Selain Wajah, Ini 5 Manfaat Skincare untuk Kesehatan Mental

Daftar Isi

    Foto: Ilustrasi. (CNN)

    Lancang Kuning – Bagi perempuan, skincare adalah hal yang rutin digunakan sehari-hari. Terbukti, banyaknya produk skincare yang beredar di pasaran untuk melengkapi rutinitas skincare.

    Selain membuat kulit menjadi sehat, ternyata skincare juga bermanfaat bagi kesehatan mental lho! Berikut 5 manfaat skincare untuk kesehatan mental yang dikutip Sahijab dari Pricebook Beauty. 

    1. Meningkatkan Mood

    Memanjakan kulit secara teratur memicu pelepasan bahan kimia di otak yang meningkatkan mood. Menciptakan rutinitas yang menyenangkan dengan memakai produk skincare yang disukai, dapat meningkatkan suasana hati.

    Saat sudah melewati hari yang melelahkan, memakai produk skincare di penghujung hari bisa menjadi rutinitas yang paling dinantikan. Kegiatan ini tentunya menghibur, karena aktivitas sederhana tersebut bisa memicu pelepasan neurotransmitter di otak yang menyebabkan perasaan senang. 

    2. Stabilitas Kesehatan Mental

    Memiliki rutinitas yang baik sangatlah penting untuk kesehatan secara keseluruhan. Baik dalam tubuh, maupun pikiran. Dalam penelitian yang diterbitkan pada jurnal The Lancet Psychiatry, para peneliti menemukan bahwa individu yang tidak memiliki rutinitas konsisten sepanjang hari-hari aktif, lebi mungkin mengalami gangguan depresi, kesepian dan kurang kebahagiaan.

    Memiliki rutinitas tertentu akan memberikan dampak menghibur, menyenangkan, dan berfungsi sebagai titik stabilitas. Maka dari itu, melakukan rutinitas merawat kulit bisa menjadi pilihan rutinitas baik yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan kulit dan mental.

    3. Mengatasi Stres

    Rutinitas perawatan kulit bisa menjadi media relaksasi dalam hari yang sibuk. Rutinitas perawatan kulit dapat bertindak sebagai bentuk meditasi, yang dapat mempersiapkan kamu untuk menjalani hari yang positif. Karena rutinitas yang baik bermanfaat untuk pola pikir positif. Maka luangkanlah waktu sejenak untuk merawat kulit supaya menghindari stres.

    4. Pesan Positif pada Diri

    Setelah melakukan aktivitas seharian, tubuh merasa sangat lelah dan langsung pergi beristirahat tanpa melakukan kegiatan skincare. Padahal, dengan merawat kulit adalah bentuk fokus merawat diri sendiri dengan cara kecil ini.

    Dilansir dari laman Everyday Health, dengan meluangkan waktu beberapa menit untuk merawat kulit, kamu sudah mengirimkan pesan pada diri sendiri bahwa kamu layak untuk mendapatkan perawatan. Di mana akan memberikan efek kebahagiaan dan kepuasan diri.

    5. Meningkatkan Kepercayaan Diri

    Menggunakan skincare secara rutin, merupakan bentuk cinta diri dan penerimaan diri. Saat menggunakan kontak dari kulit ke kulit jari ke wajah memungkinkan darah mengalir dan membuat otot-otot wajah rileks.

    Itulah 5 manfaat skincare untuk kesehatan mental, semoga bermanfaat.

    Laporan Zahra Fadhilah


    Artikel ini sudah ditayangkan sahijab.com dengan judul berita Selain Wajah, Ini 5 Manfaat Skincare untuk Kesehatan Mental

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Selain Wajah, Ini 5 Manfaat Skincare untuk Kesehatan Mental
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar