NASA Rekrut Tim Relawan Pemburu Alien

Daftar Isi

    Lancang Kuning - Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) mengumumkan pihaknya tengah mencari pemburu atau sukarelawan untuk membantu NASA menemukan tanda-tanda kehidupan alien. 

    Menurut ketua tim pencarian Alien, Veselin Kostov progtam tersebut diberi nama Patroli Planet (NASA's Planet Patrol).

    Kostov mengatakan NASA mencari sukarelawan dari seluruh dunia. Mereka akan memburu exoplanet baru dengan memeriksa gambar yang diambil oleh Transiting Exoplanet Survey Satellite (TESS) yang telah mengorbit di Bumi sejak 2018.

    "Metode otomatis pemrosesan data TESS terkadang gagal menangkap penipu yang terlihat seperti planet exoplanet," kata Kostov saat menjadi pembicara SETI Institute di Mountain View, California dikutip dari laman resmi NASA.

    "Mata manusia sangat pandai menemukan penipu semacam itu dan kami membutuhkan sukarelawan untuk membantu kami membedakan antara planet yang mirip dan asli," tambahnya.

    Dilansir dari Space, sejak 1990-an para ilmuwan telah menemukan lebih dari 4.200 exoplanet.

    Program Planet Patrol di Zooniverse akan diluncurkan pekan ini dan telah merekrut lebih dari 1.600 sukarelawan yang secara kolektif telah mengirimkan 100.000 klasifikasi individu.

    Kostov pun mengatakan peluncuran proyek tersebut amat disambut baik ketika orang-orang berdiam diri di rumah selama pandemi Covid-19. TESS sendiri dirancang untuk melihat exoplanet saat mereka lewat di depan bintang yang mereka orbit lalu meredupkan kecerahan bintang.

    Setelah keberadaannya telah dikonfirmasi, para ilmuwan kemudian dapat mulai menentukan sifat dasar planet dan jenis kehidupannya.

    Patroli Planet merupakan proyek berbasis online yang melibatkan NASA, SETI Institute, Space Telescope Science Insititute, dan Zooniverse.

    "Pemburut planet TESS meminta sukarelawan untuk melihat kurva cahaya yang merupakan grafik kecerahan bintang dari waktu ke waktu," imbuh ilmuwan March Kuchner dari Direktorat Misi Sains NASA.

    Guna mengetahui informasi lebih lanjut terkait program Patroli Planet NASA, Anda bisa mengakses situs https://exoplanetpatrol.org.

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel NASA Rekrut Tim Relawan Pemburu Alien
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar