Keuntungan dan Kelemahan Basis Data

Daftar Isi

    LancangKuning - Basis data ataupun database. Seringkali kita mendengar tentang kata yang disebut basis data ataupun database apabila kita sudah membahas mengenai tentang sistem informasi. Dari kita semua pasti juga ada yang belum tahu tentang basis data, disini kita akan membahas tentang basis data. Basis data atau bisa juga disebut dengan database yang pada dasarnya disebut juga dengan ilmu komputer.

    Kemudian artinya semakin berkembang luas, dengan cara memasukkan hala-hal yang diluar ilmu komputer. Pada basis data disusun dalam basis, kolom, table serta diindeks untuk memudahkan menemukan informasi yang relevan ataupun yang bersangkutan. Data diperbarui, diperluas dan dihapus ketika informasi yang baru saja ditambahkan. Sebagian besar database yang berisi di beberapa table, masing-masing bisa mencakup dari beberapa bidang yang berbeda.

    Fungsi Basis Data

    Sebagian besar masyarakat kemungkinan menganggap database cuman sebagai kumpulan data serta informasi saja. Padahal database memiliki beberapa fungsi lain yang bisa mempermudah pekerjaan seseorang. Pada data basis data tersimpan beberapa suatu objek yang di dalamnya mendukung kumpulan data. Apabila informasi tersebut berupa profil yang orang, maka data yang tersimpan mulai dari nama, alamat, tempat tanggal lahir, jenis kelamin, pekerjaan dan lainnya. Berikut ini ada 6 fungsi dari basis data sebagai berikut:

    1. Pengelompokan Data, lebih mudah diidentifikasikan, lebih mudah digunakan serta dapat dipahami oelh penggunanya. Sebagai contohnya adalah perannya bagi suatu rumah sakit yang akan dikelompokkan dan mengakses Kembali data-data dari pasiennya.
    2. Menjaga duplikasi dan ikonsitensi data. Pada awalnya apabila data yang diinput sudah ada dalamnya database maka komputer akan langsung menginformasikan kepada penggunaan bahwa data tersebut tersebut telah diinput, sehingga bisa menghindari duplikasi.
    3. Mempermudah akses dalam menyimpan dan menghapus data.
    4. Menjaga kualitas data dan informasi data tetap sama pada pada saat diinput maupun sesudah diinput, data juga tidak rusak atau hilang selama penyimpanan di dalam database.
    5. Solusi dalam penyimpanan data konversial yang memakan banyak ruang penyimpanan. Penggunaan database menjadi lebih mudah, sebab memungkinkan sebuah file disimpan secara digital, mengurangi penggunaan kertas dalam jumlah yang banyak.
    6. Mendukung kinerja aplikasi yang memerlukan ruang penyimpanan data sehingga berfungsi dengan cara optimal.

    Manfaat Basis Data (Database)

    Pada era digital ini teknologi informasi basis data ataupun database merupakan asset strategis bagi suatu perusahaan yang harus dijaga, sebab sangat mempengaruhi masa depan bisnis perusahaan tersebut.

    Database ialah tulang punggungnya dari bisnis pada sebuah perusahaan ecommerce, perbankan, sekolah penyedia tiket online, objek dan masih banyak lagi. Pada dasarnya hampir semua perusahaan di dunia menggunakan database sebagai pengunjung aplikasi pada sistem bisnis.

    Komponen Sistem Basis Data

    • Hardware atau perangkat keras. Perangkat keras yang terdapat pada sistem basis data yaitu jaringan, memori offline, memori online serta perangkat pada komunikasi jaringan.
    • Sistem informasi mengendalikan seluruh komponen-komponen yang ada di komputer setelah itu melakukan operasi dasar di dalam komputer.
    • Basis data koleksi dari berbagai data agar data mudah disimpan serta dimanipulasi.
    • DBMS merupakan kumpulan program yang dipakai untuk mengolah dan membuat database.
    • User ataupun Pengguna. Pengguna sendiri bisa dibedakan menjadi tiga tingkatan, yaitu penggunaan mahior, umum serta khusus.

    Kuntungan Sistem Basis Data

    • Data Menjamin

    Sistem basis data memberikan keamanan berupa password serta hak akses cuman bagi pemakainya, hingga orang yang tidak memiliki kepentingan tak bisa mengakses ataupun mengubah data tersebut

    • Integrasi data

    Kerangkapan data harus selalu dijaga sebab data tersebut akan menjadi akurat sesuai dengan pengolahan data.

    • Dapat dipakai secara Bersama

    Data digunakan Bersama sama oleh beberapa program aplikasi pada saat yang bersamaan.

    Kelemahan Sistem basis data

    • Mahal

    Pada penerapannya sistem basis data membutuhkan banyak komponen yang terlibat diantaranya komputer dengan spek yang sangat bagus dan tinggi, tenaga ahli yang akan dibayar harddisk yang memerlukan tempat khusus hal yang tersebut berguna untuk bisa memberikan data yang benar ataupun akurat.

    • Kompleks

    data pada sistem basis data tersambung dengan satu sama dengan lainnya. jika terjadi satu saja perubahan maka hal tersebut bisa mengubah seluruh isi tersebut.

    • Membutuhkan ruang ataupun tempat penyimpanan yang besar

    Basis data membutuhkan tempat penyimpanan yang sangat luas, jika ruang penyimpanan kecil maka akan mempersulit penyimpanan hasil dari proses pengolahan data.

    • Memerlukan Tenaga Spesialis

    Dalam kegiatan pengolahan basis data tidak dapat melaksanakan sembarang orang, memerlukan keahlian yang khusus pada bidang penerapan sistem basis data.(Riski)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Keuntungan dan Kelemahan Basis Data
    Sangat Suka

    75%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    25%

    Komentar