Cara Pasang Thermal Pad Laptop

Daftar Isi

    LancangKuning - Thermal Pad berbentuk seperti lembaran karet yang sangat tipis, berbahan silicon dan dengan bahan lain. Thermal pad juga berfungsi sebagai pelindung yang dapat menyerap dan juga menghantarkan panas sehinga perangkat menjadi lebih baik. Thermal pad gpu dapat dipasang sesuai kebutuhan sehingga dapat lebih fleksibel. Pemasangan juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

    Thermal pad CPU memiliki bentuk seperti lembaran lem pelekat yang tipis sehingga membutuhkan permukaan yang sama rata serta menempelkan heatsink metal pada bahan tembaga atau alumunium di bagian atasnya. Sehingga tidak perlu menggunakan bracket atau baut untuk pemasangan heatsink, dan pada bagian heatsink perlu disesuaikan dengan permukaan chip ataupun komponen lainnya yang membutuhkan pendinginan.

    Thermal pad ini lebih praktis karena berbentuk lembaran lem perekat yang tipis dan memerlukan permukaan yang sama rata dengan menempelkan heatsink metal seperti bahan tembaga ataupun aluminium di atasnya. Dan tidak perlu bracket ataupun baut untuk memasang heatsink, dan pada bagian heatsink perlu disesuaikan dengan bentuk permukaan chip ataupun komponen yang memerlukan pendinginan

    Sebelum memasang Thermal Pad Laptop, anda harus mempersiapkan alat-alatnya terlebih dahulu, diantaranya:

    • Set Obeng dengan berbagai ukuran
    • Tissue
    • ArctiClean/ Cairan pembersih thermal pasta atau jika tidak punya bisa menggunakan tissue basah
    • kuas pembersih
    • thermal Pasta

    Setelah alat-alat yang dibutuhkan sudah siap, maka bisa langsung menuju langkah-langkahnya

    1. Bacalah semua petunjuk sebelum memulai. Termasuk petunjuk tentang cara memasang Thermal pad laptop
    2. Lepas AC Adapter dan baterai dari laptop terlebih dahulu
    3. Kemudian lepaslah baut-baut yang ada pada body belakang atau casing pada laptop.

    Perlu diingat pada saat membongkar laptop dengan cara membuka baut-baut penutup body belakang atau casing akan bisa merusak garansi laptop. Maka dari itu, gunakanlah dengan laptop yang masa garansinya telah melewati batas atau sudah habis. Tetapi jika menggunakan yang masih memiliki masa garansi, disarankan untuk tidak membuka sendiri namun sebaiknya serahkan kepada service center resmi untuk segala keperluan membongkar laptop atau upgrade dan perbaikan.

    1. Setelah baterai dilepas, congkel;ah pada bagian body belakang dekat tempat baterai menggunakan obeng min dengan perlahan sehingga body dapat terbuka.
    2. Lepas baut pengunci heatshink fan dan juga heatshink yang ada pada socket chip prosessor dan GPU.
    3. Kemudian lepas heatshink dan kipas secara bersamaan dari laptop dengan cara perlahan hingga terlepas, karena heatsink dan kipas adalah alat satu set.

    Jika terlihat banyak debu yang menumpuk, maka bersihkan terlebih dahulu dengan menggunakan kuas secara perlahan.

    Pada satu set heatsink berfungsi untuk mendinginkan beberapa prosessor. Panas akan dihantarkan melalui tembaga, dan panas akan dibuang oleh kipas.

    1. Setelah itu, bersihkan debu-debu yang ada pada heatsink yang posisinya berada diatas prosessor dengan menggunakan cairan pembersih thermal pasta arcticlean, dan jika tidak memilikinya anda juga bisa menggunakan tissue basah untuk membersihkan debu-debu yang ada dan segera dikeringkan menggunakan tissue kering.
    2. Jika heatsink selesai dibersihkan, kemudian oleskan thermal pad yang diantara prosessor dan heatsink dengan secukupnya di lima posisi dan jangan sampai belepotan kemana-mana. Dengan mengoleskan thermal pad, hal ini agar supaya panasnya lebih mudah terhantarkan.
    3. Setelah thermal pad sudah dioleskan, kemudian pasanglah kembali heatshink fan secara perlahan.
    4. Saat memasang kembali baut pada heatsink, jangan langsung dikencangkan di satu sisi terlebih dahulu, karena hal ini belum tentu pas pada baut yang lain dan menjadi rusak.
    5. Terakhir, pasang dan kunci kembali penutup body belakang atau casing pada laptop, kemudian pasang baterai kembali, SELESAI!

    Demikian Cara memasang Thermal Pad Laptop yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat, terimakasih.(Tria)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Cara Pasang Thermal Pad Laptop
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    100%

    Marah

    0%

    Komentar