Dijamin Halal, 5 Bumbu Jepang Ini Bikin Masakan Semakin Autentik

Daftar Isi


    Foto: Sushi dan shoyu Foto: Unsplash


    Lancang Kuning - Mencari shoyu halal atau bumbu Jepang halal lainnya bukan perkara sederhana. Meski hanya berperan sebagai bumbu, kehalalannya adalah hal penting yang harus dipastikan sebelum dikonsumsi. Makanan Jepang seperti sashimi, sushi, hingga teriyaki dan nasi kari pun tidak lepas dari penggunaan bumbu ini

    .
    Untungnya, pentingnya kehalalan shoyu dan bumbu lainnya mulai disadari para produsen bahan makanan. Anda bisa memasak makanan Jepang dengan rasa autentik di rumah dengan shoyu halal dan bumbu Jepang lainnya dari produsen yang tercantum dalam LPPOM MUI berikut ini.

    Baca juga: Amit-amit! Ini Dampaknya ke Ekonomi Jika Corona Jenis Baru Masuk RI


    Meski hanya kecap asin, shoyu adalah bagian penting dalam masakan Jepang. Karenanya, penting untuk mengetahui sebuah masakan menggunakan shoyu halal atau tidak. Kini, sudah ada shoyu halal MUI di Indonesia, yakni yang dikeluarkan oleh Kikkoman Akufood Indonesia.

    Baca Juga: Ejakulasi Tiap Hari Bikin Tubuh Sehat? Ini Kata Ahli
     
    Produk ini bisa ditemukan dengan mudah di supermarket dan toko daring. Shoyu halal ini pun tersedia dalam berbagai ukuran, mulai dari kemasan sachet hingga jerigen.

    Saus manis atau mirin

    Baca Juga: Arsenal Bekuk Chelsea, Arteta Lega Kariernya Terselamatkan


    Selain shoyu, mirin juga merupakan bumbu utama dalam masakan Jepang. Sama seperti shoyu, halal tidaknya mirin juga tergantung kandungan alcohol di dalamnya. Kikkoman juga menjual mirin halal MUI yang dipasarkan dengan nama Saus Manis Khas Jepang. Saus ini bisa digunakan untuk berbagai campuran saus ataupun ditambahkan ke nasi sushi.

    Miso

    Pasta kedelai satu ini merupakan hasil fermentasi, sehingga sering ada kandungan alkohol di dalamnya. Mirip dengan shoyu halal, miso halal juga mengantongi sertifikat halal MUI karena kandungan alkoholnya memenuhi syarat yang ditentukan sehingga halal dikonsumsi oleh Muslim. Salah satu merek miso halal yang mudah ditemukan di pasaran adalah Enachan.

    Saus teriyaki

    Salmon, ayam, hingga daging sapi enak dimasak dengan saus teriyaki. Tidak seperti shoyu halal, saus teriyaki halal bisa ditemukan dengan mudah dari berbagai merek. Tidak seperti saus teriyaki asli jepang yang kerap mengandung alkohol, saus teriyaki berlabel halal MUI sudah aman dikonsumsi oleh Muslim.


    Foto: Masakan Jepang Foto: Unsplash
    Saus tartar


    Mulai dari ayam nanban, salad, sampai cocolan ebi furai, saus tartar bisa membuat makanan Jepang semakin lezat karena teksturnya yang creamy. Selain membeli saus tartar siap pakai berlogo halal MUI, Anda pun bisa membuatnya sendiri di rumah. Cukup campurkan mayones, bawang Bombay cincang, air perasan lemon, dan peterseli cincang. Jangan lupa pastikan bahwa mayones yang digunakan pun halal.

    Memasak makanan Jepang halal di rumah bisa mengobati kerinduan akan suasana Negeri Sakura ini. Selain sibuknya kota Tokyo dan makanan halal di Osaka, ketenangan dan damainya Tohoku pun menjadi kenangan yang dirindukan oleh setiap orang yang pernah ke Jepang. (LK)

    Sumber: Detik.com

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Dijamin Halal, 5 Bumbu Jepang Ini Bikin Masakan Semakin Autentik
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar