Pengertian DBMS Enterprise

Daftar Isi

    LancangKuning - DBMS adalah Suatu sistem yang didesain khusus untuk membantu mengelola suatu database dan menjalankan operasi terhadap data yang diminta banyak pengguna.

    Pengertian DBMS menurut para ahli

    1. Rogayah

    Pengertian DBMS menurut Rogayah ialah system atau software yang menyusun dan mengelola bermacam record dengan menggunakan computer untuk menyimpan atau merekam dan memelihara data operational lengkap di dalam sebuah organisasi sehingga bisa menyediakan informasi yang optional yang diperlukan di dalam proses mengambil keputusan.

    1. Waliyanto

    Pengertian DBMS menurut Waliyanto ialah gabungan dan perpaduan antara basis data (database) dengan database manajemen system atau system manajemen basis data.

    1. C.J. Date

    Pengertian DBMS menurut C.J. Date ialah lokasi untuk sekumpulan berkas data yang sudah terkomputerisasi bertujuan untuk memelihara informasi, dan memuat informasi.

    1. S. Attre

    Pengertian DBMS menurut S. Attre ialah semua yang bersangkut paut dengan hardware, software, firmwale dan berbagai prosedur yang mengelola prosedur. Firmwale ialah salah satu software yang menjadi modul tertanam pada hardware (ROM).

    1. Gordon C. Everest

    Pengertian DBMS menurut Gordon C. Everest merupakan manajemen yang efektif dalam mengorganidit sumber daya data atau system basis data ialah system pengorganisasian dan system pengolahan database pada computer.

    Tujuan DBMS

    Tujuan utama DBMS adalah dapat menghindari kekacauan dalam hal pengelola data yang berjumlah cukup besar. Adapun tujuan lain dari DBMS yaitu:

    • Agar basis data bisa digunakan secara bersamaan
    • Agar proses akses data dapat lebih mudah dan cepat
    • Dapat menghemat ruang penyimpanan data
    • Dapat membantu menjaga keamanan data
    • Untuk mencegah dan menghilangkan duplikasi dan inskonsisrensi data
    • Dapat menangani data dalam jumlah yang besar

    Macam-macam DBMS

    Di dalam penerapannya, ada beberapa jenis software DBMS yang sering diaplikasikan atau sering digunakan untuk mengelola database perusahaan. Diantara nya adalah:

    1. MySQL

    MySQL banyak digunakan dalam perangkat lunak DBMS karena tersedia secara gratis. Sehingga aplikasi ini cocok untuk digunakan dalam bisnis yang sedang berkembang.

    1. Oracle

    Oracle merupakan perangkat lunak DBMS yang bagus dan juga berbayar, dapat memilih software Oracle. Perangkat ini mempunyai beragam fitur yang bisa memenuhi tuntutan fleksibilitas perusahaan. Perangkat ini juga mempunyai pemrosesan transaksi dengan performa yang sangat tinggi.

    1. Microsoft SQL Server

    Perangkat lunak DBMS cocok digunakan atau diaplikasikan pada system jaringan computer perusahaan-perusahaan besar karena mempunyai kemampuan mengelola data yang besar.

    Microsoft SQL Server mempunyai system untuk mengamankan data dengan baik dan mempunyai fitur back up, recovery dan rollback data. Perangkat ini hanya dapat berjalan pada OS Windows saja.

    1. Firebird

    Firebird adalah system manajemen basis data yang relasional yang menawarkan fitur yang sesuai dengan standar SQI-2003 dan ANSI SQL-99 serta bisa bekerja sama pada OS Windows dan Linux

    Komponen DBMS

    DBMS mempunyai beberapa komponen fungsional atau modul. Beberapa komponen DBMS yaitu:

    1. File Manager

    Komponen yang digunakan untuk mengelola ruang yang ada di dalam disk dan juga struktur data yang digunakan untuk mempresentasikan informasi yang tersimpan di dalam disk.

    1. Database Manager

    Komponen yang berfungsi menyediakan interface antar data low-level yang ada pada basis data dengan adanya program aplikasi serta query yang diberikan pada suatu system.

    1. Query Processor

    Komponen ini berfungsi menerjemahkan perintah dalam bahasa query ke instruksi low-level yang bisa dimengerti oleh database manager.

    1. DML Precompiler

    Komponen ini digunakan untuk mengkoversi perintah DML, yang ditambahkan pada suatu program aplikasi ke pemain prosedur normal dalam bahasa induk.

    1. DDL Compiler

    Komponen ini dapat mengkonversi berbagai perintah DDL ke dalam sekumpulan table yang mendukung meta data.

    Kelebihan DBMS

    Ada beberapa kelebihan yang di miliki oleh DBMS yaitu:

    • Bisa mengendalikan pengulangan yang terdapat dalam data
    • Dapat memberikan data yang konsisten
    • Mendapatkan informasi  lebih banyak dan jumlah data yang sama
    • Bisa menggunakan data secara bersama sama
    • Mempercepat akses data dan respon data

    Kelebihan DBMS

    Ada beberapa kekurangan yang dimiliki oleh DBMS yaitu:

    • Biaya DBMS tergantung pada lingkungan dan fungsi yang disediakan
    • Penggunaannya cukup kompleks
    • Ada tambahan biaya untuk hardware
    • Performa kinerja menurun seiring waktu
    • Jika performa  menurun akan mengakibatkan kegagalan yang lebih besar.(Delia)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Pengertian DBMS Enterprise
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar