Perbedaan Jurusan matematika dengan Pendidikan Matematika

Daftar Isi

    LancangKuning  - Banyak anak yang enggan masuk jurusan yang berbau rumus dan angka karena takut tidak dapat memahami materi dengan baik. Padal seluruh aspek kehidupan membutuhkan ilmu Matematika, jika kamu suka dengan materi perhitungan wajib memilih jurusan yang berkaitan dengan Matematika baik dengan terapan ataupun murni. Bagi kamu yang ingin menjadi tenaga pendidik, bisa memilih jurusan Pendidikan matematika dan matematika murni agar kamu dapat memilih jurusan yang tepat.

    Mengenal Jurusan Pendidikan Matematika

    Pendidikan Matematika yaitu salah satu dari beberapa program studi yang ada di bawah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Di Prodi pendidikan Matematika akan diajarkan teori-teori kependidikan yang menyangkut metode pembelajaran matematika, perencanaan pengajaran, serta evaluasi pengajaran.

    Di kampus Tingkat kabupaten, daerah ataupun di tingkat provinsi, kamu bisa menemukan banyak jurusan pendidikan Matematika dengan mudah, Berikut 5 hal tentang Pendidikan Matematika yang wajib kamu ketahui lebih dulu yaitu :

    1. Ruang Lingkup
      Fakultas Keguruan dan ilmu Pendidikan membawahi jurusan Pendidikan Matematika yang pas untuk kamu dengan rakus.
    2. Mata Kuliah
      Tentunya kamu akan mempelajari tentang mata kuliah Matematika seperti Aljabar, geometri, kalkulus, statistika, dan lainnya. Kamu juga belajar bidang ilmu lain termasuk materi tentang mengatur seperti profesi keguruan, kode etik guru dan sebagainya.
    3. Gelar
      Setelah kamu bisa menempuh Strata satu, kamu bisa mendapatkan sebuah gelar yaitu sarjana pendidikan Matematika atau S.Pd
    4. Peluang Kerja
      Potensi kerja lulusan Pendidikan Matematika adalah guru, dosen serta ahli Matematika. Kamu akan bisa memperoleh gaji yang sesuai dengan standar seorang pendidik di Indonesia.
    5. Karakter Siswa yang Sesuai Jurusan
      Lebih baiknya lulusan IPA memilih jurusan Pendidikan Matematika untuk mencetak calon guru professional. Ada beberapa karakter siswa yang dibutuhkan seperti berikut ini, contohnya seperti teliti, rasional, independen, punya keterampilan komunikasi, kreatif, dan lain sebagainya. Lulusan pendidikan harus mempunyai tingkat kreativitas dalam mengajar murid kelak.

    Kenapa Kamu Memilih Jurusan Ini?

    Prodi ini cocok untuk kamu yang suka matematika, tapi juga punya passion untuk mengajar. Banyak siswa yang merasa kalau matematika itu pelajaran yang cukup rumit dan sulit. Oleh karena itu, dalam mengajarpun dibutuhkan kreativitas untuk menemukan metode belajar yang lebih seru dan efektif agar matematika tidak lagi di anggap sulit.

    Mata Kuliah Jurusan Pendidikan Matematika

    • Aljabar Linear
    • Aljabar Matriks
    • Analisis Numerik
    • Analisis Real
    • Analisis Regresi
    •  Analisis Vektor
    • Fungsi Variabel Kompleks
    • Geometri Analitik
    • Geometri Bidang
    • Dan lain-lain

    Prospek Kerja Jurusan Pendidikan Matematika

    Lulusan dari prodi Pendidikan matematika sudah dipersiapkan untuk menjadi guru atau pengajar matematika di tingkat SMP atau SMA. Salin itu lulus dari prodi ini, kita juga bisa menjadi entrepreneur handal di bidang pendidikan, karena mempunyai latar belakang ilmu pendidikan, memungkinkan kamu untuk membuka bimbingan belajar, les, ataupun privat matematika sebagai alternative belajar siswa di luar sekolah.

    Apa itu jurusan Matematika

    Para Mahasiswa di program studi Matematika akan mempelajari matematika murni contohnya seperti aljabar, geometri, dan analisis matematika. Bahkan para mahasiswa juga bisa berpeluang agar bisa mempelajari komponen yang ada seperti statistika, komputasi, aktuaria, dan riset operasi. Walaupun pelajaran matematika ini sudah begitu dikenal oleh setiap orang yang ada di dunia, program studi matematika ini kurang mendapatkan minat yang banyak seperti jurusan yang lain yang ada. Bukan hanya prospek karier yang masih sangat terbatas, tetapi mata kuliah ini juga kerap dianggap rumit apalagi manusia itu kurang suka menghitung. Namun sebenarnya, jurusan matematika ini juga mempelajari banyak sekali hal yang tidak hanya sekedar perhitungan rumus-rumus, tetapi banyak hal yang diperlukan lainnya.

    Kenapa kamu Memilih Jurusan Ini?

    Jika kamu berminat dengan dunia hitung menghitung dan memiliki skill kemampuan analisis yang kuat, maka program studi matematika bisa menjadi pilihan yang tepat buat kamu. Di program studi ini kamu akan diajak membongkar serta membuktikan teorema-teorema matematika ini yang kita kenal selama ini.

    Mata Kuliah Jurusan Matematika

    • Dasar-dasar Matematika
    • Kalkulus
    • Metode Numerik
    • Algoritma dan Pemrograman
    • Aljabar Linear Elementer.(Tina)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Perbedaan Jurusan matematika dengan Pendidikan Matematika
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar