Produk Herbal Penambah Sistem Imun

Daftar Isi

    Lancangkuning.com - Salah satu cara kita untuk menjaga tubuh adalah dengan mengkonsumsi asupan bernutrisi. Selain dari makanan yang kita makan setiap hari, nutrisi juga bisa kita dapatkan dari produk herbal. Beberapa produk herbal diketahui aman untuk dapat dikonsumsi dan bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Banyak yang kini memanfaatkan produk herbal sebagai penambah nutrisi untuk memperkuat tubuh. Sudah banyak pula penelitian yang mendukung manfaat berbagai macam herbal bagi sistem imun dan kesehatan tubuh.

    Kita mendapatkan manfaat dari herbal adalah karena kandungan nutrisi di dalamnya. Bahkan, jenis herbal tertentu juga mengandung zat yang bersifat antivirus, antioksidan, dan antibakteri. Oleh karena itu, memang sudah sewajarnya kita manfaatkan produk herbal sebagai penambah asupan nutrisi kita sehari-hari. Meskipun demikian, jangan lupa untuk tetap berolahraga karena dengan berolahraga itu akan membakar lemak dan berbagai hal yang tidak baik untuk tubuh. Kita harus tetap produktif dan menjaga kesehatan secara menyeluruh, terutama di tengah pandemi seperti sekarang ini.

    Sebelum mengetahui produk herbal apa saja yang baik untuk menambah imun untuk tubuh manusia, ada baiknya terlebih dahulu kita mengetahui apa itu herbal dan imun.

    Herbal

    Menurut Wikipedia Herbal ialah tanaman atau tumbuhan yang memiliki kegunaan atau nilai lebih dalam hal pengobatan. Dengan kata lain, semua jenis tanaman yang didalmnya mengandung bahan atau zat aktif yang berguna untuk pengobatan bisa digolongkan sebagai herbal. Terkadang herbal disebut juga sebagai tanaman obat, sehingga dalam perkembangannya dimasukkan sebagai salah satu bentuk pengobatan alternatif.

    Pengobatan Herbal ini masih banyak yang harus di teliti lebih lanjut, dikarenankan kebanyakan dari penelitian herbal secara medis belum banyak melibatkan percobaan pada tubuh manusia. Obat herbal ialah obat yang bersifat organik (alami). Obat herbal murni diambil dari saripati tumbuhan yang memiliki manfaat untuk pengobatan, tanpa adanya campuran bahan kimia buatan. Obat Herbal harus berasal dari tumbuhan (nabati) contohnya jahe, temulawak, kunyit, bawang putih dan lain-lain.

    Sistem Imun

    Menurut Wikipedia Sistem imun atau sistem kekebalan ialah sel-sel dan struktur biologis yang bertanggung jawab atas imunitas, yaitu pertahanan dari organisme untuk melindungi tubuh dari pengaruh biologis luar dengan mengenali dan membunuh patogen. Sementara itu, respons kolektif dan terkoordinasi dari sistem imun tubuh terhadap pengenalan zat asing disebut respons imun. Agar dapat berfungsi dengan baik, sistem ini akan mengidentifikasi berbagai macam pengaruh biologis luar seperti dari infeksi, bakteri, virus sampai parasit, serta menghancurkan zat-zat asing lain dan memusnahkan mereka dari sel dan jaringan organisme yang sehat agar tetap berfungsi secara normal.

    Manusia memiliki mekanisme pertahanan diri yang kompleks, sistem imun dapat dibagi menjadi sistem imun bawaan dan sistem imun adaptif. Sistem imun bawaan adalah bentuk pertahanan awal yang melibatkan penghalang permukaan, reaksi peradangan, sistem komplemen, dan komponen seluler. Sistem imun adaptif berkembang karena diaktifkan oleh sistem imun bawaan dan memerlukan waktu untuk dapat mengerahkan respons pertahanan yang lebih kuat dan spesifik. Imunitas adaptif membentuk memori imunologis setelah respons awal terhadap patogen dan membuat perlindungan yang lebih ditingatkan pada pertemuan dengan patogen yang sama berikutnya. Proses imunitas dapatan ini menjadi dasar dari vaksinasi.

    Produk Herbal yang dapat menambah imun pada tubuh

    Ada banyak  jenis herbal yang diyakini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar lebih kuat melawan kuman penyakit, termasuk virus. Berikut ini adalah di antaranya:

    Jahe

    Jahe yang adalah salah satu bumbu dapur yang sering kita dapati terutama di Indonesia. Jahe ini ternyata memiliki banyak manfaat baik untuk meningkatkan imunitas tubuh, sistem pencernaan, melawan peradangan, serta obat tradisional untuk pilek dan mual. Hal tersebut bisa terjadi karena jahe memiliki sifat antioksidan, antiradang, dan antibakteri yang mampu memperkuat daya tahan tubuh dan mencegah infeksi. Jahe bisa dimanfaatkan dengan mengolahnya menjadi minuman, atau mencampurnya dengan teh.

    Selain meningkatkan imun tubuh, jahe merupakan tanaman herbal yang kerap dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai kondisi kesehatan, mulai dari mual, batuk, nyeri sendi, hingga nyeri akibat terapi kanker. Jika ditinjau dari segi medis, manfaat jahe yang baik bagi kesehatan tubuh adalah meredakn pusing, mengurangi nyeri haid, mencegah morning sickness, mengurangi rasa mual setelah operasi, osteathritis dan masih banyak lagi.

    Jintan Hitam (Habbatusuada)

    Habbatussauda ialah salah satu obat herbal yang telah diakui secara luas manfaatnya. Tanaman ini dibudidayakan secara luas di Pakistan dan India dan menjadi obat tradisional selama bertahun-tahun. Proses imigrasi membantu budidaya dari tanaman tersebut menyebar luas ke  Eropa Timur dan Amerika Utara.

    Habbatussauda bagi komunitas muslim sudah cukup familiar, karena ada hadist yang berbunyi “Sesungguhnya di dalam Habbatussauda (jintan hitam) terdapat penyembuh bagi segala macam penyakit, kecuali kematian” (HR Bukhori & Muslim). Dibeberapa negara tanaman ini disebut juga dengan nama shuniz, khodhira, black cumin, atau black caraway. Habbatussauda memiliki banyak manfaat kesehatan dan juga sebagai bahan kosmetik, seperti membantu penurunan berat badan, memperbaiki kondisi kulit, dan bahkan mengobati kanker dan diabetes. Jintan hitam (habbatusauda) mengandung thymoquinone merupakan senyawa antioksidan dan anti-inflamasi yang juga memiliki sifat untuk mengurangi tumor.

    Ginseng

    Ginseng adalah salah satu tanaman herbal yang memiliki banyak khasiat. Korea selatan sebagai negara dengan produksi ginseng terbaik didunia telah banyak melakukan penelitian untuk ginseng ini sehingga banyak digunakan oleh seluruh dunia. Akar tanaman ini sudah lama dimanfaatkan sebagai obat herbal dalam pengobatan tradisional. Biasanya akar ginseng dikonsumsi dengan cara dicampurkan ke dalam minuman, seperti teh. Manfaat dari ginseng sangat banyak diantaranya meningkatkan kekebalan tubuh, mengatasi kelelahan diabetes, anemia, insomnia, demam, disfungsi ereksi, kanker, nyeri sendi, pusing, hilang ingatan dan masih banyak lagi. (ali)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Produk Herbal Penambah Sistem Imun
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar