PHR dan PLN Tandatangani Nota Kesepahaman Pasokan Listrik

Daftar Isi

     

    Foto: Ilustrasi 

    Lancang Kuning, PEKANBARU - Pertamina Hulu Rokan bersama PT PLN bersinergi alirkan tenaga listrik serta tenaga uap untuk Blok Rokan. Hal tersebut dibuktikan dengan penandatanganan surat perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik Uap (SPJBTLU). 

    Dimana, SPJBTLU tersebut ditandatangani langsung oleh Direktur Pertamina Hulu Rokan Yudantoro, bersama dengan GM PLN Unit Induk Wilayah Riau dan Kepulauan Riau Dispriansyah, yang dilakukan secara virtual pada Senin (1/2).

    Ini bertujuan untuk memenuhi pasokan listrik yang andal secara berkelanjutan tanpa pemadaman atau gangguan di wilayah kerja Blok Rokan. 

    Menurut Yudantoro, bahwa kerjasama antar PHR dengan PLN ini dibagi dalam dua tahap. Pertama, yakni masa transisi hanya selama tiga tahun yang dimulai dari 9 Agustus 2021 sampai dengan 8 Agustus 2024 (PJBLTU Transisi).

    Selanjutnya yang kedua, yakni layanan permanen yang di mulai sejak 8 Agustus 2024 dengan menginterkoneksikan sistem pada wilayah kerja Rokan dengan sistem Sumatera, pemasangan Converter dan pembangunan Steam Generator, ucapnya.

    Untuk menjalankan kegiatan operasional Wilayah Kerja Rokan sesuai PSC Rokan,  PHR memerlukan pasokan listrik dan uap yang handal dan berkelanjutan tanpa pemadaman ataupun gangguan selain dari kapasitas daya listrik PHR sendiri yang mengandalkan dua pembangkit WK Rokan.  

    " Untuk masa PJBLTU Transisi, PLN akan menggunakan pembangkit North Duri Cogen (NDC) sebagai pembangkit listrik dengan kapasitas daya 300 MW di wilayah Duri," ujarnya.  

    "Selama jangka waktu operasional, NDC akan menerima Fuel Gas dan Feedwater yang disuplai oleh PHR," tambahnya.

    PLN wajib memproses Fuel Gas dan Feedwater untuk diproduksi menjadi Listrik dan Uap serta menjualnya kepada PHR untuk digunakan dalam operasional WK Rokan. 

    PLN tidak memiliki hak kepemilikan dan penggunaan atas Fuel Gas atau Feedwater selain untuk tujuan sebagaimana secara khusus diatur dalam Perjanjian Transisi ini, kata Yudantoro. (rilis)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel PHR dan PLN Tandatangani Nota Kesepahaman Pasokan Listrik
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar