Perbedaan Sekolah Tinggi Dengan Politeknik

Daftar Isi

    LancangKuning - Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai perguruan tinggi. Mungkin banyak dari kita yang belum tahu apa saja perbedaan dari Sekolah Tinggi dan Politeknik. Namun yang pasti, teruntuk Indonesia, hal itu tergolong kedalam jenjang pendidikan tinggi.

    Pengertian Sekolah Tinggi

    Sekolah Tinggi adalah Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan pendidikan akademik dan juga dapat menyelenggarakan pendidikan vokasi di dalam satu kelompok ilmu pengetahuan juga Teknologi tertentu dan bila telah memenuhi syarat, sekolah tinggi tentu juga dapat menyelenggarakan pendidikan profesi.

    Sekolah Tinggi hampir sama dengan Universitas dan institute. Perbedaannya adalah sekolah tinggi hanya terdiri dari satu fakultas dan terbagi lagi menjadi beberapa jurusan yang berkaitan dengan fakultas tersebut. Jika kami pernah melihat Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi. Nah nantinya sekolah tinggi tersebut hanya menyediakan jurusan-jurusan yang berkaitan dengan fakultas komunikasi. Jadi kamu tidak akan bisa lagi menemukan adanya jurusan IPA maupun ekonomi, karena seperti namanya, Sekolah tinggi Ilmu Komunikasi. Kampus dengan model sekolah tinggi di Indonesia di antaranya : STPN, STTD, STSN, STPI.

    Sama seperti Universitas dan Institut, Sekolah Tinggi bisa juga menyelenggarakan Pendidikan Akademik dan pendidikan vokasi. Namun berbeda dengan Universitas dan institute, Sekolah tinggi hanya terdiri dari satu fakultas yang terbagi dalam berbagai jurusan. Misalnya, Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi hanya menyediakan jurusan-jurusan dari fakultas komunikasi, seperti hubungan Masyarakat, Penyiaran, periklanan dan lainnya.

    Sekolah tinggi dalam definisi lebih sempit lagi dan perbedaannya, yakni hanya pada satu bidang ilmu pengetahuan saja. Contohnya Sekolah Tinggi Agama Islam (Hanya berfokus pada pendidikan bidang ilmu-ilmu Agama Islam), Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan, atau juga Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Fokus pada bidang ilmu kesehatan). Contoh sekolah tinggi yang ada di Indonesia adalah London Scholl Of Public Relation atau Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Indonesia.

    Pengertian Politeknik

    Politeknik merupakan sebuah Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan pendidikan vokasi di dalam berbagai bidang atau kelompok ilmu pengetahuan dan juga Teknologi dan apabila telah memenuhi syarat, politeknik tersebut tentu dapat menyelenggarakan pendidikan profesi.

    Perbedaannya adalah politeknik ini focus pada pendidikan vokasi, mempunyai arah lebih pada penyiapan alumni untuk datang langsung menerapkan skill dan keahliannya. Keahlian tersebut tentu bisa bermacam-macam, bisa di dalam keahlian pada bidang teknologi, bidang ekonomi atau lain sebagainya. Biasanya jenjang yang terdapat adalah jenjang Diploma.

    Politeknik dalam Pendidikan di Indonesia merupakan salah satu bentuk perguruan tinggi selain akademi, institute, sekolah tinggi, dan universitas. Politeknik menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam sejumlah pada bidang khusus.

    Dalam kedudukannya sebagai perguruan tinggi, Politeknik merupakan bagian dari salah satu sistem pendidikan nasional yang bertujuan menyiapkan mahasiswa menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan profesional yang dapat menerapkan, serta menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi serta mengutamakan penggunaannya untuk meningkatkan tariff kehidupan masyarakat dan kesejahteraan umat manusia serta memperkaya kebudayaan nasional.

    Politeknik adalah pendidikan professional yang di arahkan pada kesiapan penerapan keahlian tertentu. Guna untuk mencapai tujuan yang dimaksud itu, Politeknik memberikan pengalaman belajar dan latihan yang memandai untuk membentuk kemampuan professional di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

    Pengertian Vokasi (Diploma)

    Pendidikan vokasi merupakan pendidikan tinggi yang dapat menunjang suatu penguasaan keahlian terapan tertentu. Dikenal juga dengan program diploma, pendidikan vokasi membekali kita dengan keahlian terapan atau keterampilan teknis yang diperlukan pada bidang di pekerjaan tertentu.

    Pendidikan vokasi juga terdiri dari 4 jenjang pendidikan. Kita juga mengenalnya dengan D1, D2, D3, dan D4. Politeknik lebih mempersiapkan kekuasaannya dalam memilih kemampuan untuk mempraktekkan bidang yang telah dipelajarinya. Contoh politeknik adalah Politeknik Manufaktur Negeri bandung, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, dan Politeknik Negeri Bali.

    Kesimpulannya adalah yang membedakannya adalah sekolah tinggi lebih focus kepada pendidikan akademik (meski bisa menyelenggarakan Pendidikan Vokasi juga). Sedangkan Politeknik menyelenggarakan pendidikan vokasi.(Tina)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Perbedaan Sekolah Tinggi Dengan Politeknik
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar