Ruang Lingkup, Karakteristik dan Persyaratan Tumbuh Tanaman Sayuran

Daftar Isi

    LancangKuning Terkadang ketika kita ditanya tomat itu sayuran atau buah ya? Nah bagi sebagian orang terkadang hal ini membuat kita bingung sebenarnya sayuran sendiri mempunyai ruang lingkup dalam pengelompokannya dan hal ini berdasarkan bagian yang dikonsumsi atau dipanen.

    Pertama sayuran buah yang terdiri dari timun, cabe, tomat, terong, timun dll. Kedua sayuran daun, terdiri dari bayam, sawi, kangkung dll. Ketiga sayuran tunas atau batang, terdiri dari asparagus dll. Keempat sayuran umbi terdiri dari, lobak, kentang, wortel dll. Kelima sayuran bunga terdiri dari, kol bunga, brocoli dll. Terakhir sayuran polong terdiri dari, kacang panjang, kapri, buncis dll.

    Penanaman sayuran juga ditentukan berdasarkan ketinggian tempat untuk menanam sayuran tersebut yakni, sayuran di dataran tinggi dapat ditanam sayuran seperti lobak, kubis, kol, kentang dll. Pada dataran rendah dapat ditanam sayuran seperti bawang-bawangan, oyong dll. Terakhir di dataran rendah dapat ditanam terong, cabe, dan bayam.

    Setiap sayuran juga mempunyai karakteristik tersendiri berikut beberapa diantaranya :

    Pertama bayam, bayam bisa ditanam baik di dataran rendah maupun tinggi. Ada dua macam bayam yang biasa ditanam pertama bayam cabut dibagi dua juga ada yang warna merah dan hijau, berciri daunnya lebar namun relative kecil,untuk bayam yang hijau warnanya sedikit lebih cerah sedangkan yang merah warnanya sedikit lebih  gelap. Kedua disebut bayam raja dengan warna daun hijau namun lebih keabu-abuan dan untuk memanennya bisa dipotong atau dicabut. Untuk penanaman bayam relative mudah dan jarang ada serangan hama dan bisa dipanen dalam dua puluh hari.

    Kedua kangkung, karena kangkung mempunyai daya adaptasi yang luas tanaman ini bisa ditanam di berbagai tempat. Kangkung sendiri dibagi menjadi dua pertama kangkung yang hidup di rawa dan air ke dua kangkung yang tumbuh di darat. Ketiga seledri, sayuran yang satu ini lebih sering dijadikan hiasan makanan. Untuk budidaya tanaman ini cukup mudah. 

    Keempat adalah selada, ada beberapa jenis selada yang beredar di Indonesia, pertama selada yang daunnya lepas dan berwarna hijau dan kedua selada yang daunnya padat. Namun selada yang daunnya lepas lebih banyak dipakai di Indonesia. Selada sangat mudah untuk dibudidayakan walau di keadaan panas sekalipun, bisa pada dataran tinggi dan rendah.

    Untuk bisa menumbuhkan sayuran ada beberapa syarat yang harus dipenuhi agar berhasil :

    Pertama bibit, hal yang satu ini sangat penting karena kita harus bisa memilih bibit yang berkualitas. Sebelum menanam kita harus tau karakterisik bibit tersebut karena mau sebaik apapun perawatan kita kalau bibitnya tidak berkualitas otomatis sayuran yang dihasilkan tidak akan medapatkan hasil yang maksimal. Pemilihan bibit yang berkualitas menjadi kunci kesuksesan penanaman sayuran.

    Kedua yaitu pupuk, setiap sayuran memiliki jumlah pupuk yang berbeda dalam kebutuhannya dan jenisnya terkadang juga berbeda hal ini sebenarnya juga terkait jenis tanah dan tingkat kesuburan tanah yang kita gunakan. Sebelum menentukan jenis pupuk kita harus bisa menentukan tingkat kesuburan tanahnya terlebih dahulu.

    Ketiga pengolahan tanah, walau kebannyakan orang sudah mulai hidroponik tapi beberapa petani masih menggunakan media penanam melalui tanah. Seorang petani harus bisa mengendalikan hama yang ada ditanah. Keempat adalah air, sebuah tanaman dalam bagian tubuhnya mengandung 90% air oleh karena itu air adalah hal wajib dan keperluan dasar dalam menumbuhkan tanaman sayuran.

    Dan terakhir cara pengendalian hama dan penyakit, pertisida saja tidak cukup untuk mengendalikan hama-hama yang ada, empat point diatas harus terpenuhi dahulu sebelum melakukan langkah ini. Seperti cara pengendalian karena hama cendawan, fungisida saja tidak cukup untuk mengendalikannya kita harus melakukan perawatan dari awal. Setiap tanaman juga harus diatur jarak penanamannya, pengelolaannya baik itu tanah maupun dengan tanaman sayuran itu sendiri dan lain-lain.

    Bayam, bisa ditanam di berbagai jenis tanah selain itu bisa tumbuh sampai ketinggian 1000 mdpl. Biasanya ditanam pada bulan Oktober sampai dengan November atau bisa juga pada Maret dan April. Tanahnya sebaiknya cukup subur dengan ph 6 sampai 7.

    Kangkung, bisa ditanam sampai ketinggian 2000 mdpl utamakan juga ditanam di lahan yang terbuka kalau tidak bisa disinari matahari.

    Selada, bisa ditanam pada dataran rendah dan tinggi. Untuk tanah sebaiknya mempunyai ph 15 sampai 20. Untuk waktu penanaman disarankan pada musim hujan.(Romi)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Ruang Lingkup, Karakteristik dan Persyaratan Tumbuh Tanaman Sayuran
    Sangat Suka

    25%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    25%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    50%

    Komentar