Perkembangan Sistem Informasi

Daftar Isi

    LancangKuning - Pengembangan sistem informasi adalah definisikan sebagai aktivitas untuk menghasilkan sistem informasi yang berbasis komputer. Manusia mulai dipertemukan pada sebuah informasi sejak dahulu kala sekitar 3000 tahun yang lalu sebelum masehi atau jika dihitung setelah lebih dari 5000 tahun yang lalu. Cara untuk mempertukarkan sebuah informasi adalah dengan cara menuliskannya pada suatu benda seperti batu, kayu, papirus atau tanah liat.

    Sejarah dari perkembangan sistem informasi dimulai dari sini tanpa ada langkah yang harus dilakukan oleh manusia kuno ini tidak akan ada perangkat teknologi yang sangat canggih seperti komputer dan telepon seluler.

    • Periode pertama: Pra Mekanik

    Pada periode ini komunikasi menggunakan simbol untuk menyampaikan suatu informasi. Pada tahun 3000-2000 sebelum masehi manusia menggunakan gambar juga untuk menyampaikan suatu pesan. Contohnya seperti bangsa Fenisia dari mendiami Timur Tengah yang menciptakan model yang sama. Bangsa Yunani Kuno mengadaptasi sebuah simbol milik bangsa Fenisia dengan menambahkan huruf vokal yang akan membuatnya dengan mudah digunakan. Setelah itu dari bangsa Mesir Kuno yang menciptakan suatu sistem angka sehingga akan mengarahkannya pada penemuan alat bantu hitung yang sering disebut dengan abakus.

    • Periode kedua: Mekanik

    Dimana orang sudah menggunakan peralatan untuk menyimpan, mengelola dan merekam sebuah informasi. Salah satu penemuan yang terpenting dalam masa ini adalah mesin cetak Gutenburg dari Jerman. Penyampaian sebuah informasi akan menjadi lebih mudah dikarenakan dari mesin pencetak dapat memproduksi suatu tulisan yang sama dalam jumlah yang sangat besar. Pada tahun 1600 komputer atau mesin hitungan yang pertama kali diciptakan oleh Blaise Pascal. Komputer ini disebut sebagai Pascaline dan dianggap sebagai titik awal dari mesin untuk menggantikan otak manusia dalam menghitung sebuah informasi data.

    • Periode ketiga: Elektromekanik

    Pada periode ini pula diciptakannya sebuah telepon dan kode Morse untuk digunakan dalam sebuah komunikasi jarak jauh secara langsung. Kemudian diperkenalkannya komputer permata yang akan digunakan untuk menyimpan program dan data pada awal 1948. Komputer tersebut adalah Dubbed Manchester Mark 1. Komputer ini adalah awal dari penemuan teknologi selanjutnya yang sekarang akan menjadi komputer, laptop, table dan smartphone.

    Perkembangan sistem informasi di Indonesia

    Sistem adalah kumpulan dari elemen yang berintegrasi untuk mencapai suatu tujuan tertentu sedangkan informasi adalah data yang lebih diolah menjadi bentuk yang lebih berarti bagi penerimanya dan bermanfaat dalam mengambil suatu keputusan saat ini atau mendatang (Davis, 1999), informasi dapat menggambarkan kejadian nyata yang digunakan untuk pengambilan keputusan.

    Profesi yang dapat diketahui oleh lulusan sistem informasi adalah:

    • Programmer adalah orang yang menulis kode atau koder baik yang menguasai satu atau beberapa bidang dalam suatu program dan melakukan suatu pekerjaannya dalam mengembangkan suatu website atau aplikasi dari internet yang berbasis web.
    • Entrepreneur in IT Business merupakan profesi sebagai wirausahawan yang bergerak di bidang bisnis teknik informasi atau informatika.
    • System dari analis merupakan seseorang yang akan bertanggung jawab atas suatu penelitian, perencanaan, pengkoordinasian dan untuk merekomendasikan suatu pemilihan dari perangkat lunak dan sistem yang paling sesuai dengan kebutuhan dari organisasi bisnis atau sebuah perusahaan.
    • Auditor sistem informasi merupakan proses dari pengumpulan dan penilaian bukti-bukti untuk menentukan apakah sistem komputer akan dapat mengamankan suatu aset yang pemeliharaan dari integrasi data, yang dapat mendorong suatu pencapaian dari tujuan organisasi secara efektif dan menggunakan sumber daya secara efesien.
    • Web Developer adalah seseorang yang menciptakan sebuah aplikasi yang berbasis web dengan menggunakan bahasa dari pemrograman.
    • Is project manager adalah profesi yang akan bertanggung jawab untuk memberikan suatu laporan mengenai rencana dan program ada kepada user, manajer dari tingkat atas dan kepada siapa saja yang akan memerlukan.
    • Web designer adalah seseorang yang akan bekerja dengan unsur-unsur visual pada suatu dari halaman web. Dia adalah orang yang akan membuat wajah halaman dari web akan tampak begitu cantik.(Lisdayani)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Perkembangan Sistem Informasi
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar