Semburan Lumpur Gas Bangunan Ponpes Al-Ihsan Tenayan Rusak

Daftar Isi

    LANCANGKUNING.COM,PEKANBARU-Memasuki hari kedua, menyemburnya gas bercampur lumpur Pondok Pesantren Al-Ihsan di Kecamatan Tenayan Raya, Kota Pekanbaru, terlihat nyata setelah dua hari gas bercampur lumpur menyembur dari sekitar pesantren.

    Kerusakan serupa juga terlihat di kebun-kebun kelapa sawit yang ada di belakang komplek Pesantren Al Ikhsan.

    Terlihat atap pesantren, berubah abu-abu disebabkan lumpur dari gas sudah mengeras. Kerusakan juga terjadi di ruang guru, asrama santri dan ruang kelas.

    Kira-kira setelah shalat Isya pada Kamis malam, semburan semakin parah berupa gumpalan tanah besar-besar, seperti terjadi hujan batu suaranya sangat ribut. Karenanya gedung-gedung sampai rusak seperti ini," kata seorang guru Ponpes Al-Ihsan Khairudin Damanik seperti dikutip dari antara.

    Insiden semburan gas berawal ketika pengelola Ponpes Al-Ihsan mempekerjakan penggali sumur untuk mencari sumber air di kompleks tersebut. Kecamatan Tenayan Raya merupakan daerah yang sulit mendapatkan sumber air dari sumur artesis, sehingga masyarakat di sana harus mengebor tanah hingga puluhan bahkan lebih dari 100 meter. Saat proses penggalian mencapai sekitar 119 meter pada Kamis (4/2) sekitar pukul 14.00 WIB, tiba-tiba dari lubang sumur menyembur keluar gas hingga ketinggian 15 meter.

    Puluhan santri Pondok Pesantren Al-Ihsan Kecamatan Tenayan Raya, Kota Pekanbaru, telah diungsikan akibat semburan gas bumi tersebut.

    Khairudin mengatakan awalnya semburan hanya berupa gas dan abu, namun pada malam hari juga terlontar berupa material keras yang menghancurkan bangunan Ponpes.

    "Semburan itu berlangsung sampai hampir tengah malam. Setelah itu mereda, dan pada Jumat subuh keluar pasir hitam dan paginya semburan gas telah bercampur lumpur," katanya.(rie)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Semburan Lumpur Gas Bangunan Ponpes Al-Ihsan Tenayan Rusak
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar