5 Rekomendasi Buah Terbaik untuk Turunkan Berat Badan

Daftar Isi

    Lancang Kuning - Upaya menurunkan berat badan wajib diimbangi dengan konsumsi makanan yang sehat termasuk asupan buah. Beberapa buah sangat direkomendasikan bagi Anda yang sedang menjalani program diet.

    Pada dasarnya, tak ada buah yang buruk untuk dikonsumsi selama diet. Pisang, mangga, nanas, pepaya, jeruk, stroberi, dan buah-buahan lain yang mudah ditemukan di pasaran baik untuk memenuhi kebutuhan vitamin, mineral, dan serat.

    Akan tetapi, beberapa buah diketahui punya manfaat khusus bagi Anda yang sedang menjalani program diet. Berikut beberapa buah yang bisa membantu menurunkan berat badan, melansir Live Strong.

    1. Apel

    Apel akan menjauhkan Anda dari asupan lemak berlebih. Konsumsi apel bersamaan dengan kulitnya. Kulit apel mengandung asam ursolat yang dapat membantu membakar kalori.

    Sebuah analisis yang dipublikasikan dalam Obesity Review menyebutkan, komponen asam ursolat berhubungan dengan thermogenesis atau pembakaran kalori. Komponen ini juga berhubungan dengan peningkatan massa otot dan kebugaran fisik.

    2. Raspberry dan blackberry

    Semua buah-buahan jenis beri baik untuk dikonsumsi. Namun, raspberry dan blackberry memiliki kandungan serat yang paling tinggi.

    Dari 128 gram raspberry segar mengandung 65 kalori dan 8 gram serat. Dalam jumlah yang sama, blackberry mengandung 60 kalori dan 7,5 gram serat. Jumlah ini setara dengan 30 persen kebutuhan serat harian pada perempuan dan 20 persen pada pria. Serat bermanfaat untuk membuat Anda tetap kenyang dalam waktu lama.

    3. Semangka

    Semangka nikmat disantap saat cuaca panas. Buah ini kaya akan kandungan air, yakni sekitar 90 persen dari total berat buah. Tak salah menjadikan buah satu ini sebagai pencuci mulut karena dapat membantu memenuhi asupan cairan dan membuat perut kenyang lebih lama.

    4. Mangga

    Asam manis mangga bakal jadi kawan karib Anda selama diet. Mangga yang manis akan membantu Anda memenuhi keinginan konsumsi makanan manis.

    Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition & Food Sciences menemukan, orang yang menyantap mangga biasanya mengonsumsi lebih sedikit gula dan tidak banyak mengalami kenaikan berat badan. Periset mencatat, penikmat mangga juga memiliki skor kesehatan lebih tinggi karena mendapatkan asupan serat, vitamin, dan mineral.

    5. Alpukat

    Lemak dalam alpukat bukan musuh Anda yang sedang menjalani diet. Masukkan buah satu ini ke dalam menu harian. Studi membuktikan, konsumsi alpukat bakal membantu memperkecil ukuran pinggang.

    Studi yang diterbitkan Nutrition Journal melihat partisipan yang rutin mengonsumsi alpukat tidak banyak mengalami kenaikan berat badan dan memiliki lingkar pinggang lebih kecil. Mereka juga cenderung lebih banyak mengonsumsi sayuran, buah, serat, vitamin E dan K, magnesium, potasium, serta lebih sedikit pemanis tambahan.

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel 5 Rekomendasi Buah Terbaik untuk Turunkan Berat Badan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar