Ruang Lingkup dan Karakteristik Tanaman Pangan

Daftar Isi

    LancangKuning - Pada umumnya, tanaman pangan mengarah kepada ketersediaan bahan pangan pokok yang ada di dunia ini. biji-bijian, kacang-kacangan, sayuran, buah, rempah merupakan beberapa contoh tanaman pangan. Tidak hanya itu saja, berbagai jenis teh dan kopi juga termasuk ke dalam tanaman pangan. Lalu apa sebenarnya pengertian tanaman pangan itu sendiri? Apa jenis-jenis tanaman pangan?  Apa manfaat dari tanaman pangan? Serta seperti apa ruang lingkup dan karakteristik tanaman pangan?

    Untuk menjawab semua pertanyaan di atas, maka simaklah artikel di bawah ini sampai akhir agar tidak terjadi kesalahpahaman!

    Pengertian Tanaman Pangan.

    Tanaman pangan merupakan segala jenis tanaman yang di dalamnya terdiri dari karbohidrat dan protein sebagai sumber energi atau tenaga manusia untuk menjalankan segala aktivitas atau kegiatan sehari-hari. Tanaman pangan terbagi menjadi dua yaitu tanaman palawija dan tanaman utama, tanaman utama yang biasanya ditanam oleh petani di negara Indonesia adalah tanaman padi dengan tanaman keduanya berupa tanaman jagung yang ditanam setelah tanaman padi.

    Jenis-jenis Tanaman Pangan.

    Tanaman pangan yang merupakan kebutuhan dasar manusia untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan energi manusia seperti protein, karbohidrat, vitamin, dan mineral terbagi menjadi beberapa jenis, di antaranya yaitu:

    1. Serealia.

    Tanaman pangan yang pertama yaitu serealia. Tanaman Serealia merupakan sekelompok tanaman yang ditanam untuk dipanen dan dimanfaatkan bijinya sebagai sumber karbohidrat. Ciri-ciri dan jenis tanaman serealia adalah produksinya diolah menjadi bahan makanan karbohidrat, dimanfaatkan bulir atau bijinya, ditanam di sawah yang luas. contoh tanaman yang digolongkan dalam serealia yaitu:

    • Padi (Oryza sativa), merupakan tanaman panjang yang pokok untuk kita saat ini dan masih menjadi pilihan utama bagi masyarakat Indonesia.
    • Gandum (Triticum spp), merupakan sala satu tanaman alternatif yang berbentuk serealia jika suatu saat di negara kita kekurangan beras.
    • Sorgun (Sorghum bicolor), merupakan tanaman pengganti setelah tanaman pokok padi. dalam beberapa daerah di indonesia, tanaman sorgun sudah dikembangkan dengan menggunakan teknologi baru.
    1. Kacang-kacangan.

    Tanaman pangan yang kedua setelah serealia yaitu Kacang-kacangan. Kacang-kacangan merupakan segala jenis tanaman penghasil kacang-kacangan yang di dalamnya mengandung karbohidrat dan protein. Tanaman kacang-kacangan yang sering dikonsumsi oleh manusia antara lain kedelai, kacang tanah, dan kacang hijau. Kacang-kacangan tidak menjadi makanan pangan utama karena produksi lahan jauh lebih sedikit sehingga harganya menjadi mahal dibanding dengan serealia dan umbi-umbian. Dikarenakan tanaman kacang-kacangan bukan tanaman pangan utama, maka tanaman kacang-kacangan hanya menjadi makanan pangan tambahan saja.

    1. Umbi-umbian.

    Tanaman pangan berikutnya berasal dari jenis umbi-umbian. Tanaman umbi-umbian merupakan jenis tanaman pangan yang digunakan sebagai sumber bahan makanan pokok karena mempunyai kandungan karbohidrat dan serat yang tinggi. Tanaman umbi-umbian yang biasa dimanfaatkan manusia yaitu ubi kayu (singkong), ubi jalar (muntul), talas, ganyong, kentang, dan lain sebagainya.

    Manfaat Tanaman Pangan.

    Adapun beberapa manfaat tanaman pangan yang baik untuk kita antara lain:

    1. Sebagai Sumber Energi.

    Tanaman pangan dikenal akan kandungan karbohidratnya yang tinggi sebagai sumber energi atau tenaga bagi manusia. Tanaman pangan dapat diolah menjadi makanan yang mengandung karbohidrat, kemudian karbohidrat tersebut akan dipecah ke dalam bentuk sederhana sehingga dapat diserap oleh tubuh.

    Karbohidrat sebagai sumber energi diproses dalam bentuk monosakarida yang selanjutnya akan diserap kedalam aliran darah. Gula dalam cairan darah inilah yang nantinya diproses menjadi sumber energi tubuh.

    1. Memperbaiki Sel dan Meningkatkan Daya Tahan Tubuh.

    Tanaman pangan juga dapat bermanfaat dalam re-generasi sel dan meningkatkan daya tahan tubuh. Kandungan vitamin dan beberapa mineral dalam bahan pangan akan membantu sel dalam ber-regenerasi sehingga terciptanya sel-sel baru.

    Ruang Lingkup dan Karakteristik Tanaman Pangan.

    1. Ruang Lingkup Tanaman Pangan.

    Kebutuhan bahan makanan selalu menjadi masalah yang terus menerus. Kekurangan pangan sepertinya sudah menjadi masalah yang tidak asing lagi bagi manusia. Kegiatan pertanian yang termasuk budaya bercocok tanam merupakan budaya manusia yang paling tua. Sejalan dengan kemajuan peradaban manusia, teknik budidaya tanaman juga berkembang menjadi berbagai sistem.

    Mulai dari sistem yang paling sederhana hingga sistem yang paling canggih, berbagai teknologi budidaya dikembangkan untuk mencapai produktivitas yang diinginkan. Istilah teknik budidaya tanaman berasal dari arti kata teknik, budidaya, dan tanaman. Teknik berarti pengetahuan atau keterampilan dalam membuat sesuatu, sedangkan kultivasi berarti usaha yang memberi hasil. Kata tumbuhan mengacu pada arti tumbuhan yang dibudidayakan oleh manusia, yang biasanya sudah melampaui proses domestikasi. Teknik budidaya tanaman adalah proses menghasilkan bahan pangan dan hasil agroindustri dengan memanfaatkan sumber daya tanaman.

    1. Karakteristik Tanaman Pangan.

    Dapat memenuhi kebutuhan karbohidrat tubuh sebagai sumber energi, buah atau hasil yang dapat dimakan, rata-rata tanaman pangan merupakan tanaman tahunan dengan masa tumbuh yang singkat, dapat diolah menjadi berbagai macam pangan dan lain sebagainya.(Sukri)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Ruang Lingkup dan Karakteristik Tanaman Pangan
    Sangat Suka

    40%

    Suka

    20%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    40%

    Marah

    0%

    Komentar