Cek Komponen Motor yang Rentan Rusak di Musim Hujan

Daftar Isi

    LancangKuning -Hujan mulai terjadi di beberapa wilayah di Indonesia. Ketika harus menghadapi hujan tak jarang pengendara sepeda motor menghadapi genangan air yang merendam komponen-komponen sepeda motor yang tentu saja dapat merusak bagian tersebut.

    Untuk diketahui air hujan yang memiliki kadar asam tinggi adalah musuh sejumlah komponen sepeda motor. Umumnya air hujan membuat karat dan keropos. Kalau sudah keropos praktis merusak penampilan motor.

    Baca Juga : Terungkap, Ternyata Dentuman di Jakarta Berasal dari Bom Paskhas TNI


    Komponen terbuat dari besi atau logam yang mudah terpapar hujan pada sepeda motor cukup banyak.

    Untuk mencegah masalah yakni karat akibat hujan kita perlu melakukan perawatan, namun berbeda-beda pada setiap komponennya.Antaranya yakni rantai dan gear, standar samping dan tengah, tali rem dan gas, lubang kunci kontak, lubang kunci pada jok, jari- jari pelek, pelek, hingga setang sepeda motor.

    Contoh pada rantai dan gear, saat musim hujan kita disarankan rajin memberikan pelumas agar tidak kering. Sedangkan untuk bagian rem, gas sampai dengan kopling, kita juga dapat menyemprot dengan cairan khusus yang dapat menetralkan asam sekaligus menjadi pelumas.

    Baca Juga : Pemerintah, DPR, dan KPU Sepakat Pilkada 2020 Tidak Ditunda


     

    Sedangkan bagian terluar yang tidak berhubungan langsung dengan mesin, kita dapat menyemprotnya dengan air bersih setelah menggunakan motor pada saat hujan.Bagian ini perlu diperhatikan, sebab karat dapat membuat tali gas dan rem menjadi seret saat dioperasikan.

    Setelah itu cuci menggunakan sabun. Terakhir bagian lubang kunci yang dapat kita semprot dengan cairan anti-karat mengutip situs resmi Wahana Honda.

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Cek Komponen Motor yang Rentan Rusak di Musim Hujan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar