Inilah Alasan Sering Sariawan dan Sakit Tenggorokan Saat Puasa

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Seperti yang kita ketahui bahwa di bulan ramadhan ini kita akan berpuasa dan akan menahan diri selama kurang lebih 14 jam untuk tidak makan dan tidak mengisi tubuh kita dengan nutrisi apapun.

    Karena itu mulut kita tidak memiliki aktivitas selain berbicara sehingga kondisi mulut akan kering karena kurangnya dalam memproduksi air liur.

    Hal inilah yang membuat kita malu saya berbicara jika sedang berpuasa karena akan adanya bau mulut atau halitosis yang disebabkan mulut kurang memproduksi air liur.

    Namun tidak hanya bau mulut saja yang menjadi masalah selama bulan puasa, resiko lainnya yang sering terjadi dan rentan saat bulan puasa adalah sariawan dan sakit tenggorokan.

    Ketua Departemen Ilmu Gizi Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) dr Fiastuti Witjaksono, SpGK, mengatakan bahwa risiko lain selain bau mulut selama puasa adalah sariawan dan sakit tenggorokan.

    Alasan dari pernyataan tersebut adalah kuman akan mudah berkembang biak karena kondisi mulut yang kering tadi dan jarang mengunyah karena puasa.

    Selain itu kebiasaan kita saat berbuka puasa adalah mengkonsumsi minuman yang terlalu dingin atau panas sehingga dinding mulut dan tenggorokan kita akan mudah iritasi sehingga luka dan terinfeksi.

    Dilansir dari health.detik.com "Makanan dan minuman yang terlalu panas atau dingin bisa memicu reaksi stres pada mukosa tenggorok sehingga kuman lebih mudah masuk," kata dr Fiastuti dalam temu media di Beranda Kitchen, Jakarta, Senin (21/5/2018).

    Tips yang disarankan untuk menghindari resiko masalah mulut oleh Educator Mundipharma dr Mery Sulastri kita harus bisa memilih-milih makanan yang tepat untuk berbuka dan sahur dan juga menghindari makanan yang berminyak serta keras.

    "Pada saat kita sahur atau buka supaya risiko sakit tenggorok berkurang hindari makanan yang keras. Jadi kita harus berbuka dengan misalnya sup-supan yang lunak. Kan mulut kita kering tenggorok juga kering," kata dr Mery.

    Dia juga menambahkan bahwa dengan mengkonsumsi gorengan akan menyebabkan iritasi dimana tenggorokan bisa luka sehingga virus dan kuman bisa masuk.(UT)

     

    Sumber: health.detik.com

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Inilah Alasan Sering Sariawan dan Sakit Tenggorokan Saat Puasa
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar