Manfaat Belajar Algoritma

Daftar Isi

    LancangKuning - Logika dan algoritma adalah kesatuan yang tidak bisa dipisahkan karena keduanya saling berkaitan. Logika merupakan bentuk penalaran atau pemikiran, sedangkan Algoritma merupakan suatu urutan dari barisan langkah-langkah atau instruksi untuk menyelesaikan masalah. Pengertian logika dan algoritma yaitu suatu urutan dari beberapa langkah yang logis guna menyelesaikan suatu masalah.

    Kata algoritma berasal dari seorang Ilmuwan Arab bernama Abu Ja’far Muhammad Ibnu Musa Al Khawarizmi adalah penulis buku “Al Jabar Wal Muqabala”. Kata Al Khawarizmi dibaca oleh orang barat menjadi Algorism, kemudian semakin lama menjadi Algorithm dan dibawa ke dalam bahasa Indonesia menjadi Algoritma.

    Semua mahasiswa yang masuk ke jurusan ilmu komputer, teknologi informasi dan sebagainya tidak lepas dari mata kuliah algoritma. Mata kuliah ini adalah mata kuliah wajib yang biasanya ditempuh di awal perkuliahan atau semester awal. Untuk informasi, algoritma itu sudah tidak asing bagi kita, proses di dalam algoritma sudah sangat sering dijumpai dikehidupan kita sehari hari. Algoritma yang mempunyai pengertian sebagai deretan langkah-langkah yang logis untuk menyelesaikan permasalahan yang tersusun secara sistematis. Kata logis adalah kata kunci dari algoritma yang bersifat nyata dan harus dapat ditentukan dengan nilai salah atau benar.

    Sebagai contoh penggunaan algoritma di kehidupan kita adalah jika kita membaca resep masakan, selain bahan-bahan yang digunakan, kita juga melihat bagaimana cara membuat masakan itu. Cara membuat masakan itu sudah menyatakan proses dari algoritma. Namun algoritma didalam matakuliah ini adalah membuat urutan langkah-langkah logis didalam pembuatan sebuah program aplikasi agar menghasilkan output yang diharapkan.

    Berikut adalah manfaat dari belajar algoritma

    1. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Secara Logis

    Untuk membuat sebuah produk menggunakan bahasa pemrograman, seperti di dalamnya  aplikasi, game, perangkat mikrokontroler, ataupun perangkat IoT, kita tidak akan lepas dari logika-logika algoritma yang akan digunakan untuk membuat produk tersebut agar produk itu  bekerja sesuai dengan yang diharapkan. Algoritma dan logika pemrograman telah menjadi bagian yang sangat penting ketika membuat atau mengembangkan sebuah produk.

    Oleh sebab itu, mempelajari algoritma merupakan hal yang wajib, supaya produk yang akan dikembangkan tidak mengalami masalah saat pengembangannya. Algoritma  menjadi bagian penting yang harus dipelajari oleh orang yang belajar bahasa pemrograman, tanpa melihat pilihan bahasa pemograman yang dipelajarinya.

    1. Mengembangkan Cara Berpikir Dengan Sistematis

    Selain bisa mempertimbangkan dengan tepat bagaimana kita akan mengatasi sebuah perm

    asalahan, manfaat belajar algoritma  yang lainnya adalah dapat mengembangkan cara berfikir sistematis.Dalam menyusun sebuah program, seseorang akan dihadapkan pada baris-baris kode yang harus tersusun secara sistematis. Baris-baris kode ini tidak bisa terbolak-balik baik dalam penyusunan maupun penulisannya, agar program yang dibangun bisa berjalan tanpa permasalahan. Sistematika ini berlaku untuk berbagai macam bahasa pemrograman yang sudah ada dari dulu sampai sekarang

    1. Memperkuat analisis ketika membuat suatu program

    Ketika membuat algoritma ataupun program terkadang muncul kesalahan-kesalahan saat penyelesaianya, contohnya  program yang dibangun eror ketika diverifikasi atau di-build. Permasalahan ini akan memerlukan ketelitian untuk mengatasinya yaitu dengan cara melakukan pengecekan ulang kode, dan mencari bagian kode yang menagkibatkan terjadinya permasalahan. dengan terbiasa mencari permasalahan dalam menuliskan kode ketika belajar, kita akan menjadi lebih terbiasa dan lebih teliti saat menuliskan kode ketika membuat sebuah program.

    1. Meningkatkan Kemampuan dalam Mengatasi Masalah

    Tujuan dari algoritma yaitu menyelesaikan masalah, maka kita akan dilatih untuk mengatasi suatu permasalahan, baik itu tentang cara program aplikasi harus bekerja ataupun bagaimana memperbaiki kesalahan-kesalahan yang terjadi. Secara tidak sadar, hal ini akan terbawa ke dalam kehidupan sehari-hari kita untuk menghadapi macam - macam permasalahan yang akan terjadi. Kita secara tidak sadar akan berpikir dengan logis dan juga sistematis.(Surya)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Manfaat Belajar Algoritma
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    100%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar