Manfaat dan Bahaya Root Android

Daftar Isi

    LancangKuning  Root adalah proses membuka seluruh akses system android supaya kita dapat mengelola perangkat dengan penuh. Melakukan root android akan menjadi salah satu jalan keluar yang terbaik untuk mengatasi masalah ponsel yang sering lemot ataupun kinerja ponsel yang terus menurun.

    Root android berfungsi untuk meng-unlock file, sehingga kamu dapat menjadi administrator yang kemudian dengan secara bebas bisa melakukan aktivitas, seperti memaksimalkan kinerja Android, meng-overclock prosesor bawaan, dan menghapus aplikasi bawaan Android yang tidak diperlukan. Root android juga dapat menambah, mengurangi, ataupun memodifikasi file-file atau data yang letaknya berada di dalam perangkat berbasis Android.

    Manfaat Root Android

    1. Akan dapat membuang aplikasi bawaan

    Saat membeli handphone baru, pasti pada handphone memiliki aplikasi bawaan yang tidak bisa dibuang ataupun uninstall padahal aplikasi tersebut tidak dibutuhkan. Tetapi jika ingin melakukan rooting pada ponsel, anda akan bisa membuang aplikasi bawaan tersebut.

    1. Ponsel tidak akan lemot lagi

    Setelah melakukan proses rooting, kemudian ponsel akan melakukan pembersihan dengan maksimal dan membuang aplikasi bawaan yang tidak kita butuhkan. Maka hal tersebut akan menjamin ponsel kita tidak lemot lagi dan akan memiliki performa yang maksimal atau lebih cepat.

    1. Akan menghemat baterai

    Dengan melakukan root android, maka akan bisa menghemat baterai karena performa ponsel menjadi lebih baik dan juga maksimal. Sehingga tidak ada lagi baterai yang terbuang percuma hanya untuk menunggu aplikasi yang berjalan lambat.

    1. Dapat memblokir iklan

    Jika pada layar handphone anda selalu muncul iklan, maka hal tersebut akan membuat anda kesal. Hal tersebut juga dapat diatasi jika anda melakukan root android, dan root android akan memblokir iklan tersebut. Caranya dapat kamu lakukan dengan mengunduh dan meng-install aplikasi AdBlock plus ataupun AdFree. Dan kamu juga harus me-rooting ponsel terlebih dahulu agar dapat berjalan dengan baik.

    1. Storage akan lebih kosong

    Dalam melakukan root android, kamu juga akan memiliki storage yang lebih kosong dari yang sebelumnya. Dengan banyaknya aplikasi yang bisa kamu hapus, maka perangkatmu akan menjadi alas an kosongnya storage kamu setelah melakukan rooting.

    1. Masalah update system operasi

    Setelah melakukan root android, maka kamu juga dapat melakukan berbagai hal istimewa, seperti melakukan menghapus bloatware (aplikasi bawaan). Hal ini juga akan mengakibatkan kamu sulit untuk melakukan update OS yang secara OTA (Over The Air). Meskipun anda mendapatkan notifikasi update, namun saat proses update pasti akan ditolak oleh system karena anda menghapus system bawaan.

    Dalam melakukan root android, kamu juga akan merasakan kekurangan pasca me-rooting ponsel. Dalam melakukan root android, maka kamu juga tidak hanya mendapatkan manfaatnya saja, namun melakukan root android juga akan menimbulkan bahaya pada ponsel anda.

    Bahaya root android

    1. Hilangnya garansi resmi

    Ada beberapa brand ponsel yang melarang para pengguna untuk me-rooting ponsel sendiri, karena akan dapat menimbulkan kerusakan pada perangkat maupun software yang ada di dalam ponsel tersebut. Maka dari itu, janganlah sekali-kali untuk me-rooting android sendiri jika ponselmu berada dalam masa garansi resmi.

    1. Dapat merusak software dan hardware

    Meski dengan melakukan root android akan membuat ponsel lebih ringan, namun hal tersebut menjadi salah satu kekurangan root HP yang dapat menimbulkan kerusakan pada software dan juga hardware dari ponsel itu sendiri. Kerusakan yang ditimbulkan akibat rooting, biasanya akan bersifat permanen dan akan sulit untuk diperbaiki kembali.

    1. Rentan untuk terkena virus dan malware

    Ponsel anda akan rentan terkena virus dan malware setelah melakukan root android. Dan beberapa sistem penting kemungkinan akan terhapus.

    1. Ponsel akan cepat panas

    Me-rooting ponsel tidak memakan waktu yang sebentar dan semua bagian yang ada pada perangkat ponselmu akan bekerja dan tidak heran jika ponselmu akan cepat panas. Panas ponsel ini juga tidak hanya terjadi saat proses berlangsung, namun ponsel akan mengalami hal yang serupa sebagai efek negatif dari proses rooting tersebut.

    1. Aplikasi yang sering error

    Aplikasi yang sering error juga akan timbul setelah melakukan root HP. Contohnya seperti aplikasi game yang tertutup sendiri atau juga PlayStore yang tidak bisa diakses. Hal tersebut bisa kamu lakukan dengan unroot ponsel kemudian install kembali aplikasi yang kamu inginkan.

    Sebelum melakukan root ponsel, maka ada baiknya jika anda perhatikan manfaat dan bahaya root android agar anda tidak menyesal kemudian.(Tria)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Manfaat dan Bahaya Root Android
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar