Danau Naga Sakti, Sasaran Objek Wisata Yang Potensial

Daftar Isi

    LANCANG KUNING - Danau Naga Sakti merupakan salah satu kawasan yang dapat dijadikan objek wisata, karena selain kondisi danau yang masih alami, konon danau ini juga memiliki sejarah yang melegenda. 

    Ia merupakan situs sejarah ratusan tahun silam. Lokasi danau Naga Sakti terletak di Kecamatan Pusako Desa Dosan yang merupakan kawasan objek wisata Kabupaten Siak.

    Luas lingkaran danau sekitar tiga sampai empat hektar, dikelilingi hutan alam yang lebat  dan masih terjaga ke asliannya. Kedalaman air di danau mencapai 9 meter. Berfungsi sebagai sumur resapan. Sedangkan luas hutan yang mengitari danau sekitar  400 hektar, Meski  dikelilingi hutan lebat, namun air danau sangat bersih. 

    Danau ini berdekatan dengan salah satu sumur minyak milik Bumi Siak Pusako (BSP).  Akses menuju danau Naga Sakti terjepit antara sumur BOB dan hutan lindung milik Sinarmas. Danau Naga Sakti tenang dan kelam, menyimpan aura magis. Air danau dilihat dari permukaan  berwarna hitam, khas lahan gambut. Tapi air di dalamnya jernih, hanya penampakan saja hitam ke permukaan. 

    Danau Naga Sakti tidak pernah kering di musim kemarau. Terdapat populasi ikan air tawar, hutan lindung yang mengelilingi danau juga masih menyimpan bermacam jenis satwa liar, seperti harimau, ular dan beragam spesies unggas.

    Konon mitos yang berkembang soal Danau Naga Sakti sudah lama beredar. Namun warga setempat mengatakan bahwa mitos itu hanya sebatas dongeng pengantar tidur, karena belum ada bukti  yang bisa dipertanggungjawabkan. Sebagian masyarakat juga mengatakan bahwa, Air danau Naga  Sakti dianggap keramat.  

    Kawasan Danau Naga Sakti akan sangat menarik sekali jika dijadikan sebagai objek wisata yang akan menambah keindahan kawasan sekitar. Hal ini mesti menjadi perhatian dari pemerintah  Kabupaten Siak, jika ingin melestarikan Danau ini. (hyAzn) 

    Sumber: Dari berbagai Sumber 

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Danau Naga Sakti, Sasaran Objek Wisata Yang Potensial
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar