Hubungan Sistem Pengendalian Manajemen dengan Tata Kelola Perusahaan

Daftar Isi

    LancangKuning - Sistem pengendalian manajemen adalah suatu sistem yang sangat mengarah pada pengendalian kegiatan ataupun aktivitas dengan dimonasi yang tinggi serta menyeluruh untuk memperoleh kepercayaan bahwa strategi dan kinerja perusahaan yang sudah dilakukan secara yang efektif dan juga efesien.

    Pelaksanaan pada pengendalian manajemen tersebut telah mencangkup beberapa aspek dari aktivitas ataupun kegiatan seperti: perencanaan operasional perusahaan, koordinasi kegiatan, pengendalian kegiatan, pembinaan dan juga pelaksanaan kegiatan. Tetapi dalam sebuah pengertian sitem pengendalian manajemen yang lain, sistem pengendalian manajemen tersebut diartikan dengan sebagai suatu alat ataupun tools yang menjadi sebuah implementasi pada strategi. Fungsinya adalah untuk menambah motivasi pada para anggota organisasi bertujuan untuk bisa mencapai target yang ingin dituju.

    Sistem pengendalian manajemen ini juga merupakan alat bantu yang memiliki sebuah sifat mengarang seluruh kegiatan yang sudah diproses oleh para petugas untuk mencapai suatu target ataupun tujuan usaha pada perusahaan.

    Karakteristik Sistem Pengengdalian Manajemen

    Suatu sistem pengendalian manajemen dalam sebuah organisasi tersebut harus memenuhi beberapa karakteristik seperti :

    1. Sistem pengendalian manajemen diharuskan selaras dengan strategi dan juga tujuan organisasi. Sistem control pada manajemen ini setelah itu memerlukan membuat sesuai dengan struktur organisasi dan bertanggung jawab dalam suatu pengambilan keputusan manajemen manajer individual.
    2. Sistem pengendalian manajemen harus efektif dalam memotivasi seorang manajer dan juga karyawan di dalam berusaha pada arah pencapaian tujuan organisasi yang dilakukan dengan segala macam cara penghargaan yang berkaitan ataupun berhubungan dengan pencapaian tujuannya tersebut.

    Konsep Sistem Pengendalian Manajemen

    Penjelasan terhadap konsep dari sistem pengendalian manajemen diuraikan seperti sistem, Pengendalian, elemen pengendalian, konsep manajemen dan masih banyak lagi. Saya akan menjelaskan sedikit dari beberapa konsep manajemen yang diuraikan sebagai berikut:

    • Sistem

    Sistem tersebut Memiliki dua elemen yaitu:

    1. Formal : Memiliki struktur, Memiliki prosedur, Memiliki kebijakan.
    2. Informal : Tidak tertulis, Bersifat pribadi, Tidak memiliki prosedur dan juga tidak secara sistematis.
    • Pengendalian

    Pengendalian merupakan salah satu proses penetapan yang standar dengan cara menerima umpan balik itu yang berupa kinerja sesungguhnya serta juga mengambil suatu Tindakan yang diperlukan jika kinerja yang sebenarnya berbeda signifikan dengan standar.

    • Elemen Pengendalian:

    1. Detektor ataupun sensor, mengamati serta mengindentifikasikan apa yang sedang terjadi.
    2. Asesor ataupun bisa disebut juga dengan membandingkan dengan kenyataan.
    3. Efektor, melakukan suatu Tindakan perbaikan dari tindakan penyimpangan yang akan dilakukan.
    4. Jaringan komunikasi menghubungkan antara detector, assessor dan juga efektor.
    • Konsep Manajemen

    Konsep manajemen merupakan seni untuk mencapai tujuan dengan cara melalui tangan orang lain. Proses perencanaan, kepemimpinan, pengendalian serta pengawasan.

    Proses Sistem Pengendalian Manajemen

    Adapun proses ataupun tahap-tahapan pengendalian manajemen sebagai Berikut:

    1. Perencanaan Strategis
      Perencanaan ini menjadi sebuah proses pada pengambilan keputusan atas program utaama yang akan dilaksanakan oeh suatu organisasi dalam menerapkan strateginya serta untuk menerapkan sebuah jumlah sumber daya yang akaan disediakan.
    2. Evaluasi kerja
      Pada evaluasi kerja merupakan suatu proses mengadakan perbandingan antara beban actual yang seharusnya terjadi pada keadaan tersebut.
    • Tata Kelola Perusahaan

    Fungsi tata Kelola perusahaan dalam bidang bisnis yang bergerak dengan cepat dan gesit memang tidak bisa dianggap remeh. Tata Kelola perusahaan sangat penting untuk menentukan pada batas kompetisi baru serta mendatangkan keuntungan yang sangat banyak. Walaupun tata Kelola perusahaan adalah hal yang sangat penting bagi para pengambil bijakan, investor dan pihak penting lainnya, belum pasti perusahaan akan memberlakukannya secara konsisten. Kebijakan tata Kelola perusahaan pasti berbeda satu sama lain. Tetapi mayoritas praktik bisnis yang akan dilakukan cenderung seragam. Tata Kelola perusahaan berdampak pada semua aspek organisasi, mulai dari urusan komunikasi kepemimppinan serta pengambilan keputusan strategis.(Riski)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Hubungan Sistem Pengendalian Manajemen dengan Tata Kelola Perusahaan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar