Perbedaan UI dan UX

Daftar Isi

    LancangKuning - Pengertian User Interface (UI), Seperti yang kita ketahui sebelumnya tentang UI adalah bagian dari UX yang merupakan tampilan visual design sebuah sistem. Tampilan tersebut mungkin pengguna terhubung dan berinteraksi dengan suatu produk.

    Selain berfungsi sebagai penghubung, UI juga berfungsi untuk memperindah tampilan sehingga dapat meningkatkan memuaskan pengguna. Namun, tak hanya harus indah, UI juga harus mudah digunakan.  Komponen UI memiliki beberapa bentuk sebagai komponen tombol, ikon tipografi, tema, layout, animasi yang tampil pada produk, dan visual interaktif lainnya. Seluruh komponen UI tersebut didesain dengan fokus pada keindahan dan kemudahan pengguna. Jadi, penggunaan dapat menikmati produk anda.

    Pengertian User Experience (UX)

    User Exprience (UX) adalah proses mendesain suatu produk melalui pendekatan pengguna. Dengan pendekatan ini, Anda jadi bisa menciptakan beberapa produk yang sesuai dengan kebutuhan kita dan keinginan pengguna. Sebuah Produk dengan desain UX ialah yang baik akan menciptakan pengalaman yang menyenangkan bagi setiap pengguna saat menggunakan produk Anda.

    Penggunaan jadi mudah dan nyaman saat menggunakan produk. Adapun, beberapa komponen UX ini meliputi sebagaimana fitur-fitur yang disediakan pada produk, struktur desain, navigasi penggunaan produk, aspek visual design, dan seluruh aspek interaksi dengan penggunaan. UX juga memliki bagaimana anda bisa menentukan branding, konten, dan copywriting yang sesuai dengan target penggunaan Anda.

    Berikut ini kami akan menjelaskan apa saja sebenarnya paerbedan UI dan UX.

    1. Tujuan Desain

    Hal yang mendasar tentang perbedaan UI dan UX sangatlah berbeda. Pada Desain UI sebuah produk bertujuan untuk mempercantik tanpilan produk. Sementara itu desain UX dirancang untuk memberi pengalaman yang sangat menyenangkan saat menggunakan produk. Fokus pada desain UI adalah keindahan tampilan, sementara fokus desain UX adalah kepuasan menggunakan produk. Sederhananya itu, UX mempengaruhi bagaimana pengalaman pengguna saat menggunakan produk.

    1. Proses Desain

    Tujuan desain yang berbeda juga mempengaruhi prosesnya. Oleh karena itu, proses merancang UI dan UX pun berbeda. Karena berfokus pada user experience, proses desain UX berlandaskan riset pengguna sehingga menghasilkan produk yang sesuai dan di butuhkan oleh target penggunaan. Prosesnya pun mulai banyak tahap dan membutuhkan peran banyak pihak, salah satunya yaitu UX researcher.

    Setelah melakukan riset, desainer merancang model sketsa desain dengan wireframe dan prototype. Sementara itu, desain UI juga memerlukan riset. Namun, riset yang dilakukan merupakan risest desain untuk membuat yang menarik dan sesuai dengan konsep. Di sini, desainer UI juga perlu merancang model desain yaitu dengan membuat mockup anda terlebih dahulu.

    1. Komponen Desain

    Komponen yang membangun Desain UI berfokus pada keindahan tampilan produksi. Kompenen UI tersebut di antaranya memiliki warna, gambar dan vidio animasi, typography, buttons, dan visual interaksi lainnya. Oleh karena itu, komponen desain UX memiliki hampir seluruh komponen pada suatu produk seperti fitur-fitur, struktur desain, dan navigasi. Ada yang termasuk beberapa tampilan seperti interface, copywriting, hingga branding, sehingga diperlukan kolaborasi tim untuk menghasilkan desain produk yang baik.

    1. Tools yang Digunakan

    Proses pembuatan yang berbeda tentu membuat tools yang berbeda. Untuk desainer UI, keindahan gambar sangatlah penting. Jadi mereka membutuhkan aplikasi yang akan mendukung pembuatan desain interface yang detail. Ada beberapa aplikasi desain UI, yang tersedia seperti Fliont, Princeple, Frames X, Adabe illustrator, dll. Aplikasi tersebut dilengkapi beberapa desain UI yang tersedia seperti Flinto, Princeple, Frames X, Adabe illustrator, dll. Aplikasi ini dilengkapi beberapa tools penambah pendukung desainer UI seperti tools menambahkan unique interaction icon, easy transition, UI assets and kits, dll.

    1. Skill yang Dibutuhkan

    Menjadi seorang desainer UI dan desainer UX membutuhkan skill tersendiri. Beberapa skill yang di butuhkan seorang desainer UI menggunakan desain gratis, dan convergent thinking. Skill tersebut harus memiliki oleh desainer UI dalam mendesain tampilan produk agar terlihat menarik dah mudah untuk interaksi.(Lisda)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Perbedaan UI dan UX
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar