Hubungan Antara Akuntansi Manajemen Dengan Akuntansi Keuangan

Daftar Isi

    LancangKuning - Dalam suatu perusahaan-perusahaan besar terdapat beberapa bagian laporan dalam keuangan yang akan dihasilkan dan dimanfaatkan oleh suatu pihak dari luar yang dapat digunakan sebagai sumber dasar pengambilan sebuah keputusan tentang hubungan yang mereka miliki dengan perusahaan yang sebelumnya sudah bersangkutan satu sama lain. Dan dalam suatu informasi keuangan juga akan dibutuhkan seorang pihak dari luar agar dapa diolah dan disajikan kedalam laporan keuangan yang sudah disediakan sebelumnya oleh pihak akuntansi.

    Manajemen di berbagai jenjang suatu organisasi sebuah perusahaan juga akan memerlukan informasi dari keuangan untuk dapat mengambil keputusan mengenai atau yang terkait dengan perusahaan itu sendiri. Dan bagian yang dipimpinnya melalui orang-orang terdekatnya. Dalam suatu informasi keuangan juga dibutuhkan seorang manajer untuk dapat mengambil suatu keputusan yang akan diolah dan disajikan berdasarkan dengan tipe dari akuntansi manajemen untuk diolah menjadi sebuah hasil yang nantinya akan dibuat menjadi panutan dalam pekerjaan atau urusan akuntansi.

    Dari penjelasan tersebut dapat anda lihat bahwa suatu karakteristik dalam pengambilan keputusan yang dibuat oleh pihak luar dalam perusahaan yang berbeda akan dibuat menjadi komponen yang lebih baik. Hal ini akan berdampak pada sistem pengolahan suatu informasi karena telah menghasilkan informasi keuangan dengan sistem operasi yang berada di dalam akuntasi keuangannya.

    Ada beberapa hubungan antara akuntansi manajemen dan akuntansi keuangan yang dapat anda lihat berdasarkan hubungan antara masing-masing komponen.

    1. Pemakai informasi

    Akuntansi keuangan sebelumnya telah menyajikan suatu informasi keuangan terutama untuk pihak eksternal dari perusahaan yang akan ditempati dalam membuat suatu akuntansi berdasarkan yang anda butuhkan seperti kreditur, pemerintah, investor, organisasi karyawan dan lain-lainnya untuk dapat diolah menjadi apa yang anda harapkan. Sedangkan akuntansi manajemen terutama ditujukan untuk dapat menjalankan suatu manajemen perusahaan dengan mengandalkan suatu informasi yang penting untuk dibuat.

    1. Dasar penyusunan informasi

    Informasi keuangan telah disusun berdasarkan hasil dari suatu prinsip-prinsip sebuah akuntansi yang berlaku pada umum (PABU) sebagai tempat pedoman dalam menjalankan atau pengolahan data keuangan untuk dapat disajikan kepada penggunanya dengan teliti dan baik. Dalam penggunaan suatu prinsip akuntansi ini akan dibutuhkan oleh pihak luar sebagai jaminan bahwa suatu informasi keuangan akan disajikan oleh berbagai pihak dan akan dapat dibandingkan dari satu dengan yang lainnya sehingga mereka dapat membuat suatu keputusan yang relevan dan efektif. Dan sedangkan hasil informasi manajemen tidak akan terikat oleh prinsip-prinsip sebuah akuntansi yang sudah berlaku pada umumnya. Dalam akuntansi manajemen juga tidak akan dapat diatur sebagaimana suatu informasi tersebut telah disajikan berdasarkan keinginan seseorang yang berpihak dalam hal tersebut.

    1. Fokus Informasi

    Informasi yang berada di dalam akuntansi keuangan akan dapat menggambarkan tentang posisi dan kemampuan seorang pengguna keuangan dalam perusahaan secara keseluruhan untuk dapat dipahami terlebih dahulu untuk diinformasikan. Dalam pihak lain juga suatu manajemen akuntansi akan mengolah dan menyajikan informasi dalam keuangan untuk dapat memenuhi suatu keperluan manajer tertentu untuk sebuah perusahaan yang ditempatinya.

    1. Orientasi Informasi

    Di dalam informasi akuntansi keuangan hanya akan dapat mencakup data yang berada di masa lalu atau dulu, sedangkan akuntansi manajemen akan dapat memberikan sebuah informasi yang mencakup data masa yang akan datang dan seterusnya.

    1. Tipe informasi

    Informasi keuangan terutamanya adalah suatu informasi yang telah dinyatakan dengan satuan uang atau berbentuk nilai dari hasil yang didapatkan, sedangkan informasi manajemen akan mencakup informasi yang bersifat keuangan maupun non keuangan dengan berbagai pemahaman yang berbeda.

    1. Ketepatan informasi

    Suatu informasi yang disajikan dalam akuntansi keuangan akan lebih tepat untuk dibandingkan dengan informasi akuntansi manajemen karena sebuah penyusunan suatu informasi akuntansi keuangan akan lebih relatif panjang daripada penyusunan akuntansi manajemen yang akan lebih menekankan pada ketepatan waktu atau bukan ketepatan data dari berbagai situasi yang telah ditentukan.(Pinta).

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Hubungan Antara Akuntansi Manajemen Dengan Akuntansi Keuangan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    100%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar