Ruang Lingkup Manajemen Sumber Daya Manusia

Daftar Isi

    LancangKuning - Manajemen sumber daya manusia yaitu suatu proses yang akan menangani berbagai sumber masalah di dalam ruang lingkup karyawan, pegawai, buruh, manajer dan tenaga kerja yang lainnya untuk bisa menunjang aktivitas organisasi ataupun perusahaan demi mencapai tujuan yang telah ditentukan.

    Bagian ataupun unit yang biasanya mengurusi SDM ialah departemen sumber daya manusia atau dalam bahasa inggris nya disebut dengan HRD atau human manajemen sumber daya manusia ialah suatu prosedur yang akan berkelanjutan dengan tujuan untuk memasok suatu organisasi dan perusahaan dengan orang-orang yang tepat untuk ditempatkan pada posisi serta jabatan yang tepat pada saat organisasi memerlukannya.

    Manajemen sumber daya manusia juga menyangkut dengan desain system perencanaan, penyusun karyawan, pengembangan karyawan, pengelolaan karier, evaluasi kinerja, kompensasi karyawan serta hubungan ketenagakerjaan yang baik. Manajemen sumber daya manusia melibatkan semua keputusan serta praktik manajemen yang akan mempengaruhi secara langsung dengan sumber daya manusianya.

    Berikut dibawah ini pengertian manajemen sumber manusia menurut para ahli :

    1. Menurut Melayu SP. Hasibuan

    Manajemen sumber daya manusia ialah ilmu dan seni yang mengatur hubungan serta peranan tenaga kerja agar tetap efektif dan efisien untuk membantu terwujud nya tujuan sebuah perusahaan, karyawan serta masyarakat.

    1. Menurut Henry Simamora

    Manajemen sumber daya manusia yaitu sebagai pengembangan, pendayugunaan, penilaian, dan pemberian balasan jasa serta dalam pengelolaan terhadap individu anggota organisasi ataupun kelompok bekerja. Manajemen sumber daya manusia juga menyangkut dengan desain dan implementasi system perencanaan, penyusunan personalia, pengembangan karyawan, pengelolaan karir, evaluasi kerja, kompensasi karyawan serta hubungan perburuhan yang mulus.

    1. Menurut Achmad S. Rucky

    Manajemen sumber daya manusia ialah penerapan yang secara tepatdan efektif dalam waktu proses akuis, pendayagunaan, pengembangan dan pemeliharaan personil yang dimiliki sebuah organisasi secara efektif untuk dapat mencapai tingkat pendayagunaan sumber daya manusia yang optimal oleh organisasi tersebut untuk mencapai tujuan tujuan nya.

    1. Menurut Mutiara S. Penggabean

    Manajemen sumber daya manusia yaitu proses yang terdiri dari pengorganisasian, perencanaan, dan pimpinan serta pengendalian kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan analisis pekerjaan, evaluasi pekerjaan, pengadaan, pengembangan, kompensasi, promosi serta pemutusan hubungan kerja guna untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

    Ruang lingkup manajemen sumber daya manusia

    Ruang lingkup manajemen sumber daya manusia yaitu suatu proses sistematik guna untuk mencapai perubahan yang diinginkan dalam perilaku karyawan dengan melibatkan hal berikut ini:

    • Human Resources Planning

    Human Resources Planning yaitu perencanaan sumber daya manusia yang sangat dibutuhkan di dalam organisasi atau perusahaan.

    • Job Analysis

    Job Analysis yaitu menganalisa dan menjelaskan dengan secara rinci mengenai masing-masing pekerjaan ataupun jabatan di dalam suatu perusahaan atau organisasi.

    • Recruitment and Selection

    Recruitment and Selection yaitu perekrutan serta penyeleksian karyawan yang akan dibutuhkan sesuai dengan syarat, system, tata cara dan proses yang telah ditentukan.

    • Orientation and Induction

    Orientation and Induction yaitu yang memperkenalkan perusahaan, budaya, nilai serta etika dalam bekerja

    • Performance Appraisal

    Performance Appraisal yaitu penilaian presentasi serta kinerja karyawan guna yang melakukan promosi, demosi, transfer serta pemberhentian kerja

    Fungsi Manajemen

    1. Perencanaan

    Perencanaan yaitu usaha sadar dalam waktu pengambilan keputusan yang telah diperhitungkan secara matang tentang hal hal yang akan dikerjakan di masa yang akan datang dan oleh sebuah perusahaan ataupun organisasi dalam rangka pencapaian tujuan yang telah dilakukan sebelumnya.

    1. Rekrutmen

    Menurut Schermerhorn, pada tahun 1997 Rekrutmen yaitu proses untuk penarikan sekelompok kandidat untuk mengisi posisi yang kosong. Perekrutan yang baik dan efektif akan membawa peluang pekerjaan kepada perhatian dari orang orang yang berkemampuan serta keterampilan nya dan memenuhi spesifikasi pekerjaan.

    1. Seleksi

    Seleksi tenaga kerja yaitu sebuah proses yang menemukan tenaga kerja secara tepat dari sekian banyaknya kandidat ataupun calon yang ada. Tahap awal yang perlu dilakukan yaitu setelah menerima berkas lamaran ialah melihat daftar riwayat hidup, cv, serta curriculum vitae milik pelamar. Kemudian dari cv pelamar dilakukan nya penyortiran di antara pelamar yang akan dipanggil dengan yang gagal untuk memenuhi standar suatu pekerjaan.(Delia)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Ruang Lingkup Manajemen Sumber Daya Manusia
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar