Ini Bedanya Sakit Tenggorokan karena Flu Biasa Vs Gejala COVID-19

Daftar Isi

    Foto: Ilustrasi sakit tenggorokan. (Foto: shutterstock)

    Lancang Kuning - Sakit tenggorokan merupakan salah satu gejala virus Corona COVID-19. Pada musim hujan seperti sekarang ini, sakit tenggorokan juga menjadi salah satu penyakit yang umum terjadi.

    Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat (AS), sakit tenggorokan merupakan salah satu gejala yang dirasakan pasien COVID-19 selain demam dan batuk. Namun, bukan berarti setiap merasa sakit tenggorokan itu artinya ada tanda infeksi virus Corona.

    Sakit tenggorokan bisa terjadi akibat berbagai kondisi medis. Misalnya, disebabkan oleh adanya infeksi atau faktor lingkungan, yang menyebabkan rasa sakit, kering atau gatal di tenggorokan.

    Dikutip dari Times of India, sakit tenggorokan pun bisa dibagi menjadi tiga bagian dan dapat dibedakan berdasarkan bagian tenggorokan yang terkena, di antaranya sebagai berikut.

    Faringitis, mempengaruhi area tepat di belakang mulut.

    Tonsilitis, pembengkakan dan kemerahan pada amandel.

    Laringitis, pembengkakan yang terjadi di kotak suara atau disebut juga laring.

    Apa bedanya sakit tenggorokan akibat COVID-19 dan flu biasa?

    Sakit tenggorokan pada pasien COVID-19 terjadi ketika virus memasuki selaput yang berhubungan dengan hidung dan tenggorokan. Pada akhirnya, kondisi ini menyebabkan pembengkakan di area tenggorokan.

    Rasa sakit dan pegal yang dirasakan oleh orang yang terinfeksi virus disebut faringitis. Hal ini juga terjadi pada kasus flu biasa.

    Meski keduanya memiliki kemiripan, namun pada pasien COVID-19 biasanya akan mengalami sakit tenggorokan dengan gejala yang lebih mendominasi, seperti demam, batuk, dan kelelahan.

    Maka dari itu, apabila kamu hanya mengalami nyeri di area tenggorokan dan tanpa disertai gejala lain, kemungkinan itu adalah radang tenggorokan atau kondisi yang disebabkan oleh infeksi atau penyakit selain COVID-19.

    Untuk memastikan apakah kamu benar-benar terinfeksi COVID-19 atau tidak, maka ada baiknya untuk melakukan tes Corona ketika mengalami gejala COVID-19. (LK)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Ini Bedanya Sakit Tenggorokan karena Flu Biasa Vs Gejala COVID-19
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar