5 Tempat yang Diduga Benua Atlantis, Salah satunya Ada di Indonesia

Daftar Isi


    Foto: atlantis Ilustrasi Atlantis. Foto: Istimewa
     

    Lancang Kuning - Atlantis atau Atlantika merupakan pulau legendaris yang pertama kali disebut oleh Plato dalam buku Timaeus dan Kritias. Ia menggambarkan pulau tersebut hilang pada 360 SM. Sejak saat itu, banyak orang terobsesi untuk menemukannya.


    Meski sebagian sangsi dengan apa yang sebutkan Plato dan beranggapan itu hanya karangannya, sejumlah Atlantologis masih berupaya membuktikan keberadaan Atlantis. Sekiranya, ini dia 5 tempat yang dipercaya merupakan keberadaan atlantis.

    1. Jalan Bimini

    Baca juga: Vaksin COVID-19 Buatan Indonesia Diprediksi Selesai April-Mei

    Pada pertengahan tahun 60-an, penyelam Manson Valentine menemukan batu yang seragam dengan jarak sejauh setengah mil di Kepulauan Bahama. Meskipun dianggap sebagai peristiwa geologi, karena penyusunan dan bentuk batu yang tidak biasa, dipercaya bahwa formasi ini adalah sisa-sisa dari jalan kuno -- Atlantis.

    2. Spartel Bank

    Plato mengatakan kota yang hilang itu terletak di luar Pilar Herkules, dua batu di Selat Gibraltar. Pulau Spartel pernah berada di sana. Para pelaut yang lewat mungkin telah melihatnya lenyap pada akhir zaman es terakhir, tetapi jika memang benar begitu, tidak ada catatan yang menunjukkan bahwa Spartel Bank adalah Atlantis.

    3. Indonesia

    Baca juga: Kolonel Bangun Terkaget-kaget Lihat Calon Prajurit TNI Papua Ini

    Ilmuwan asal Brasil, Arysio Nunes dos Santos, dalam bukunya 'Atlantis, The Lost Continent Finally Found, The Definitifve Localization of Plato's Lost Civilization' membandingkan beberapa negara dengan ciri-ciri Benua Atlantis, mulai dari luas wilayah, cuaca, kekayaan alam, gunung berapi hingga cara bercocok tanam. Tak tanggung-tanggung, penelitiannya untuk buku tersebut menghabiskan waktu 30 tahun.

    Santos akhirnya menyimpulkan jika Indonesia adalah Benua Atlantis. Ia pun menunjukkan Pulau Natuna, Kepulauan Riau sebagai kota yang misterius itu. Akan tetapi, banyak peneliti yang belum setuju akan hal ini.

    Meski begitu, para ilmuwan sudah sepakat bahwa ada benua yang tenggelam di Indonesia, namanya adalah Sundaland. Benua yang tenggelam ini adalah wilayah laut dangkal antara Sumatera dan Kalimantan. Namun, belum ada bukti peradaban apapun ditemukan di dasar lautan.

    Baca juga: Putra Sulung Donald Trump Positif COVID-19

    4. Helike

    Tsunami menghantam kota Yunani ini pada zaman Plato, dan banyak yang mengira peninggalannya terletak di Teluk Korintus. Namun pada 1990-an, para arkeolog menemukannya setengah mil ke bawah, terkubur di bawah sedimen melalui proses yang disebut likuifaksi tanah.

    5. Antartika


    Sejarawan Charles Hapgood berpendapat bahwa benua selatan pernah menjadi daratan utara dengan Atlantis di pantainya. Kemudian, 12 ribu tahun yang lalu, pergeseran kerak bumi mengirimnya ke selatan. Diketahui, Antartika memang mengalami itu sekitar 30 juta tahun yang lalu. Demikian melansir dari Popular Science. (LK)
     

    Sumber: Detik.com

     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel 5 Tempat yang Diduga Benua Atlantis, Salah satunya Ada di Indonesia
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar