Mata Kuliah Jurusan Ilmu Komunikasi

Daftar Isi

    LancangKuning - Kalian semua pasti tahu dan setuju kalau kehidupan kita ini tidak lepas dari yang namanya berkomunikasi. Berbicara dengan teman itu juga termasuk berkomunikasi yang bahkan saat kamu memberikan kode dan mengabari pacar kalian sekalipun juga termasuk kegiatan berkomunikasi.

    Jurusan ilmu komunikasi ini merupakan bidang studi yang mempelajari komunikasi yang ada di berbagai tingkatan, mulai dari setiap individu, media, membuat iklan, komunikasi sosial hingga seni. Ilmu komunikasi berhubungan erat dengan suatu masalah yang fundamental yang ada dari hubungan antara manusia dengan sesamanya dalam sebuah perkumpulan masyarakat.

    Ilmu komunikasi itu merupakan ilmu yang cara manusia berkomunikasi dan berhubungan atau berinteraksi dengan bahasa yang verbal maupun nonverbal. Komunikasi sendiri atau monolog itu adalah suatu proses dimana seseorang atau dua orang, sekelompok orang, berorganisasi, dan masyarakat yang bisa menciptakan dan menggunakan informasi agar bisa terhubung dengan lingkungan dan orang lain. Awalnya, komunikasi itu dilakukan secara lisan atau verbal yang bisa dimengerti oleh di masing – masing pihak. Apabila tidak ada bahasa verbal yang bisa dimengerti oleh masing – masing itu, komunikasi masih dapat dilakukan yang digunakan gerak – gerik tubuh yang menunjukkan sikap tertentu, misalnya pada saat kita tersenyum, saat kita menggelengkan kepala, mengangkat bahu, dan lain – lain yang bisa kita lakukan. Cara seperti yang disebutkan tadi itu adalah cara berkomunikasi dengan menggunakan bahasa yang nonverbal.

    Mata Kuliah Jurusan Ilmu Komunikasi

    1. Jurusan Pengantar Ilmu Komunikasi (ILKOM)
    2. Jurusan Teori Ilmu Komunikasi (ILKOM)
    3. Jurusan Sosiologi Komunikasi
    4. Jurusan Komunikasi Massa
    5. Jurusan Psikologi Komunitas
    6. Jurusan Komunikasi Keorganisasian
    7. Jurusan Komunikasi Antar Pribadi
    8. Jurusan Teknologi Komunikasi
    9. Jurusan Metode Penelitian Komunikasi
    10. Jurusan Pengantar Ilmu Jurnalistik
    11. Jurusan Filsafat Komunikasi
    12. Jurusan Komunikasi Politik
    13. Jurusan Hukum Etika Pers
    14. Jurusan Public Relations
    15. Jurusan Media Relations
    16. Jurusan Manajemen Media Massa
    17. Jurusan Komunikasi Lintas Budaya
    18. Jurusan Komunikasi International
    19. Jurusan Public Speaking
    20. Jurusan Teknik Wawancara Cetak dan Elektronik
    21. Jurusan Penulisan Naskah Film dan Tv
    22. Jurusan Ekonomi Politik Media
    23. Jurusan Jurnalistik Online
    24. Jurusan Penulisan Feature
    25. Jurusan Komunikasi Grafis
    26. Jurusan Komunikasi Grafis
    27. Jurusan Fotografi
    28. Jurusan Jurnalistik Radio
    29. Jurusan Kajian Iklan
    30. Jurusan Teknik Presentasi dan Negosiasi
    31. Jurusan Perkembangan Teknologi Komunikasi

    Sangat banyak keuntungan yang didapat atau diperoleh yang ada di jurusan itu yang jika sudah menjadi seseorang lulusan. Contohnya seperti berikut :

    1. Ilmu komunikasi itu tidak akan mengingat oleh waktu, karena dimanapun orang itu berapa, kapanpun, setiap saat komunikasi selalu mereka perlukan.
    2. Seorang lulusan yang sudah lulus dari jurusan ini, mereka dijamin akan punya kemampuan untuk menulis, berbicara dan sekalian juga mendengarkan yang mumpuni.
    3. Pada saat kamu sudah lulus, kamu tidak pusing untuk memikirkan kerja apa dan kerja dimana. Karena prospek kerja yang ada di media ini terbuka lebar untuk seseorang yang sudah lulus di jurusan Ilmu Komunikasi ini, mulai dari media TV, radio, Koran, digital sampai ke digital yang membutuhkan Sarjana Komunikasi.
    4. Lulusan dari jurusan ilmu komunikasi ini dibutuhkan oleh perusahaan yang ada di dunia, khususnya di divisi public relations. Karena tugas di perusahaan itu memiliki peranan yang cukup vital sebagai contoh ujung tambah pada perusahaan dalam melakukan sebuah berkomunikasi dengan pihak lain. Selain itu juga divisi marketing juga ada yang membutuhkan jurusan ini.
    5. Kesempatan untuk melanjutkan untuk melakukan studi ke jenjang pascasarjana yang begitu besar dengan beragam pilihan di bidang minat.(Yazid)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Mata Kuliah Jurusan Ilmu Komunikasi
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar