Setahun Jokowi-Ma'ruf, Energi Bersih di RI Masih Jadi PR Besar

Daftar Isi

    Foto: Presiden Joko Widodo berdiri di bawah kincir PLTB Sidrap.

    Lancang Kuning, JAKARTA – Pemerintahan Presiden Joko Widodo-Ma'ruf Amin, dalam satu tahun pemerintahannya belum juga optimal untuk meningkatkan kemampuan Indonesia melakukan transformasi bauran energi bersih.

    Direktur Riset Institute for Development of Economics and Finance (Indef), Berly Martawardaya, mengungkapkan, dari sisi pembangunan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) maupun pembangkit listrik tenaga bayu (PLTB) Indonesia tertinggal di ASEAN.

    Apalagi jika dibandingkan dengan Vietnam dan Thailand menjadi juara di ASEAN untuk melakukan transformasi bauran energinya. Terutama pembangunan PLTS dan PLTB.

    Dalam satu tahun, dikatakannya, Vietnam mampu menaikkan sumber energi suryanya dari 2018 sebesar 500 megawatt (MW) menjadi lebih dari 4.000 MW alias 4 giga watt GW. Sementara itu, Thailand dari 1 GW menjadi lebih dari 2 GW.

    "Jadi kita enggak usah se-Vietnam, se-Thailand saja udah lumayan," tutur dia, Jumat, 13 November 2020, dilansir LKC dari Viva.co.id

    Berly menekankan, Indonesia masih kurang dari 200 MW sejak periode pertama Jokowi memimpin dan belum ada kemajuan hingga saat ini. Malaysia saja, lanjut dia, telah mampu melampaui 400 MW.

    "Jadi Indonesia paling rendah, tapi ini berarti punya potensi untuk peningkatan paling besar," tutur dia.

    Di sisi lain, dia melanjutkan, dari sisi penggunaan Energi Baru dan Terbarukan (EBT), Indonesia hanya mampu mencapai 9,15 persen saat ini. Masih jauh dari target yang dicanangkan pada 2025 sebesar 23 persen.

    Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif, juga pada dasarnya telah menaruh perhatian kuat terhadap penggunaan bauran energi tersebut, terutama untuk mencapai target EBT 2025.

    Salah satu caranya adalah dengan mempercepat penyusunan Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) harga listrik EBT. Tujuannya, untuk memperbaiki harga di sektor EBT untuk memberikan daya tarif bagi investor.

    "Tujuannya tak lain agar listrik dari EBT ini dapat menjadi daya tarik bagi investor membangun EBT, sehingga bisa terus menggerakkan program penghematan energi dan upaya konservasi energi," ujarnya. (LK)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Setahun Jokowi-Ma'ruf, Energi Bersih di RI Masih Jadi PR Besar
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar