Kisah PNS Paling Banyak Dimutasi Bongkar Korupsi, Sampai 71 Kali

Daftar Isi


    Foto: Ilustrasi-Kampanye pemberantasan korupsi. (VIVA.co.id/Muhamad Solihin)
     

    Lancang Kuning – Pilihan hidup melawan segala bentuk korupsi membuat seorang PNS harus rela menderita dalam kariernya. Bayangkan, demi melawan korupsi ia tercatat harus rela 56 kali dimutasi. Kisah dari PNS asal India bernama Ashok Khemka memang menarik untuk kembali diangkat. 

    Kisah PNS yang satu ini menarik untuk kembali diangkat setelah ia menjadi salah satu orang yang dipercaya untuk mengisi jabatan penting yang dipercayakan kepadanya saat ini. Ashok menjadi kepala komite yang diberi kepercayaan penuh mengawasi proyek-proyek penting di distrik Nuh.

    Pria kelahiran Kolkata berusia 55 tahun ini menjadi satu dari total 22 orang yang diberi kepercayaan mengawasi proyek-proyek besar rawan korupsi di beberapa distrik di India. Kepercayaan yang dibangun dari penderitaan setelah puluhan kali harus dibuang karena lantang melawan korupsi.

    Selain nama Ashok Khemka juga ada nama-nama 'bersih' seperti Sanjeev Kaushal yang dipercaya mengawasi proyek di distrik Faridabad. Ada juga Varinder Sigh Kundu di distrik Rewari, Pranab Kishore (Distrik Kaithal) hingga Devender Singh untuk distrik Karnal.

    Tak hanya itu, komite berisi orang jujur ini juga punya wewenang besar lain seperti wewenang mengubah peraturan dan perundang-undangan hingga termasuk dalam kebijakan penanganan COVID-19. Tentu dengan tugas dan wewenang besar tersebut tentu soal gaji tak perlu ditanyakan lagi. 

    Kembali ke sosok Ashok Khemka, namanya menjadi perhatian setelah selama 28 tahun kariernya sebagai PNS harus rela puluhan kali dimutasi. Kisahnya ini yang membuat sosoknya menjelma menjadi idola di India. Bahkan ia punya puluhan ribu fans di media sosial termasuk facebook.

    Seperti diketahui, sosok Ashok Khemka selalu menjadi whistleblower dalam beberapa kasus korupsi besar yang membuat dirinya menjadi musuh rekan kerjanya. Sebagian besar kasus korupsi besar yang dibongkarnya terjadi pada masa rezim Bhupinder Hooda. 


    PNS paling banyak dimutasi, sampai 71 kali

    Sejatinya nasib pahit yang sempat ditempuh Ashok Khemka melawan korupsi bukan yang paling tragis. Ashok ternyata menduduki posisi kedua dalam daftar PNS yang paling banyak mengalami mutasi atau buangan karena keputusannya melawan korupsi di wilayah Haryana, negara bagian India.

    Ashok Khemka ternyata menjadi PNS kedua yang paling banyak dimutasi di wilayah Haryana. Orang yang paling banyak dimutasi masih menjadi milik Pradeep Kasni yang tercatat 71 kali dalam jangka waktu 35 tahun. Yang menjadi catatan Ashok, dia dimutasi 56 kali dalam kurun waktu kurang dari 30 tahun.

    Yang membuat nama Ashok juga lebih mentereng karena ia beberapa kali harus menerima ancaman dan percobaan pembunuhan. Termasuk saat ia membongkar kasus korupsi yang melibatkan Robert Vadra, suami Priyanka Gandhi.

    Tak hanya itu, Ashok juga tercatat menerima penghargaan SR Jindal Prize pada 2011 atas perjuangan dan penderitaannya melawan korupsi. (LK)

    Sumber: Viva.co.id

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Kisah PNS Paling Banyak Dimutasi Bongkar Korupsi, Sampai 71 Kali
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar