Waduh, Pakar Ungkap Virus Corona Telah Bermutasi Menjadi Ratusan Jenis

Daftar Isi


    Foto: Vaksin virus Corona yang dikembangkan oleh Gamaleya Research Institute, Moskow, Rusia pada 6 Agustus 2020.


    Lancang Kuning - Sejak ditemukan akhir tahun 2019 lalu, kini virus corona penyebab penyakit Covid-19 diketahui telah bermutasi menjadi ratusan jenis yang berbeda.

    Seorang pakar virus Rusia menyampaikan bahwa sejak virus corona baru muncul akhir tahun lalu, sekarang virus sudah mampu berubah dan menyesuaikan diri dengan lingkungan yang beragam.

    "Kita tahu bahwa virus itu bermutasi, dan telah ada ratusan mutasi berbeda di seluruh dunia. Bukti penelitian tentang bagaimana mutasi tersebut memengaruhi perilaku virus masih langka (dipelajari)," ungkap Alexander Lukashev, virologist dari Sechenov First Moscow State Medical University dalam wawancaranya dengan Rossiya-24 TV, Selasa (2/12/2020).

    Dikutip dari TASS, Lukashev juga menjelaskan bahwa satu penelitian yang dilakukan di AS mengungkap virus bereplikasi sepuluh kali lebih lambat daripada jenis aslinya.

    Berdasarkan temuan tersebut, peneliti percaya ini merupakan langkah awal menuju penurunan virulensi dalam proses mengadaptasi dirinya sendiri ke inang baru.

    "Tapi kami tidak bisa mengatakan dengan pasti apakah tingkat kematian akan bisa menurun," lanjut Lukashev.

    Menurut Lukashev, tingkat kematian yang telah diamati sejauh ini tidak mencerminkan kinerja dan prevalensi virus. Data hanya menunjukkan berapa banyak kasus ringan yang terdaftar.

    Penurunan jumlah kasus di beberapa wilayah tidak terjadi karena mutasi virus, melainkan karena banyak kasus ringan yang tidak terdaftar dan diatasi dengan tepat.

    Pada akhir Desember 2019, otoritas China memberi laporan kepada WHO tentang wabah pneumonia misterius yang muncul di kota Wuhan.

    Sejak saat itu, penyakit akibat virus tersebut dinamai Covid-19 dan mulai muncul di seluruh dunia. Pada 11 Maret 2020, WHO mengumumkan Covid-19 sebagai pandemi.

    Data terbaru menunjukkan saat ini ada sekitar 63,3 juta orang telah terinfeksi di seluruh dunia dan lebih dari 1,4 juta kematian telah dilaporkan.(*)

    Artikel ini telah tayang di kontan.co.id dengan judul ‘Telah bermutasi menjadi ratusan jenis, virus corona makin sulit dibendung’

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Waduh, Pakar Ungkap Virus Corona Telah Bermutasi Menjadi Ratusan Jenis
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar