Prospek Kerja Hubungan Internasional

Daftar Isi

    LancangKuning Hubungan Internasional (HI) berkaitan dengan suatu Negara yang menghadapi tantangan internasional seperti ketidakseimbangan perdagangan dunia, masalah lingkungan secara global, kemiskinan melalui kerjasama antarnegara, serta isu keamanan. Jurusan ini memungkinkan untuk merasakan atmosfer internasional dengan berbagai simulasi pertemuan-pertemuan penting di dunia seperti PBB.

    Sebelum kamu menentukan jurusan yang ingin ditempuh, maka tentunya kamu perlu tahu tentang apa saja peluang kerja yang dapat didapatkan setelah lulus nanti.

    Berikut beberapa Prospek Kerja Hubungan Internasional yang perlu diketahui:

    1. Politikus

    Ilmu politik tidak jauh dari ilmu yang dipelajari di jurusan hubungan internasional. Setelah lulus, maka kamu akan bisa terjun ke dunia politik sebagai politikus yang kompeten, jujur, dan juga handal. Gaji yang akan didapat bisa mencapai puluhan sampai belasan juta rupiah.

    1. International Officer

    Setelah lulus di jurusan Hubungan Internasional, maka kamu akan dapat bekerja di kantor internasional. Dan di jurusan ini, kamu juga akan dapat bekerja di instansi internasional seperti kedutaan besar dan juga kementerian luar negeri dan mendapatkan gaji yang mencapai 5 juta hingga puluhan juta rupiah.

    1. Jurnalis

    Seseorang yang lulusan jurusan Hubungan Internasional, juga akan bisa bekerja sebagai jurnalis. Ilmu yang didapat di jurusan ini, maka kamu akan dapat memanfaatkannya untuk bekerja sebagai seorang jurnalis yang kompeten. Dan kamu akan bisa mendapatkan gaji mulai dari 3 juta rupiah sebagai seorang jurnalis pemula.

    1. Dosen

    Kamu bisa melanjutkan kuliah ke jenjang pascasarjana dan kembali lagi ke kampus dan menjadi dosen. Kamu akan dapat memanfaatkan ilmu yang dimiliki untuk dapat disampaikan kembali kepada seorang mahasiswamu. Gaji yang didapat mulai dari 5 juta hingga belasan juta.

    1. Pengusaha

    Jika anda memiliki passion berbisnis, maka anda bisa memilih untuk bekerja sebagai seorang pengusaha. Dan kamu akan bisa mendapatkan gaji yang tidak terbatas.

    1. Peneliti

    Lulusan jurusan Hubungan Internasional ini juga akan bisa bekerja sebagai peneliti yang khususnya pada bidang politik, budaya, ataupun Hubungan Internasional. Ketika kamu bekerja sebagai politik maka kamu akan bisa mendapatkan gaji mulai dari 5 juta bahkan sampai puluhan juta.

    1. Konsultan Internasional

    Kamu akan bisa bekerja sebagai konsultan internasional di suatu perusahaan setelah kamu lulus nanti, dan mendapatkan gaji mulai dari 5 juta hingga puluhan juta.

    1. Penulis

    Bekerja sebagai penulis ini bisa didapatkan oleh seorang yang lulusan dari jurusan Hubungan Internasional. Dan kamu akan bisa focus untuk menulis tema tentang politik, budaya, atau hal-hal lain yang berhubungan dengan ilmu yang telan dipelajari. Penghasilan yang didapat akan bisa sangat tinggi jika bukumu laku atau laris di pasaran.

    1. Bekerja di Internasional Foundation

    Bekerja di salah satu International Foundation bisa sebagai konsultan, data researcher, ataupun yang lainnya. Penghasilan yang didapatkan bisa mencapai 5 juta hingga 7 juta.

    1. Diplomat

    Diplomat adalah suatu profesi impian para mahasiswa lulusan jurusan Hubungan Internasional. Dan bisa bekerja sebagai diplomat dan tinggal di luar Negeri dengan gaji mencapai puluhan juta rupiah.

    1. Diplomat (Duta Besar)

    Bekerja sebagai diplomat merupakan pekerjaan yang mewakili Negara sendiri di Negara lain atau juga pada organisasi Internasional.  Di setiap praktik akan menemui pengetahuan tentang konsep-konsep, teori, atau perspektif HI.

    1. Negosiator

    Prospek kerja hubungan internasional dimiliki oleh seorang negosiator dalam menjalankan peran kepentingan lembaga yang diwakilinya. Seorang negosiator dalam mewujudkan kepentingan tidak hanya terbatas pada lingkungan pemerintah, namun juga bersentuhan juga dengan swasta.

    1. Staf Ahli

    Menjadi seorang staf ahli adalah pekerjaan yang dapat ditemui di lingkungan anggota legislative, ataupun dikalangan eksekutif di tingkat daerah maupun pusat.

    1. Staf kedutaan

    Staf kedutaan memiliki beragam posisi tersendiri yang dimulai dari administrative sampai analisis. Kemampuan dengan berbahasa inggris akan menjadi tolak ulur yang bersifat mutlak bagi pekerja di bidang ini.

    1. Government Relations Officer

    Merupakan pekerjaan sebagai penghubung yang menjalin hubungan antara lembaga yang diwakilkan pemerintahan daerah.

    1. Pegawai bank

    Biasanya pegawai bank di lakukan oleh para lulusan akuntansi atau juga yang berkaitan dengan ekonomi, namun juga untuk lulusan HI dapat memasuki sector dunia perbankan.

    1. Marketing

    Bekerja di bidang marketing akan berhubungan dengan kemampuan komunikasi, persuasi, serta analisis. Kemampuan yang seperti itu maka secara tidak langsung kompetensi yang telah diperoleh oleh para lulusan HI selama duduk di bangku kuliah.

    1. Guru

    Seorang guru merupakan profesi yang memiliki posisi yang terhormat dan mulia. Dalam dunia mengajar seperti guru mampu ditempuh oleh seseorang lulusan HI, karena masih erat dengan pendidikan kewarganegaraan, sosiologi, ataupun bahasa inggris.

    Demikianlah artikel mengenai Prospek Kerja Hubungan Internasional, semoga bermanfaat untuk anda semua.(Tria)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Prospek Kerja Hubungan Internasional
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar