Mata Kuliah Administrasi Publik

Daftar Isi

    LancangKuning Apa itu Administrasi Publik( Administrasi Negeri)?| Program riset Administrasi Publik masih diketahui pula dengan nama Administrasi Negeri di sebagian akademi besar. Prodi ini menekuni seluk beluk pemerintahan, warga, serta kebijakan publik. Pasti saja Administrasi Publik pula menekuni tentang bagaimana membagikan publik yang prima kepada warga.

    Singkatnya, di prodi ini kalian hendak menekuni tentang sistem pemerintahan, pembuatan kebijakan sampai pengimplementasian serta penilaian nya, serta pelayanan warga, dan seluruh suatu yang berkaitan dengan aktivitas birokratis. Di prodi ini kalian pula dapat memilah konsentrasi ilmu administrasi, semacam konsentrasi pemerintahan wilayah, konsentrasi administrasi pembangunan, serta kebijakan publik.

    Kenapa memilih Jurusan Adiministrasi public?

    bukan rahasia lagi jika seluruh urusan birokrasi jadi urusan yang sangat ‘malesin’ untuk mayoritas orang. Umumnya urusan administrasi di organisasi- organisasi publik populer ribet, lama, serta banyak pungli. Sebab itu, prodi ini muncul buat kalian yang hirau hendak keadaan pelayanan warga yang kurang baik, serta kebijakan- kebijakan publik yang kurang memihak pada warga. Prodi ini sangat cocok buat kalian yang mau berkecimpung di dunia pemerintahan.

    Jurusan Administrasi Negara Belajar Apa Aja?

    Namanya juga administrasi, bidang ini tidak dapat lepas dari pengumpulan serta pengolahan informasi. Jurusan administrasi negeri di kala ini tidak cuma menekuni teori, namun pula menekuni bagaimana menggunakan kecanggihan teknologi serta komunikasi buat mempelajari, menganalisa serta mencari pemecahan seputar permasalahan implementasi kebijakan.

    Berikut adalah beberapa contoh mata kuliah yang hendak di pelajari oleh mahasiswa jurusan administrasi negeri: Sistem serta Hukum Administrasi Negeri, Demografi, Statistik Sosial, Sumber energi manusia, Manajemen, Administrasi Keuangan, Administrasi Pemerintah Wilayah serta lain sebagainya.

    Mata Kuliah Jurusan Administrasi Publik( Administrasi Negara):

    1. Pengantar Ilmu Administrasi Publik

    2. Teori Organisasi

    3. Administrasi Pembangunan

    4. Sistem Administrasi Negara Indonesia

    5. Kebijakan Publik

    6. Sistem Pemerintahan Daerah.

    7. Filsafat Ilmu

    8. Manajemen Sumber Daya Manusia

    9. Sistem Hukum Indonesia

    10. Struktur dan Proses Organisasi Publik

    11. Perilaku Organisasi

    12. Perencanaan SDM

    13. E- Government

    14. 14Ekonomi Sektor Publik

    15. Isu- Isu Organisasi Publik

    16. Manajemen Aset

    17. Formulasi Kebijakan Publik

    18. Administrasi Pemerintahan Daerah Desa

    19. Implementasi Kebijakan Publik

    20. Evaluasi Kebijakan Publik

    21. Manajemen Pertumbuhan Wilayah

    22. Etika Administrasi Publik

    23. Governasi Publik

    24. Studi Kependudukan

    25. Manajemen Sumber Daya Aparatur

    26. Ekologi Administrasi

    27. Pembangunan Kapasitas dan Kelembagaan Sektor Publik

    28. Teori Birokrasi Publik

    29. Etika Administrasi

    30. Politik Pemilihan Tingkat Nasional Daerah

    31. Keuangan Publik

    32. Manajemen Pelayanan Publik

    Skill/ Keterampilan Apa Saja Yang Dapat Saya Miliki Dari Jurusan Administrasi Negara?

    Lulusan Program Studi Administrasi Negeri mempunyai kompetensi dalam perihal pengelolaan serta manajemen organisasi publik, semacam Manajemen Sumber Energi Manusia, Manajemen Kinerja, Sistem Pemerintah Wilayah, Kepemimpinan, Administrasi Keuangan, Opini serta Kebijakan Publik, Akuntansi Zona Publik, Perbendaharaan Negeri, e- Government, Desain Organisasi baik buat Lembaga Pemerintah ataupun Swasta.

    Lulusan Program Riset Administrasi Negeri dibekali dengan keahlian, keahlian, etika, serta pengetahuan tentang sistem administrasi negeri, pemerintahan wilayah, birokrasi serta demokrasi, keuangan negeri, ekonomi politik, akuntabilitas publik serta pengawasan, keuangan wilayah, manajemen pelayanan universal, administrasi pembangunan, manajemen perkotaan, administrasi area, kebijakan publik, hukum administrasi negeri, administrasi kepegawaian negeri, kepemimpinan, e- government, perencanaan serta manajemen strategis dalam zona publik

    Tidak hanya itu mahasiswa jurusan administrasi negeri pula menekuni keahlian buat mengelola bermacam tipe organisasi secara komprehensif serta keahlian mengambil keputusan strategis.

