Amazon vs Tokopedia

Daftar Isi

    LancangKuning - Amazon ialah perusahaan teknologi multinasional Amerika yang berbasis di Seatle, Washington, yang terfokus pada e- commerce, komputasi awan, streaming digital, serta kecerdasan buatan. Perusahaan ini dianggap sebagai salah satu perusahaan teknologi Big Four bersama dengan Google, Apple dan Facebook.

    Amazon dikenal karena gangguannya terhadap industry yang mapan melewati inovasi teknologi dan skala massa. Perusahaan ini akan menjadi pasar e- commerce terbesar di dunia, asisten penyedia Al, dan platform cloud computing yang diukur dengan pendapatan dan kapitalisasi pasar. Amazon ialah perusahaan internet dengan pendapat yang paling besar di dunia.

    Ini merupakan perusahaan swasta yang paling terbesar nomor dua di Amerika Serikat dan salah satu perusahaan yang paling bernilai di dunia. Amazon merupakan perusahaan teknologi yang paling besar nomor dua berdasarkan pendapatan.

    Amazon didirikan oleh Jeff Bezos pada tanggal 5 Juli 1994 di Bellevue, Washington. Perusahaan ini mulanya di mulai sebagai pasar online buku tetapi setelah itu di perluas untuk menjual barang-barang elektronik, perangkat lunak, video game, pakaian, furniture, makanan, mainan, serta perhiasan. Pada tahun 2015, Amazon melampaui Walmart sebagai pengencer yang paling berharga di Amerika Serikat dengan kapitalisasi pasar. Di tahun 2017, Amazon mengakuisisi Whole Foods Market senilai $13,4 Miliar.  Dan di tahun 2018, Bezs mengumumkan bahwa layanan pengiriman dua hari, Amazon Prime, telah melewati 100 juta pelanggan di seluruh dunia.

    Amazon mendistribusikan unduhan dan streaming video, music, buku audio melewati Amazon Prime Video, Amazon Musik, serta  Anak Perusahaan Audible. Amazon juga mempunyai cabang penerbitan, Amazon Publishing, studio film dan televise, Amazon Studios, serta anak perusahaan cloud computing, Amazon Web Service. Ini menghasilkan elektronik konsumen termasuk Kindle e- reader, Fire tablet, Fire TV serta perangkat lunak Echo.

    Kelebihan Amazon

    • Mempunyai banyak member yang sering berbelanja secara online, sehingga berkemungkinan untuk mendapatkan keuntungan dari program Amazon yang sangat besar.
    • Produk yang dijual sangat banyak, sebagai publisher tidak akan kehabisan ide untuk memilih jenis produk yang akan dipromosikan sebab pilihan produknya sangat banyak, bisa di katakan hampir seluruh produk bisa dibeli melalui Amazon.
    • Detail produk yang akan dijual juga sangat lengkap sehingga dapat memudahkan kita untuk menganalisa produk dari mana saja yang paling laris di pasar serta produk apa saja yang mendapatkan rating kurang baik dari pembeli.

    Kekurangan Amazon

    • Tidak bisa negosiasi harga setelah di deal

    Dahulu Amazon menawarkan perlindungan harga pada konsumen. Jika harga suatu produk turun setelah konsumen terlanjur transaksi bisa mendapatkan pengembalian uang dari kekurangannya.

    • Banyak barang mahal

    Di Amazon yaitu sumber toko online untuk mendapatkan harga yang paling rendah, akan tetapi tidak semua yang ada di dalam Amazon akan menjamin hal itu.

    • Ada ulasan palsu

    Walaupun Amazon merupakan toko online yang sudah lama berdiri, jangan lah pula kamu mudah percaya saat membaca ulasan yang ada di sana karena pada kenyataannya Amazon mempunyai ulasan yang palsu serta menyesatkan untuk para pelanggan.

    Tokopedia

    Tokopedia yaitu perusahaan perdagangan elektronik atau biasa disebut dengan toko daring. Tokopedia resmi diluncurkan pada tanggal 17 Agustus tahun 2009 dibawah naungan PT Tokopedia yang didirikan oleh Wiliam Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison pada tanggal 06 Februari 2009. Sejak resmi diluncurkan, PT Tokopedia telah berhasil menjadi salah satu perusahaan internet Indonesia dengan pertumbuhan yang sangat pesat.

    Di tahun 2016, Tokopedia menghadirkan produk teknologi finansial. Produk Fintech Tokopedia terdiri dari dompet digital, investasi terjangkau, kredit modal bisnis, kartu kredit virtual, produk proteksi, skoring kredit yang berdasarkan data untuk produk pinjaman, investasi, dan layanan keuangan dan lain lainnya.

    Pada tahun 2017, Tokopedia meluncurkan produk Deals untuk dapat membantu masyarakat Indonesia agar mendapatkan penawaran terbaik dari delapan kategori, termasuk dengan Travel dan Activity. Produk ini untuk membantu bisnis secara offline melebarkan sayap secara online melalui Tokopedia.

    Dan di tahun 2019, Tokopedia meluncurkan lagi jaringan Gudang Pintar bernama TokoCabang di tiga kota yaitu Jakarta, Bandung dan Surabaya. Ini bertujuan untuk membantu para penjual di marketplace tersebut untuk memenuhi pesanannya.

    Kelebihan Tokopedia

    • Aplikasi ini memiliki tampilan yang ringan dan mudah untuk digunakan
    • Situs ini merupakan salah satu yang bisa diunduh dengan gratis
    • Waktu untuk loadingnya pun tergolong singkat

    Kekurangan Tokopedia

    • Tokopedia belum menyediakan fitur diskon dengan batas kadaluarsanya
    • Marketplace ini belum memiliki fitur blacklist baik untuk penjual ataupun pembeli
    • Error yang sering terjadi pada situs resmi dan aplikasi marketplace.(Delia)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Amazon vs Tokopedia
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    100%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar