Etika Bisnis dan Profesi Akuntansi

Daftar Isi

    LancangKuning - Perilaku Etika Bisnis | Perilaku adalah suatu tindakan atau aktivitas dari suatu makhluk hidup (manusia) itu sendiri yang mempunyai bentangan arti yang sangat luas antara lain yaitu: berjalan, berbicara, membaca, menulis, bekerja, dan lain sebagainya. Dari penjelasan di atas bisa kita simpulkan bahwa perilaku manusia adalah semua aktivitas atau kegiatan manusia, baik yang diamati oleh pihak luar.

    Sedangkan dalam pengertian umumnya perilaku adalah suatu perbuatan atau tingkah laku yang dilakukan oleh makhluk hidup. Pengertian perilaku dapat dibatasi sebagai keadaan jiwa dan raga untuk berfikir, berpendapat, bersikap, dan berinteraksi yang merupakan suatu refleks dari berbagai macam aspek, baik fisik atau non fisik.

    Bisnis merupakan suatu organisasi atau kegiatan yang menjual barang atau jasa kepada konsumen untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Secara historis atau sejarah kata bisnis berasal dari bahasa Inggris yaitu business, dari kata dasar busy yang berarti “sibuk” dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Memiliki maksud yaitu sibuk mengerjakan kegiatan atau pekerjaan yang mendapatkan keuntungan. Jadi, perilaku bisnis adalah segala Sesuatu perbuatan atau tindakan yang kita lakukan dalam kegiatan usaha atau jual beli baik jasa maupun dalam bentuk barang.

    Etika bisnis terkait dengan masalah penilaian suatu masalah terhadap kegiatan atau perilaku untuk melakukan suatu bisnis yang mengacu pada kebenaran atau kejujuran berusaha (bisnis).  Kebenaran disini adalah etika standar yang dilakukan secara umum atau dapat diterima dan diakui oleh masyarakat, perusahaan, dan individu. Etika bisnis merupakan pola dan berbisnis yang tidak hanya mementingkan laba atau keuntungan saja tetapi juga memperhatikan etika atau sikap.

    Jadi dapat disimpulkan bahwa perilaku etika dalam bisnis adalah segala sesuatu tindakan atau kegiatan yang harus mematuhi prinsip atau aturan yang berlaku dalam menjalankan suatu kegiatan usaha jual beli barang ataupun jasa yang dilakukan seseorang.

    Tujuan Etika Bisnis

    Tujuan etika bisnis adalah sebagai berikut:

    1. Meningkatkan dan memberi kesadaran akan adanya dimensi etis dalam berbisnis, jika sebelumnya kesadaran itu tidak ada dan meningkatkan, jika kesadaran itu sudah ada, tapi masih ragu. Orang yang mendalami etika bisnis ini diharapkan mampu memperoleh keyakinan bahwa etika merupakan segi yang nyata dari kegiatan ekonomi yang perlu diberikan perhatian yang cukup serius.
    2. Membantu para pembisnis untuk menentukan sikap atau perilaku yag tepat pada profesinya.
    3. Agar perkembangan bisnis selalu dalam kondisi yang aman dan sehat.

    Profesi Akuntansi

    Profesi akuntansi merupakan bidang yang banyak diminati oleh banyak orang. Sejarah pernah mencatat sekitar abad ke-14 profesi ini di awali seiring dengan berdirinya usaha dagang dari perdagangan Eropa yang berlayar dan mencatat tiap transaksi uang untuk menghitung untung dan juga rugi. Lalu pada abad ke-15, bangsa Romawi dikenal sebagai pusat dari perdagangan bau seperti Spanyol, Belanda, Inggris, dan Portugis.

    Sejarah perkembangan profesi akuntansi di Indonesia sendiri dimulai pada saat Belanda menginjakkan kaki nya pertama kali di tanah Indonesia, yaitu sekitar tahun 1600-an. Ditemukan juga berbagai bukti di Batavia dan juga di Surabaya adanya instruksi dari gubernur jenderal untuk melakukan pembukuan. 

    Jenis – Jenis Profesi Akuntansi

    Dibawah ini adalah jenis – jenis profesi akuntansi sebagai berikut,yaitu:

    1. SAP Application consultant

    Pekerjaan ini sangat cocok buat kamu yang sudah memiliki sertifikat SAP dan telah mengikuti pelatihan SAP yang memiliki wewenang. Walau biaya untuk mengikuti pelatihan SAP terbilang mahal. SAP adalah tools IT dan manajemen untuk membantu suatu perusahaan merencanakan dan melakukan kegiatan secara efisien dan efektif.

    1. Auditor

    Menjadi Seorang auditor adalah profesi yang sangat menjanjikan dan membuat masa depan kamu cerah. Terlebih jika kalian sudah lulus pendidikan di bidang akuntansi. Pilihan Profesi ini sangat menjanjikan dan cocok untuk dipertimbangkan.(Haikal)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Etika Bisnis dan Profesi Akuntansi
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar