lokasi B. Gambar sketsa tersebut walaupun tidak sempurna disebut peta.

    Supaya lebih mudahnya pemerintah mulai dari pemerintahan desa, kecamatan, kabupaten , propinsi maupun setiap Negara memiliki gambaran daerahnya masing-masing yang disebut peta. Peta tersebut harus digambar sesuai hasil mengukur tanah, baik mengukur secara teoretis maupun secara fotogrametri.

    Pengukuran untuk merencanakan bangunan

    Apabila ingin membangun rumah , setidaknya harus memiliki izin membangun dari dinas pertanahan atau dinas pekerjaan umum. Pada setiap ada keinginan untuk melakukan pembangunan daerah , pembuatan jalan, keinginan irigasi hendaknya terlebih dahulu tanah yang ingin dijadikan bangunan harus diukur dan disahkan oleh pemerintah daerah. Di samping hal tersebut pekerjaan ukur tanah merupakan  hal yang sangat penting dalam merencanakan pembangunan karena bertujuan memudahkan untuk menghitung rencana biaya.

    Survei – survei khusus

    Banyak jenis hasil penelitian yang sangat tertentu sehingga seseorang yang pandai dalam pengetahuan tertentu bisa jadi mempunyai sedikit hubungan dengan pengetahuan yang lain. Seseorang yang bekerja di dalam dunia penelitian dan pemetaan, bagaimanapun harus mempunyai pengetahuan di dalam setiap tahap,  karena semuanya berhubungan kuat dalam praktik modern.

    Nb : Akbar

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Ruang Lingkup Survei Dan Pemetaan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    50%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    50%

    Komentar