    Kompetensi dasar Sarjana Administrasi Negara adalah sebagai berikut:

    • Berdaya Saing Besar Secara Akademis Ataupun Moral

    • Mengidentifikasi, Menganalisis, Serta Menanggulangi Masalah- Masalah Publik Bersumber Pada Landasan Metodologis

    • Sewaktu Menanggulangi Permasalahan, Sanggup Menguak Struktur Serta Inti Perkara, Serta Menjabarkan Pemecahan Secara Sesi Per Sesi Beserta Prioritasnya

    • Membuat Terobosan- Terobosan Lewat Pemikiran Kreatif Serta Inovatif Dalam Rangka Memberdayakan Kedudukan Dan Masyarakat

    • Dapat Memakai Konsep- Konsep Buat Menerangkan Hal- Hal Yang Tidak/ Kurang Jelas

    • Mampu Bekerja Baik Secara Mandiri Ataupun Kelompok

    • Mampu Berbicara Dengan Para Ahli Dalam Bidang Kemampuan Lain Serta Menggunakan Dorongan Mereka

    • Mampu Menggunakan Secara Efisien Sumber- Sumber Energi Yang Ada

    • Mampu Mengawali Rintisan Pembuatan Unit Wirausaha Di Bidang Administrasi Negara

    • Mampu Menjajaki Pertumbuhan Baru Di Bidang Administrasi Negeri, Melakukan Riset, Ataupun Menjajaki Program Riset Di Tingkatan Lebih Lanjut.

    • Berorientasi Pada Pemenuhan Kebutuhan Serta Kepuasan Masyarakat.

    Setelah Lulus Bisa Kerja Jadi Apa?

    Beberapa jenis pekerjaan para lulusan jurusan Administrasi Negara:

    1. Aparat Pemerintah/ Pengurus Pemerintah Pusat atau Daerah

    Ikut serta aktif serta bekerja dalam melaksanakan roda pemerintahan baik di poros pusat maupun jangkauan wilayah, ialah pekerjaan inti dari lulusan administrasi negeri. Menetapkan kebijakan pemerintah, mengendalikan jalannya pemerintahan dengan sebaik bisa jadi, dan sediakan pemecahan dari pemerintah buat kasus rakyat merupakan sebagian contoh kerja dari lulusan administrasi negeri. Buat itu, jadi anggota maupun aparat dari sesuatu sistem pemerintahan baik itu kecamatan, kelurahan, kabupaten apalagi kementrian pusat, merupakan salah satu prospek kerja dari lulusan administrasi negara yang sangat pas dan menjanjikan.

    2. Asisten Peneliti

    Melaksanakan pemerintahan pasti hadapi bermacam hambatan serta permasalahan yang dialami. Begitu pula dengan fenomena– fenomena yang ditemui, spesialnya yang terdapat di warga selaku target inti dari sistem pemerintahan. Buat menanggulangi perihal ini, umumnya para pakar pemerintahan melaksanakan sesuatu studi ataupun riset buat membongkar sesuatu permasalahan yang sekiranya bisa membetulkan kinerja serta roda pemerintahan yang berjalan.

    Disebabkan cakupan pemerintahan itu sangat luas, baik mencakup satu kecamatan, kelurahan, wilayah, kabupaten, provinsi sampai negeri, hingga riset– riset yang dicoba umumnya berlangsung secara besar– besaran. Seluruh ini dicoba supaya roda pemerintahan bisa berjalan secara berkesinambungan dalam tiap lapisannya. Buat itu, seseorang pakar tidak hendak dapat mengerjakannya sendiri. Dia pasti memerlukan asisten periset dalam melaksanakan risetnya. Lulusan administrasi negara yang sudah dibekali teori– teori pemerintahan yang baik, pasti sangat pas buat mengisi posisi ini.

    3. Staf ataupun Anggota Legislatif Pusat maupun Daerah

    Berpikir secara strategis buat memastikan kebijakan pemerintahan, sudah ditanamkan semenjak dini awal untuk mahasiswa administrasi negeri. Sepanjang perkuliahan, pasti mahasiswa administrasi negara menekuni strategi– strategi spesial buat membentuk pemerintahan yang efisien serta sejahtera dalam membangun rakyatnya. Ada pula pihak yang mempunyai kewenangan buat menyusun strategi serta memastikan kebijakan pemerintah secara inti yakni anggota legislatif bersama staf– stafnya.

    Hingga dari itu, tidak heran apabila lulusan administrasi negeri sangat pas buat jadi anggota legislatif baik dalam poros pusat maupun wilayah. Berbekal keilmuannya dalam bidang pemerintahan yang sangat baik, diharapkan lulusan administrasi negeri bisa bawa rakyatnya jadi lebih sejahtera lewat roda pemerintahan yang dijalankannya.

    4. Anggota Partai Politik

    Salah satu penggerak roda pemerintahan, antara lain merupakan partai politik. Ya, politik pasti memegang peranan besar dalam pemerintahan yang berjalan. Partai politik bisa jadi wadah untuk siapapun yang mau menyalurkan aspirasinya, bila aspirasinya cocok dengan visi serta misi yang diemban oleh partai politik tersebut.

    Jadi anggota maupun partai politik, pasti wajib mengerti serta paham bagaimana pola pemerintahan yang digeluti oleh negeri Indonesia. Ikut serta aktif mewujudkan visi serta misi kebangsaan lewat partai politik, jadi salah satu prospek kerja untuk lulusan administrasi negeri dengan jadi anggota maupun aktivis di dalam sesuatu partai politik.

    5. Aktivis LSM/ Organisasi Masyarakat

    Lembaga Swadaya Warga (LSM) merupakan lembaga yang secara sukarela membagikan pelayanan kepada warga universal tanpa bertujuan mendapatkan keuntungan dari kegiatannya. Aktivitasnya umumnya membela warga yang tertindas, menolong warga yang tertinggal, yang pada intinya menolong membangun warga supaya bisa hidup sempurna cocok dengan hukum yang berlaku. Begitu pula dengan organisasi warga ataupun Ormas. Ormas merupakan organisasi yang dibangun serta dijalankan dengan berbasis pada warga, tidak bertujuan politis serta dibangun atas dasar sebagian kesamaan kepentingan dalam sesuatu bidang, semacam bidang agama, pembelajaran maupun sosial.

    Terdapatnya LSM dana Organisasi Kemasyarakatan yang butuh dijalankan dengan sesuatu struktur organisasi yang baik, jadi prospek kerja untuk lulusan administrasi negeri. Lulusan administrasi negeri yang dibekali bagaimana menjadikan warga jadi sempurna dengan sesuatu kebijakan yang efisien, dirasa pas buat mengisi LSM maupun organisasi warga secara aktif serta produktif. Keproduktifan lulusan administrasi negeri di dalamnya bisa bawa lulusan tersebut jadi seseorang aktivis.

    6. Jurnalis Pemerintahan/ Politik

    Lulusan administrasi negeri pasti senantiasa dituntut buat peka terhadap isu– isu pemerintahan ataupun politik. Lulusan administrasi negeri pula sudah ditempa buat bisa menganalisa dengan sebaik bisa jadi buat memberi tahu, meningkatkan sampai memberdayakan hasilnya jadi suatu jalur keluar dari permasalahan– permasalahan yang dialami dalam pemerintahan. Keahlian buat peka, mendata dan memberi tahu dalam ruang lingkup pemerintahan tersebut, pula bermanfaat untuk prospek kerja lulusan administrasi negeri yang lain, ialah jurnalis.

    Ya, jurnalis yang bertugas spesial dalam meliput bermacam kabar serta fenomena menimpa politik serta pemerintahan, ialah prospek kerja yang menjanjikan untuk lulusan administrasi negeri. Pekerjaan ini sangat pas sebab tidak hanya pintar menganalisis, lulusan administrasi negeri pula tentu sudah memahami modul– modul dasar dari fenomena politik maupun fenomena pemerintahan yang diliputnya.

    7. Konsultan Pemerintahan

    Jalannya roda pemerintahan pasti hadapi bermacam tipe hambatan. Supaya hambatan tersebut lenyap serta kerja pemerintahan bisa berjalan dengan baik, hingga hambatan serta permasalahan– permasalahan yang mengusik juga wajib lekas dipecahkan. Tugas membagikan pemecahan, masukan, maupun merumuskan strategi yang dirancang supaya pemerintahan bisa berjalan dengan baik, merupakan tugas dari konsultan pemerintahan. Ya, kerapkali konsultan pemerintahan diperlukan buat menanggulangi permasalahan– permasalahan spesial dalam pemerintahan.

    Jadi konsultan pemerintahan, pasti sangat pas apabila jadi prospek kerja yang menjanjikan untuk lulusan administrasi negeri. Karenanya jadi konsultan sangat memerlukan strategi– strategi serta pemikiran yang brilian buat membangun pemerintahan yang baik, yang pastinya wajib dilandasi dengan pengetahuan serta teori– teori menimpa pemerintahan. Hingga dari itu, jadi konsultan pemerintahan merupakan salah satu prospek kerja yang sangat diincar oleh para lulusan administrasi negeri.

    8. Tenaga Pendidik atau Dosen

    Menekuni dengan perinci serta merata menimpa ilmu pemerintahan, pasti menjadikan lulusan administrasi negeri sangat memahami seluk beluk dunia pemerintahan baik dari segi teori ataupun instan. Dengan terdapatnya kedalaman pengetahuan atas keilmuan yang dipelajari ini, jadi dosen maupun tenaga pendidik dalam bidang ilmu pemerintahan juga pula jadi prospek kerja dari lulusan administrasi negeri. Melaksanakan transfer ilmu pada orang lain menimpa pemerintahan serta bertujuan buat membangunnya secara bersama– sama, ialah salah satu tugas mulia dari profesi dosen Ilmu Pemerintahan yang dinilai lumayan menjanjikan ini.(Adi)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Mata Kuliah Administrasi Publik
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar