Prospek Kerja Jurusan Manajemen Sumber Daya Perairan

Daftar Isi

    LancangKuning Jurusan budidaya perairan atau juga bisa disebut juga dengan akuakultur. Dalam jurusan ini kamu akan mempelajari yang Namanya segala hal yang berkaitan dengan budidaya perairan seperti ikan laut, ikan air tawar, udang, lobster dan masih banyak berbagai macam jenis hasil perairan lainnya.

    Jurusan yang satu ini bisa dibilang cukup seru, sebab dalam proses pembelajaran yang akan kita dapatkan tidak harus selalu di dalam kelas. Kita akan belajar tentang teknik cara menangkap ikan yang ada di laut, di sungai serta langsung belajar dengan para nelayan ataupun kapal perikanan yang bisa dibilang sudah lumayan besar.

    Berikut ini prospek kerja budidaya perairan:

    Prospek kerja budidaya perairan memang sangat menjanjikan, lulusan ini akan menawarkan beberapa macam pilihan profesi. Jurusan ini cukup identic dengan kegiatan menilai populasi perikanan, mengontrol tempat penetasan ikan, lingkungan budidaya dan memantau serta lebih meningkatkan lingkungan perairan.

    Dari berbagai kegiatan pokok seperti itu, ada beberapa pekerjaan atau profesi yang dapat anda dapatkan setelah lulus dari jurusan ini sebagai berikut:

    1. Akuakulturis

    Menjadi seorang akuakulturis kemungkinan profesi yang akan didapatkan lulusan jurusan budidaya perairan. Akuakulturis merupakan suatu profesi yang mempunyai tugas untuk memahami adanya pertumbuhan, perkembangan serta produksi hewan yang ada di dalam air. Pada dasarnya akuakulturis diperlukan perusahaan perikanan komersial besar, perusahaan riset biologi dan juga lembaga lingkungan negara.

    1. Manager Pembenihan Akuakultur

    Manager pembenihan akuakultur yang akan bertugas untuk memantau segala aspek pembenihan akuakultur juga termasuk kedalam manajemen individu, ikan, infrastruktur dan juga peralatan. Profesi sebagai manager pembenihan akuakultur biasanya akan diperlukan di perusahaan perikanan komersial besar yang akan menghasilkan serta memanen ikan tersebut. bukan hanya itu saja bahkan profesi ini juga bisa dipekerjakan oleh Lembaga lingkungan negara maupun pemerintah.

    1. Teknisi Perikanan

    Menjadi seorang teknisi perikanan akan mempunyai misi ataupun tugas untuk mengawasi dan juga membantu pekerjaan sehari-hari di suatu lokasi perikanan. Begitu banyak tanggung jawab yang dimiliki oleh seorang teknisi perikanan, banyaknya tanggung jawab yang dimiliki akan sesuai dengan penghasilan yang akan didapatkan maka dari itu tidak masalah. Dalam profesi ini biasanya dipekerjakan dengan perikanan milik swasta pemerintah dan juga lembaga negara.

    1. Teknisi Peternakan Air Asin

    Teknisi peternakan air asin di bagian ini akan mempunyai tanggung jawab untuk mengoperasikan pertanian umum juga termasuk memberi makan dan juga merawat ikan yang ditanam atau yang sedang di budidayakan. Profesi ini mempunyai tugas yang sangat penting untuk serta mempertahankan tingkat air asin agar bisa meningkatkan pertumbuhan pada ikan secara optimal.

    1. Teknisi Biologi

    Pada dasar nya teknisi biologi bekerja di laboratorium yang melakukan eksperimen dengan cara mengumpulkan bahan uji dan juga mendokumentasikan hasil percobaan yang akan dianalisa. Teknisi biologi biasanya bekerja untuk membantu para ahli biologi dalam mengumpulkan memelihara serta mengoperasikan peralatan yang ada di laboratorium.

    1. Ahli Biologi

    Kalau didengar dari namanya profesi ini begitu menarik. Profesi ini mempunyai sebuah spesialis dalam bidang studi yang didefinisikan dengan ekosistem atau spesies semacam entomologi, ornitologi, biologi kelautan, atau limnologi. Profesi di bagian ini akan sangat banyak menghabiskan Sebagian masa selama kerja di lapangan.

    1. Ahli Gizi Ikan

    Pada dasarnya ahli gizi ikan mempunyai tugas untuk memberikan informasi tentang ikan-ikan yang sehat, meneliti kandungan gizi yang ada di dalam ikan, memastikan bahwa suatu ikan layak dikonsumsi atau tidak dan masih banyak hal lainnya. profesi ini sangat membutuhkan berbagai bidang seperti Kesehatan masyarakat, sektor swasta, dan juga Pendidikan di bidang penelitian.

    1. Konsultan

    Dengan adanya gelar dan juga ilmu yang telah didapatkan dari jurusan budidaya perairan, anda bisa menjadi seorang konsultan kelautan, lingkungan pesisir dan juga konsultan lainnya yang berhubungan dengan budidaya perairan. Pada profesi ini cukup menjanjikan bahwa menghasilkan gaji yang cukup besar.(Riski)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Prospek Kerja Jurusan Manajemen Sumber Daya Perairan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar