Rupiah Menguat Dipicu Persetujuan Penggunaan Vaksin COVID-19

Daftar Isi

    Foto: Ilustrasi. (Antara)

    Lancang Kuning – Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat menguat cukup signifikan pada perdagangan akhir pekan ini, Jumat, 11 Desember 2020. Rupiah bergerak di kisaran bawah Rp14.100 per dolar AS.

    Di pasar spot, pukul 10.00 WIB, rupiah ditransaksikan di level Rp14.091 per dolar AS. Menguat 0,10 persen dari level penutupan perdagangan kemarin Rp14.105 per dolar AS.

    Sementara itu, kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia mematok nilai tengah rupiah di level Rp14.102 atau menguat dari dari level nilai tengah kemarin di posisi Rp14.130.

    Kepala Riset PT Monex Investindo Futures Ariston Tjendra menyatakan, pergerakan tersebut disebabkan oleh sentimen positif pelaku pasar keuangan terhadap telah disetujuinya penggunaan vaksin COVID-19 oleh otoritas kesehatan di berbagai negara.

    "Mulai mendapatkan persetujuan otoritas harusnya bisa membantu penguatan aset berisiko termasuk rupiah," kata dia, Jumat, 11 Desember 2020, dilansir LKC dari Viva.co.id

    Pfizer, katanya, dilaporkan tinggal menunggu persetujuan resmi Food and Drug Administration (FDA) setelah komite penasihat FDA memberikan lampu hijau. Sementara Inggris, Kanada, dan Bahrain sudah lebih dulu menyetujui vaksin Pfizer.

    "Selain itu, pelaku pasar masih menunggu kabar persetujuan stimulus fiskal AS yang juga bisa menopang harga aset berisiko," tuturnya.

    Dengan kondisi-kondisi tersebut, Ariston memperkirakan masih ada potensi penguatan pergerakan rupiah terhadap dolar AS sepanjang hari ini dengan potensi kisaran Rp14.050-14.150 per dolar AS. (LK)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Rupiah Menguat Dipicu Persetujuan Penggunaan Vaksin COVID-19
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar