Beda Jurusan Sistem Informasi dan Teknik Informatika

Daftar Isi

    LancangKuning - Di dunia yang serba canggih ini, jurusan komputer menjadi paling banyak di gemari saat ini setelah jurusan akuntansi, kedokteran, dan hukum. Beberapa jurusan komputer yang umum di gunakan yaitu jurusan sistem informasi dan teknik informatika.

    Sebagian orang mengatakan kedua jurusan tersebut sama, padahal faktanya kedua jurusan ini berbeda. Selain itu, kurikulum pelajaran kedua jurusan ini sangat berbeda. Lalu apa sajakah perbedaan dari kedua jurusan tersebut? Simak ulasan berikut dengan seksama dan teliti agar tidak salah paham!

    Perbedaan Jurusan Sistem Informasi Dan Teknik Informatika.

    1.  Defenisi Sistem Informasi Dan Teknik Informatika

    Perbedaan jurusan sistem informasi dan teknik informatika yang pertama adalah dari segi definisi atau pengertian. Sistem informasi merupakan sebuah jurusan yang bertujuan untuk mengembangkan teknologi. Contohnya perusahaan ojek online membutuhkan sebuah software aplikasi, maka lulusan sistem informasi akan merancang software yang sesuai dengan permintaan client.

    Untuk kuliah jurusan sistem informasi banyak mempelajari tentang hal-hal yang berkaitan dengan pengarsipan data dan proses pertukaran informasi yang terjadi pada software aplikasi. Sedangkan jurusan Teknik informatika merupakan jurusan pendidikan tingkat perguruan tinggi yang mempelajari dan menerapkan prinsip-prinsip ilmu komputer dan analisis matematis dalam perancangan, pengujian, pengembangan, evaluasi sistem operasi, perangkat lunak (software), dan kinerja komputer.

    Program studi teknik informatika akan melakukan pembahasan terkait pengolahan data dengan memanfaatkan teknologi komputer yang menggunakan prinsip dan konsep logika. Teknik informatika lebih condong kepada praktik atau pembuatan software aplikasi. Selain itu, jurusan teknik informatika banyak yang berkaitan dengan statistika, logika, dan algoritma.

    Segi Kurikulum.

    Perbedaan sistem informasi dan teknik informatika yang ke-dua adalah dari segi kurikulum. Kurikulum sistem informasi didesain untuk menyelaraskan sistem informasi berbasis teknologi canggih dengan strategi bisnis demi kemajuan sebuah perusahaan.

    Di jurusan ini kamu akan belajar tentang jaringan komunikasi data, sistem interaksi, manajemen proyek data, manajemen sistem informasi, analisis dan perancangan sistem informasi, dan lain sebagainya.

    Sedangkan di jurusan teknik informatika, lebih baik kamu mempunyai minta yang besar terkait dengan matematika, karena kurikulum di jurusan tersebut memang terkenal dengan logika matematika, algoritma, dan komputasi. 

    Gelar Sarjana.

    Perbedaan sistem informasi dan teknik informatika yang ke-tiga adalah mengenai gelar sarjana yang nantinya akan kamu dapatkan setelah selesai melaksanakan perkuliahan. Untuk bidang studi jurusan sistem informasi kamu akan mendapatkan gelar S.SI atau Sarjana Sistem Informasi. Sedangkan untuk jurusan teknik informatika, kamu akan mendapatkan gelar S.TI atau Sarjana Teknologi Informasi.

    Dan biasanya nama gelar sarjana tersebut tergantung dari perguruan tinggi tempat kamu menimba ilmu kelak, karena ada beberapa kamus yang menyematkan gelar yang serupa untuk lulusan baik itu jurusan sistem informasi maupun jurusan teknik informatika. dan gelar yang dimaksd adalah Sarjana Komputer atau S.Kom.

    Prospek Karir.

    Perbedaan sistem informasi dan teknik informatika yang ke-empat adalah dari segi prospek atau peluang kerja nanti. Peluang karir untuk sistem informasi terbagi menjadi beberapa prospek, antara lain:

    • Business Analyst, tugas utama Business Analyst adalah sebagai jembatan antara kelompok atau tim IT yang mengembangkan aplikasi bisnis dengan manajemen perusahaan.
    • Web Developer, tugasnya adalah bertanggung jawab untuk merancang website suatu perusahaan secara lengkap, contohnya mengenai profil perusahaan, bisnis perusahaan yang di jalankan, dan lain sebagainya.
    • Project Manager, tugasnya adalah menjalankan suatu proyek yang terkait dengan teknologi komputer.

    Dan untuk jurusan teknik informatika, peluang karir yang berbeda dengan jurusan sistem informasi antara lain:

    • Web Designer, tuganya adalah bertanggung jawab membuat sebuah tampilan website dengan gaya yang menarik.
    • Mobile Application Developer, tugasnya adalah bertanggung jawab untuk menjadi seorang pengembang aplikasi pada perangkat mobile.(SUKRI) 

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Beda Jurusan Sistem Informasi dan Teknik Informatika
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar