Muncul Efek Baru Akibat Pakai Masker Terlalu Lama

Daftar Isi


    Foto: Ilustrasi jaga jarak/virus corona/COVID-19. (Freepik/mdjaff)


    Lancang Kuning – Memakai masker merupakan salah satu langkah penting dalam pencegahan penyebaran COVID-19. Tapi, penggunaan masker terus menerus dalam waktu lama juga memberikan efek samping, mulai dari jerawat, masalah gigi hingga sulit bernapas.

    Kini, muncul efek samping lain dari pemakaian masker ini, yaitu iritasi mata. Jika kamu merasakan ada sensasi panas di mata setelah memakai masker dalam waktu lama maka kamu tidak sendiri. Selain mata berkabut, banyak orang mendatangi dokter mata dengan keluhan iritasi dan mata kering.

    Namun demikian, dilansir laman Times of India, masalah mata ini sebagian besar disebabkan penggunaan masker yang tidak benar. Saat masker tidak dipasang dengan benar atau hidung terbuka, maka udara hangat akan keluar dari bagian atas masker dan membuat mata kering.


    Sebelumnya, banyak orang mengeluhkan kacamata yang berkabut saat memakai masker, yang menyebabkan iritasi ringan untuk sementara waktu. Namun, masalah mata yang baru ini lebih kompleks dari itu.

    Selain itu, ada masalah mata lainnya yang sudah didiagnosis pada banyak orang karena penggunaan masker dalam waktu lama seperti infeksi bakteri di kelopak mata, kerusakan kornea, iritasi seperti alergi dari deterjen pada masker dan bintit karena saluran air mata tersumbat.

    Menurut teori lainnya iritasi mata juga bisa disebabkan stres karena pandemi dan kecemasan. Jika kamu menderita masalah kesehatan yang berkaitan dengan mata ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.


    Pakai masker dengan benar

    Udara panas yang dihembuskan dari hidung bisa mengganggu mata, memicu mata kering dan iritasi. Hal pertama yang harus dilakukan adalah perbaiki pemakaian masker. Masker hanya akan efektif jika dipakai dengan benar.

    Beli masker dari bahan yang memudahkan bernapas

    Ada banyak jenis masker di pasar. Selalu beli masker yang terbuat dari bahan mudah buat bernapas dan benar-benar pas dipakai. Jika masker terlalu besar dan menyentuh mata, kornea bisa tergores dan menimbulkan iritasi.

    Jangan abaikan jika terjadi iritasi

    Saat merasakan ada iritasi, jangan dibiarkan. Dalam hal bintit, mata kering atau iritasi, kamu bisa menggunakan obat tetes mata yang dijual di apotik.

    Jangan sentuh mata

    Saat menyesuaikan masker, jangan sentuh mata. Udara hangat yang dihembuskan dari hidung bisa membuat tidak nyaman, karenanya bisa mendorong seseorang menyentuh wajah atau mata.

    Kompres hangat

    Kamu bisa menggunakan kompres hangat untuk menenangkan mata yang iritasi. Basahi kain bersih dengan air hangat dan taruh di mata yang tertutup selama beberap menit. (LK)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Muncul Efek Baru Akibat Pakai Masker Terlalu Lama
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar