Malam Ini Mars Sangat Dekat dengan Bumi

Daftar Isi

    Lancang Kuning - Planet Mars tengah berada pada jarak terdekatnya dengan Bumi pada hari ini, Rabu (6/10). Fenomena ini jarang terjadi, kemungkinan akan terulang pada September 2035.

    Fenomena Mars dekat dengan Bumi bisa disaksikan dengan mata telanjang, tanpa alat bantu. Sesuai ciri khasnya, Mars akan tampak berwarna merah saat malam hari cerah. Melansir Space, Mars telah berada pada jarak 38.568.816 mil atau 62.070.493 kilometer dari Bumi. Planet itu terlihat di langit sebelah timur dan tampak kemerahan.

    "Oktober adalah waktu yang tepat untuk melihat Mars, karena planet ini terlihat sepanjang malam sekarang, dan mencapai titik tertinggi di langit sekitar tengah malam," tulis NASA.

    Bumi dan Mars diketahui mengelilingi Matahari dalam orbit elips, mengorbit ke arah yang sama tetapi dengan kecepatan dan jarak yang berbeda. Setiap 780 hari atau setiap dua tahun, Mars dan Bumi berbaris dan berada dekat satu sama lain.

    Pendekatan terdekat ini terjadi tak lama sebelum oposisi Mars, yaitu ketika Bumi berada di antara Matahari dan Mars pada 13 Oktober.

    Melansir CBS News, pendekatan terakhir terjadi pada 2018 bahkan lebih dekat dari tahun ini. Tapi pada 2003, Mars dan Bumi ini melakukan pendekatan bersejarah karena hanya berjarak 55,76 juta km.

    Planet Merah tidak akan datang lebih dekat dari ini sampai 28 Agustus 2287 ketika jaraknya 34,60 juta mil (55,69 juta km) dari Bumi.

    Mars diprediksi akan sangat dekat lagi dengan Bumi pada 28 Agustus 2287. Saat itu, jaraknya hanya 34,60 juta mil atau 55,69 juta km dari Bumi.

    Dengan jarak Mars yang begitu dekat, beberapa negara saat ini mengirimkan pesawat ruang angkasa ke planet tersebut, termasuk misi Mars 2020 NASA. Penjelajah Perseverance dijadwalkan mendarat di planet merah itu pada Februari 2021.

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Malam Ini Mars Sangat Dekat dengan Bumi
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar