Beda Aplikasi Kasir Online dan Offline

Daftar Isi

    LancangKuning  - Sejak adanya teknologi internet serta digunakan untuk umum, oleh karena itu industry aplikasi ataupun software menikmati dalam kehadiran aplikasi-aplikasi yang berjalan online dibandingkan aplikasi sebelumnya yang hanya berjalan offline.

    Aplikasi kasir yang ada juga ikut berevolusi dari aplikasi offline menggunakan komputer desktop akan menjadi aplikasi online apalagi dengan telah tersedianya aplikasi kasir dalam platform android ataupun ios. Disini kita akan membahas perbedaan, kelebihan dan kekurangan dari aplikasi kasir yang agar tidak salah dalam memilih kebutuhan aplikasi kasir yang sesuai.

    Alangkah baiknya kita mengetahui dulu apa kegunaan dari aplikasi kasir tersebut. aplikasi kasir merupakan software yang di pakai oleh toko-toko yang berfungsi sebagai membantu transaksi layaknya mesin kasir pada toko ritel tetapi kegunaannya lebih canggih dibandingkan mesin kasir, aplikasi kasir berfungsi sebagai mencatat penjualan, mencatat order barang, membantu menghitung profit per item yang telah terjual, pembelian barang, perhitungan stok dan lain-lain. Saat nya kita membahas tentang perbedaan, kelebihan dan kekurangan dari aplikasi kasir.

    Aplikasi Kasir offline

    Yang dimaksud dengan aplikasi kasir offline itu adalah aplikasi kasir yang dipakai pada suatu toko, transaksi penjualan yang di-input cuma tersimpan di mesin kasir tersebut ataupun kalau ada beberapa kasir dengan satu toko. Data-data tersebut hanya tersimpan pada server di tokonya. Dikatakan aplikasi kasir offline sebab sistem tidak terkoneksi keluar jaringan toko misalnya pada server kantor pusat.

    Kelebihan Sistem Sistem kasir offline

    • Transaksi lebih cepat sebab semua data tersimpan offline.
    • Transaksi bisa dilakukan tanpa memakai koneksi jaringan keluar toko.

    Kekurangan aplikasi kasir sistem offline

    • Jika kamu mempunyai lebih dari satu lokasi, maka akan sulit melihat laporan secara langsung, kamu harus datang langsung ke toko ataupun data dikirimkan ataupun data dikirimkan dalam periode tertentu.
    • Sulit untuk melakukan standardisasi misalnya kita akan melakukan perubahan harga pada barang misalnya seperti minuman Cocacola kaleng 330ml. kamu harus memberitahukan masing-masing tim di toko, untuk melakukan update harga.
    • Sulit pada saat mengontrol terhadap toko khususnya pada perubahan harga jual harus serta bisa dilakukan dari toko masing-masing sehingga rawan kesalahan serta penipuan.

    Aplikasi kasir sistem online

    Adanya aplikasi kasir online tidak terlepas dari perkembangan teknologi komunikasi dan infrastruktur sampai saat ini untuk menghubungkan satu perangkat komputer ke perangkat lainnya hal yang sangat umum. Sama dengan kita membicarakan tentang perangkat mobile android atau ios yang pada dasarnya sudah terkoneksi secara otomatis ke jaringan internet. Dengan aplikasi kasir online, kita biasanya mengetahui bahwa kasir yang ada di toko-toko yang tersebar seluruhnya terkoneksi khususnya ke kantor pusat. Data-data tersebut akan tersentralisasi.

    Kelebihan aplikasi kasir sistem online

    • Transaksi yang diproses di toko, maka bisa langsung terbaca di kantor pusat maupun ke toko lainnya apabila diberikan hak aksesnya.
    • Pengontrolan serta standarisasi terhadap data bisa terjaga dengan baik. Seperti kita menambah satu barang ataupun produk baru maka akan diinput dikantor pusat, lalu data itu akan sama tersebar ke semua toko yang terkoneksi.

    Kelemahan sistem kasir online:

    • Pada saat transaksi diproses, mesin kasir kamu harus selalu terhubung dengan jaringan koneksi kekantor pusat ataupun ke internet. Pada saat jaringan kamu bermasalah, maka kamu tidak akan bisa melakukan input transaksi dan hal ini bisa sangat beresiko menimbulkan penipuan atau. Transaksi tidak diinput pada saat jaringan sudah berjalan Kembali.
    • Kamu harus terus untuk memperhatikan volume datanya. Misalnya berapa besar data produk kamu? Beberapa retail seperti fashion bisa mempunyai mulai puluhan ribu, ratusan ribu hingga menurut pengalaman kami sampai jutaan master produk yang sering disebut dengan SKU (stock keeping unit). Menggunakan sistem online harus menjadi perhatian kamu besarnya kebutuhan jaringan dengan volume data anda. Termasuk berapa besar data transaksi yang akan dikirimkan segera setiap transaksi diproses. Sebab hal ini agar menghindari sistem berjalan tidak sesuai dengan yang diharapkan serta menyebabkan antrian panjang yang berakibat pada hilangnya penjualan.
    • Membutuhkan biaya tambahan untuk jaringan internet yang harus bekerja terus menerus, selama toko beroperasi.(Riski)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Beda Aplikasi Kasir Online dan Offline
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar